Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Macam - macam Sujud, bacaan dan tata caranya: Sujud Sahwi, Syukur, Tilawah

Sujud Sahwi sujud Syukur sujud Tilawah
Sujud
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

1. Sujud Sahwi

Sujud Sahwi adalah sujud karena lupa, maksudnya : sujud dua kali karena terlupa salah satu rukun shalat, baik kelebihan maupun kekurangan dalam melaksanakannya.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُحَيْنَةَ اْلاَسْدِيّ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَامَ فِى صَلاَةِ الظُّهْرِ وَ عَلَيْهِ جُلُوْسٌ فَلَمَّا اَتَمَّ صَلاَتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ يُكَبّرُ فِى كُلّ سَجْدَةٍ وَ هُوَ جَالِسٌ قَبْلَ اَنْ يُسَلّمَ وَ سَجَدَهُمَا النَّاسُ مَعَهُ مَكَانَ مَا نَسِيَ مِنَ اْلجُلُوْسِ. مسلم 1: 399
Dari Abdullah bin Buhainah Al-Asdiy bahwasanya Rasulullah SAW pernah bangkit berdiri dalam shalat Dhuhur padahal mestinya duduk (attahiyyat awwal), maka setelah selesai shalat, dalam keadaan duduk sebelum salam beliau bersujud dua kali, dan beliau bertakbir pada tiap-tiap sujud dan para makmum juga mengerjakan sebagaimana yang dikerjakan beliau untuk mengganti duduk (attahiyyat) yang terlupa itu". [HR. Muslim 1 : 399]. 

قَالَ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: صَلَّى لَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص صَلاَةَ اْلعَصْرِ فَسَلَّمَ فِى رَكْعَتَيْنِ، فَقَامَ ذُو اْليَدَيْنِ فَقَالَ: اَقُصِرَتِ الصَّلاَةُ يَا رَسُوْلَ اللهِ اَمْ نَسِيْتَ؟ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ ذلِكَ لَمْ يَكُنْ. فَقَالَ: قَدْ كَانَ بَعْضُ ذلِكَ يَارَسُوْلَ اللهِ. فَاَقْبَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى النَّاسِ فَقَالَ: اَصَدَقَ ذُو اْليَدَيْنِ؟ فَقَالُوْا: نَعَمْ يَا رَسُوْلَ اللهِ. فَاَتَمَّ رَسُوْلُ اللهِ ص، مَا بَقِيَ مِنَ الصَّلاَةِ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَ هُوَ جَالِسٌ بَعْدَ التَّسْلِيْمِ. مسلم 1: 404
Telah berkata Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah shalat 'Ashar menjadi imam bagi kami, lalu beliau salam setelah 2 raka'at, maka berdirilah (seorang shahabat yang panggilannya) Dzul-yadain dan bertanya : "Ya Rasulullah! Apakah shalat ini diqashar atau engkau lupa?" Rasulullah SAW menjawab, "Semua itu tidak terjadi". Dia berkata : "Ya Rasulullah ! salah satu dari (dua) itu telah terjadi". Lalu Rasulullah SAW menghadap kepada para shahabat sambil bertanya, "Benarkah Dzulyadain?". Jawab para shahabat, "Betul, ya Rasulullah". Kemudian Rasulullah SAW menyempurnakan shalat yang kurang itu, lalu sujud dua kali dengan duduk sesudah salam. [HR. Muslim 1 : 404] 

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص صَلَّى اْلعَصْرَ فَسَلَّمَ فِى ثَلاَثِ رَكَعَاتٍ ثُمَّ دَخَلَ مَنْزِلَهُ فَقَامَ اِلَيْهِ رَجُلٌ يُقَالُ لَهُ اْلخِرْبَاقُ وَ كَانَ فِى يَدَيْهِ طُوْلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَذَكَرَ لَهُ صَنِيْعَهُ فَخَرَجَ غَضْبَانَ يَجُرُّ رِدَاءَهُ حَتَّى انْتَهَى اِلىَ النَّاسِ فَقَالَ: اَصَدَقَ هذَا؟ قَالُوْا: نَعَمْ. فَصَلَّى رَكْعَةً ثُمَّ سَلَّمَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ. مسلم 1: 404
Dari 'Imran bin Hushain bahwasanya Rasulullah SAW pernah shalat 'Ashar lalu salam pada raka'at ketiga, kemudian beliau masuk ke rumahnya. Maka seorang shahabat yang bernama Khirbaq (yang panjang dua tangannya) memanggil Rasulullah SAW sambil menceritakan kejadian itu, maka Rasulullah SAW keluar dengan marah sambil menyeret selendangnya hingga sampai kepada orang banyak, lalu bertanya, "Betulkah orang ini?" Para shahabat menjawab, "Betul". Kemudian Rasulullah SAW shalat satu raka'at, lalu salam, kemudian sujud (Sahwi) dua kali kemudian salam (lagi). [HR. Muslim 1 : 404] 

قَالَ عَبْدُ اللهِ: صَلَّى بِنَا رَسُوْلُ اللهِ ص خَمْسًا، فَلَمَّا انْفَتَلَ تَوَشْوَشَ اْلقَوْمُ بَيْنَهُمْ، فَقَالَ: مَا شَأْنُكُمْ؟ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ هَلْ زِيْدَ فِى الصَّلاَةِ؟ قَالَ: لاَ، قَالُوْا: فَإِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَمْسًا، فَانْفَتَلَ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ. مسلم 1: 402
Telah berkata Abdullah : Rasulullah SAW pernah shalat bersama kami lima raka'at. Setelah selesai shalat, para shahabat berbisik-bisik diantara mereka. Maka Rasulullah SAW bertanya, "Ada apa kalian?". Mereka menjawab, "Ya Rasulullah, apakah shalat ini ditambah ?". Rasulullah SAW menjawab, "Tidak". Para shahabat berkata, "Sesungguhnya engkau telah shalat lima raka'at". Maka Nabi SAW berpaling, lalu sujud dua kali kemudian salam. [HR. Muslim 1 : 402] 

Rasulullah SAW bersabda : 

وَ اِذَا شَكَّ اَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلْيَتَحَرَّ الصَّوَابَ فَلْيُتِمَّ عَلَيْهِ ثُمَّ لْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ. مسلم 1: 400
Dan apabila seseorang diantara kalian syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, hendaklah ia pilih yang mendekati benar, lalu ia sempurnakan menurut pilihan itu. Kemudian hendaklah ia sujud dua kali. [HR. Muslim 1 : 400] 

عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اْلخُدْرِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْ لُ اللهِ ص: اِذَا شَكَّ اَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى، ثَلاَثًا اَمْ اَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَ لْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ اَنْ يُسَلّمَ. مسلم 1: 400
Dari Abu Sa’id Al-Khudriy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang diantara kalian syak (ragu-ragu) di dalam shalatnya, yaitu ia tidak tahu apakah ia telah shalat tiga atau empat raka'at, maka hendaklah ia buang yang syak (ragu-ragu) dan kerjakan mana yang ia yaqini, kemudian hendaklah ia sujud dua kali sebelum salam. [HR. Muslim 1: 400] 

Keterangan :
Dari hadits-hadits di atas dapat diambil pengertian sebagai berikut :
  1. Orang yang lupa tidak duduk Attahiyat Awwal, orang yang lupa pada raka'at kedua sudah salam padahal masih ada satu atau dua raka'at lagi yang seharusnya ia sempurnakan, maupun orang yang shalat kelebihan raka'at dari yang semestinya, maka orang tersebut supaya Sujud Sahwi dua kali.
  2. Sujud Sahwi itu memakai takbir.
  3. Sujud Sahwi itu bisa dilakukan sebelum salam maupun sesudah salam. Dan apabila dikerjakan sesudah salam, maka setelah Sujud Sahwi lalu salam (lagi).
  4. Kalau kita syak (ragu-ragu) tentang raka'at shalat, hendaklah kita ambil yang yaqin, lalu kita sempurnakan.
  5. Tidak ada bacaan yang khusus untuk Sujud Sahwi ini.

2. Sujud Syukur 

Sujud Syukur ialah sujud terima kasih, yaitu sujud satu kali di waktu mendapat keuntungan yang menyenangkan atau terhindar dari kesusahan yang besar. 

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ كَانَ اِذَا جَاءَهُ اَمْرُ سُرُوْرٍ اَوْ بُشّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شَاكِرًا ِللهِ. ابو داود 3: 89
Dari Abu Bakrah, dari Nabi SAW bahwasanya beliau dahulu apabila mendapat khabar yang menyenangkan, atau diberi khabar gembira, beliau lalu menyungkur sujud untuk bersyukur kepada Allah". [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 89] 

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ عَوْفٍ قَالَ: خَرَجَ رَسُوْلُ اللهِ ص فَتَوَجَّهَ نَحْوَ صَدَفَتِهِ فَدَخَلَ فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ فَخَرَّ سَاجِدًا فَاَطَالَ السُّجُوْدَ حَتّى ظَنَنْتُ اَنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ قَبَضَ نَفْسَهُ فِيْهَا، فَدَنَوْتُ مِنْهُ فَجَلَسْتُ فرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ: مَنْ هذَا؟ قُلْتُ، عَبْدُ الرَّحْمنِ. قَالَ: مَا شَاْنُكَ؟ قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ، سَجَدْتَ سَجْدَةً خَشِيْتُ اَنْ يَكُوْنَ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ قَدْ قَبَضَ نَفْسَكَ فِيْهَا. فَقَالَ: اِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ اَتَانِى فَبَشَّرَنِى فَقَالَ: اِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ يَقُوْلُ: مَنْ صَلَّى عَلَيْكَ صَلَّيْتُ عَلَيْهِ وَ مَنْ سَلَّمَ عَلَيْكَ سَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَسَجَدْتُ ِللهِ عَزَّ وَ جَلَّ شُكْرًا. احمد 1: 407، رقم 1664
Dari Abdur Rahman bin 'Auf, ia berkata : Rasulullah SAW pernah keluar (bepergian), lalu beliau menuju ke shadafahnya (semacam kemah), lalu beliau masuk ke dalam dan menghadap qiblat, kemudian beliau sujud dengan sujud yang lama, sehingga aku mengira bahwa Allah ‘Azza wa Jalla telah mencabut nyawa beliau. Kemudian aku mendekati beliau, lalu duduk. Maka beliau mengangkat kepalanya dan bertanya, "Siapa ini?’. Aku menjawab, “ ‘Abdur Rahman”. Beliau bertanya lagi, “Mengapa engkau?”. Aku menjawab, “Ya Rasulullah, engkau bersujud dengan suatu sujud yang aku khawatir bahwa Allah ‘Azza wa Jalla telah mencabut nyawa engkau”. Maka beliau menjawab, “Sesungguhnya Jibril AS telah datang kepadaku dan memberi khabar gembira kepadaku, Jibril berkata, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, Barangsiapa yang bershalawat kepadamu, maka aku akan memberikan shalawat kepadanya. Dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu, maka aku pun memberikan salam kepadanya, maka aku bersujud bersyukur kepada Allah ‘Azza wa Jalla". [HR. Ahmad juz 1, hal. 407, no. 1664] 

عَنِ اْلبَرَاءِ قَالَ: بَعَثَ النَّبِيُّ ص خَالِدَ بْنَ اْلوَلِيْدِ اِلىَ اَهْلِ اْليَمَنِ يَدْعُوْهُمْ اِلَى اْلاِسْلاَمِ فَلَمْ يُجِيْبُوْهُ. ثُمَّ اِنَّ النَّبِيَّ ص بَعَثَ عَلِيَّ بْنَ اَبِى طَالِبٍ وَ اَمَرَهُ اَنْ يَقْفُلَ خَالِدًا… فَكَتَبَ عَلِيٌّ رض اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص بِإِسْلاَمِهِمْ. فَلَمَّا قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ ص اْلكِتَابَ خَرَّ سَاجِدًا. البيهقى 2: 369
Dari Al-Baraa', ia berkata : Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Kemudian Nabi SAW mengutus ‘Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid.…... kemudian 'Ali RA menulis surat kepada Rasulullah SAW bahwa orang-orang disana sudah masuk Islam. Maka setelah Rasulullah SAW membaca surat itu, beliau menyungkur sujud". [HR. Baihaqi juz 2, hal. 369] 

Keterangan : 
Dari hadits-hadits tersebut dapat diambil pengertian sebagai berikut :
  1. Sujud syukur itu dilakukan karena satu keuntungan yang didapat atau satu kesusahan yang tertolak.
  2. Sujud syukur itu hanya sekali sujud.
  3. Untuk sujud itu tidak perlu wudlu.
  4. Hukum sujud tersebut sunnat.
  5. Tidak disyaratkan Takbir, Attahiyat atau Salam untuk Sujud tersebut.
  6. Tidak ada bacaan yang khusus untuk Sujud Syukur ini.

3. Sujud Tilawah 

Sujud Tilawah ialah sujud diwaktu membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 

عَنْ عَمْرِو بْنِ اْلعَاصِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَقْرَأَهُ خَمْسَ عَشْرَةَ سَجْدَةً فِى اْلقُرْآنِ، مِنْهَا ثَلاَثٌ فِى المُفَصَّلِ وَ فِى سُوْرَةِ اْلحَجّ سَجْدَتَانِ. ابو داود 2: 58
Dari 'Amr bin 'Ash : Bahwasanya Rasulullah SAW telah mengajarkannya lima belas (ayat) sujud di dalam Al-Qur'an. Tiga dari padanya di surah yang pendek-pendek, dan dua di surah Al-Hajji". [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 58] 

قَالَ عُمَرُ: يَااَيُّهَا النَّاسُ! اِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُوْدِ، فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ اَصَابَ، وَ مَنْ لَمْ يَسْجُدْ فَلاَ اِثْمَ عَلَيْهِ. البخارى 2: 34
Telah berkata 'Umar, "Hai manusia, kita melewati ayat sujud. Barangsiapa bersujud, ia mendapat pahala; dan barangsiapa tidak bersujud, ia tidak berdosa". [HR. Bukhari juz 2, hal. 34] 

قَالَ زَيْدُ بْنُ اَسْلَمَ: اِنَّ غُلاَمًا قَرَأَ عِنْدَ النَّبِيّ ص السَّجْدَةَ فَانْتَظَرَ اْلغُلاَمُ النَّبِيَّ ص، فَلَمَّا لَمْ يَسْجُدْ قَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ فِى هذِهِ السَّجْدَةِ سُجُوْدٌ؟ قَالَ ص: بَلَى وَ لكِنَّكَ كُنْتَ اِمَامَنَا فِيْهَا وَ لَوْ سَجَدْتَ لَسَجَدْنَا. ابن ابى شيبة، فى نيل الاوطار 3: 115
Telah berkata Zaid bin Aslam : Sesungguhnya ada seorang pemuda membaca ayat sujud disisi Nabi SAW, lalu ia menunggu Nabi SAW melakukan sujud. Ternyata Nabi SAW tidak sujud, maka ia bertanya, "Ya Rasulullah! Apakah di ayat sujud ini tidak ada sujud?" Jawab Rasulullah SAW, "Ada ! Tetapi engkau menjadi imam kami tentang itu. Jika engkau sujud, niscaya kami pun sujud". [HR. Ibnu Abi Syaibah. Dalam Nailul Authar juz 3, hal. 115] 

عَنْ اَبِى رَافِعٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ اَبِى هُرَيْرَةَ اْلعَتَمَةَ فَقَرَأَ اِذَا السَّمَاءُ انْشَقَّتْ، فَسَجَدَ. فَقُلْتُ: مَا هذِهِ؟ قَالَ: سَجَدْتُ بِهَا خَلْفَ اَبِى اْلقَاسِمِ ص. فَلاَ اَزَالُ اَسْجُدُ فِيْهَا حَتَّى اَلْقَاهُ. البخارى 2: 34
Dari Abu Rafi', ia berkata : Saya pernah shalat 'Isyak dengan Abu Hurairah, dan ia membaca surah Al-Insyiqaq, lalu ia sujud padanya. (Setelah selesai shalat) saya bertanya, "Apa ini ?". Ia menjawab, "Saya pernah sujud pada ayat itu dibelakang Abul Qasim SAW dan saya akan terus sujud padanya hingga saya bertemu beliau". [HR. Bukhari juz 2, hal. 34] 

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَقُوْلُ فِى سُجُوْدِ اْلقُرْآنِ بِاللَّيْلِ: سَجَدَ وَجْهِى ِللَّذِى خَلَقَهُ وَ شَقَّ سَمْعَهُ وَ بَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَ قُوَّتِهِ. الترمذى و قال هذا حديث حسن صحيح 2: 47
Dari ‘Aisyah, ia berkata : Adalah Nabi SAW membaca pada sujud Al-Qur'an (sujud tilawah) pada malam hari, “Sajada wajhii lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam'ahu wa bashorohu bihaulihi wa quwwatihi (Bersujud diriku kepada Tuhan yang telah menciptakannya dan membuatnya mendengar dan melihat dengan kekuatan dan kekuasaan-Nya)”. [HR. Tirmidzi, dan ia berkata : Ini hadits hasan shahih, juz 2, hal. 47] 

Keterangan :
Dari hadits-hadits diatas dapat diambil pengertian sebagai berikut :
  1. Sujud Tilawah itu hanya sekali sujud
  2. Sujud Tilawah hukumnya sunnah
  3. Kita tidak disunnahkan sujud kalau yang membaca ayat itu tidak sujud, sedang kalau yang membaca ayat itu sujud, kita juga sujud walaupun di dalam shalat.
  4. Tidak perlu wudlu dahulu.
  5. Di dalam sujud tersebut membaca
سَجَدَ وَجْهِى ِللَّذِى خَلَقَهُ وَ شَقَّ سَمْعَهُ وَ بَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَ قُوَّتِهِ
Sajada wajhii lilladzii kholaqohu wa syaqqo sam'ahu wa bashorohu bihaulihi wa quwwatihi

Ayat-ayat sajdah ada lima belas, yaitu : 
  1. Al-A'raaf : 206, 
  2. Ar-Ra'd : 15, 
  3. An-Nahl : 50, 
  4. Al-Israa' : 109, 
  5. Maryam : 58, 
  6. Al-Hajj : 18, 
  7. Al-Hajj : 77, 
  8. Al-Furqaan : 60, 
  9. An-Naml : 26, 
  10. As-Sajdah : 15, 
  11. Shaad : 24, 
  12. Fushshilat : 38, 
  13. An-Najm : 62, 
  14. Al-Insyiqaaq : 21, 
  15. Al-'Alaq : 19.

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan