Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Tips Tetap Sehat Setelah Lebaran

Merayakan kemenangan pada hari Idul Fitri memang sebaiknya tidak dengan makan berlebihan. Ada sejumlah trik jitu agar tetap sehat setelah Lebaran.

Variasi Menu makanan
1. Makan bersama

Sehabis salat Ied, warga satu kompleks biasanya saling bersilaturahmi bersama. Dengan cara itu, warga bisa membagi wakatu dan perut dengan makan bersama tetangga satu kali saja. Makan bersama terhitung sebagai makan pagi, setelah itu mungkin kita tinggal bersiasat dengan makan siang bersama kerabat. 

2. Jangan lapar mata 

Hidangan Lebaran jadi lebih istimewa karena disiapkan oleh keluarga kita yang terkenal piawai memasak. Hidangan yang bikin kangen itu memagn hanya dicicipi setahun sekali. Meski demikian, tentu kita tak boleh lapar mata. Makan boleh-boleh saja, tetapi ingat bahwa masih banyak tempat yang akan kita kunjungi. 

3. Ambil porsi kecil 

Ambil porsi kecil saja setiap kali ditawari makan saat bersilaturahmi. Contohnya, ambil tiga potong ketupat dan secuil rendang atau ayam dan satu sendok sayur labu siam. 

4. Sekedar icip-icip 

Porsi kecil juga perlu kita terapkan dalam menikmati camilan. Sekadar icip-icip, itu prinsipnya. Jika ingin menikmati tape ketan, cukup ambil satu sendok makan saja. Kastangel? Ya satu potong saja. Kacang bawang atau mete, bolehlah satu sendok makan. 

5. Minum cukup air putih 

Hindari softdrink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, tetap mengambil kalau memang ingin, tetapi hanya satu porsi kecil. 

6. Konsumsi penawar lemak 

Setelah seharian berkunjung ke handai taulan dan mengonsumsi makanan serba berlemak, minum teh hijau untuk melarutkan lemak seperti orang Tiongkok. Keesokan hari setelah bangun tidur, minumlah air putih hangat yang diberi perasan jeruk lemon. Minuman itu bagus untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Buang air besar jadi lancar. 

Kemudian, perbanyak makan sayur dan buah yang kaya serat untuk membersihkan lemak yang kita konsumsi di Lebaran hari pertama. 

Sumber : kompas.com

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan