September 5, 2012

Cara Membuat OpenID Di Blogger

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

OpenID
Tahukah anda OpenID itu apa dan manfaatnya apa? Berikut pengertianya. OpenID adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi autentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna(user) untuk masuk ke dalam berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama. Dengan demikian, OpenID menggantikan proses login umum yang biasanya menggunakan sebuah nama pengguna (username) dan kata sandi (password).

Dengan OpenID yang digunakan pada komentar blogger, membuat si pemilik blog dapat mengunjungi kita tanpa harus melihat ke profil, di samping itu keuntungan OpenID lainya bisa menambah backlink ke blog.

Nah sekarang saya akan fokus ke bagaimana membuat OpenID di blogger, karena dengan OpenID ini kita memiliki keuntungan seperti yang telah sebutkan di atas. Berikut ini cara pembuatan OpenID :

1. Ketahui OpenID kamu

Langkah awal sebelum membuat openid di blogger adalah mengetahui OpenID kamu. OpenID bisanya merupakan alamat website atau blogger. Mislanya : http://salampathokan.blogspot.com. Kalau anda telah berganti domain dari blogger megunakan TDL, alamat tersebut pula lah yang di gunakan untuk OpenID. Untuk mengetahui secara pasti alamat OpenID sodara, yaitu buka blogger -> setting -> other -> OpenID.
Di sana alamat OpenID anda, jadi kalau anda ingin berkomentar mengunakan OpenID, alamat tersebut yang di gunakan. Silahkan di coba untuk komentar.

2. Mengatasi Your openid Credentials Could Not be Verified

Kadang kala setelah mengetahui OpenID kita, dan kita masukin ke tempat komentar OpenID masih juga belum bisa di gunakan dan akan muncul tulisan merah openid credentials could not be verified. Intinya kita perlu memverifikasi bahwa itu merupakan OpenID milik kita, caranya adalah :
Masukan kode di bawah ini setelah <head>

<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://salampathokan.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Ganti dahulu salampathokan.blogspot.com dengan alamat blog anda, kemudian taruh di bawah <head>, tentunya masuk dahulu ke edit html pada template blogspot. Caranya, blogger buka template edit HTML (centang expand widget template).

Setelah itu, akan muncul gambar notifikasi maka anda bisa memilih yes, alwais untuk mengunakan OpenID tersebut selamanya dan membuktikan bahwa andalah pemilik OpenID tersebut.

3. Mendaftar OpenID selain di blogger

Anda dapat pula membuat OpenID selain di blogger, seperti : yahoo, AOL, Verisign, livejournal, wordpress, myOpenid dan lain sebagainya.

Ok, mudah bukan cara membuatnya. Saya rasa tidak sulit, semoga bermanfaat.

73 comments :

  1. Replies
    1. Trimakasih informasi artikel ini sangat membantu sekali,...

      Delete
  2. Ternyata bisa gan
    terima kasih sangatttt

    thank thank thanks

    ReplyDelete
  3. dicoba ya ga !, kemaren-kemaren, jika saya memakai OpenID untuk komentar selalu gagal, selalu muncul peringatan suruh menghapus cache dan cookie, tapi tetap saja gagal.

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih, di Coba dulu

    ReplyDelete
  5. Thakns gan infonya. Salam kenal gan :)

    ReplyDelete
  6. info yang menarik, tapi saya tertarik sama pilihan name/url mas. bisa diganti nama usernya :-)
    thank infonya

    ReplyDelete
  7. Thx bro ...
    Saya praktekin dan bisa ...
    Nice info nya :)

    ReplyDelete
  8. kaga bisa bro.. kredential mulu

    ReplyDelete
  9. makasih infonya sob, sekalian testing ini hhee..

    ReplyDelete
  10. Terimakasih infonya gan saya jadi dapat tambahan ilmu tentang blog hehe maklum baru buat

    ReplyDelete
  11. Koc punya saya dialihkan pake profil blogger lagi, apa masih ada kesalahan mas bro..?

    ReplyDelete
  12. yap saya sudah coba gan dengan langkah seperti itu tapi kok masih ditolak ya...

    ReplyDelete
  13. tapi saya gak bisa ya gan udah 2 kali coba masih ditolak mulu

    ReplyDelete
  14. aku coba dulu mas .,, kira-kira berhasil apa gak ya ...??? mohon di bantu ya ...

    ReplyDelete
  15. yang baca komentar aku ... tolong donk blog aku di follow

    ReplyDelete
  16. Berhasil apa bggak gan?. Apa nunggu moderasi??

    ReplyDelete
  17. mantab, suksessss

    Kunjungan Malam Sobat, Kunjungan Balik Ya.. :D

    ReplyDelete
  18. Nice Tutorial masbro, Sekalian saya juga mau coba Open ID mengikuti petunjuk yang masbro bagikan..

    ReplyDelete
  19. thanks gan ijin coba dengan berkomentar hehehe

    ReplyDelete
  20. huahahhhaa.
    saya kira harus bayar karena tadi saya menuju ke openid.net katanya harus bayar $ 25,,ech ternyata gratis.
    nanti saya ikuti tipsnya jika nanti telah berhasil saya kembali lagi kesini dengan memberi komentar dgn openID.
    salam kenal

    ReplyDelete
  21. Berhasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiil gan. thanks...

    ReplyDelete
  22. Mantabs.. , Berhasil di praktekin!

    ReplyDelete
  23. Langsung tes aja nih penggunaan Open ID nya :D

    ReplyDelete
  24. Makasih atas tipsnya saya coba

    ReplyDelete
  25. mantap bro, sngat bermanfaat.... izin copas artikelnnya gan, supaya sobat bloger yg lain pd tau.......

    ReplyDelete
  26. Mksh gan infonya, izin copas, supaya sobat blog yg lain pd tau...

    ReplyDelete
  27. langsung dicoba mas.. its work ... makasih ya... salam kenal semua

    ReplyDelete
  28. kalo wordpress bisa pake openId juga ga?

    ReplyDelete
  29. trimakasih ya semoga bermanfaat, jaga kesehatan agar selalu diberi kesempatan untuk selalu berbagi, kalau ada yang terlanjur sakit, semacam typus saja, coba formula kapsul cacing, karena kami menawarkannya. trimakasih ya

    ReplyDelete
  30. Benar mas tapi gara gara memakai open id beberapa blog bisa terhapus mas katanya.

    ReplyDelete
  31. kenapa punya ane keluar tulisan ini terus ya? Kredensial OpenID Anda tidak dapat diverifikasi.

    ReplyDelete
  32. Gan, punya sy tdk bisa... Muncul ups sorry itu kesalahan

    ReplyDelete
  33. Gagal terus gan entah apa sebabnya gini :Ups, itu kesalahan.Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.Coba segarkan laman untuk melihat apakah semuanya kembali seperti semula.

    ReplyDelete