November 23, 2012

Memelihara Jantung Memelihara Kehidupan

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Tahukah anda bahwa jutaan orang telah meninggal karena penyakit jantung pada usia mereka masih produktif, bahkan dari tahun ke tahun telah terjadi peningkatan angka kematian akibat serangan jantung. Memang jantung merupakan organ yang sangat vital yang bertugas memompa darah kehidupan, bila jantung tidak mampu lagi menjalankan tugasnya maka kehidupan akan terancam pula karenanya perlu perhatian yang lebih untuk kesehatan jantung kita.
Anatomi Jantung
Anatomi Jantung
Faktor resiko

Kebiasaan - kebiasaan dan pola hidup yang tidak baik akan meningkatkan resiko terkena serangan penyakit jantung koroner. Ada beberapa kondisi yang erat kaitanya dengan penyakit jantung koroner yang disebut dengan faktor resiko, secara garis besar faktor resiko ini dibagi menjadi 2 yaitu faktor resiko utama dan faktor resiko lainnya.

Berikut beberapa faktor resiko utama diantaranya :

1. Kadar lemak dalam darah yang tinggi

Ini akan menyebabkan timbulnya kerak - kerak pada dinding pembuluh darah termasuk pembuluh darah koroner, sehingga terjadi penyempitan dan aliran darah terganggu akibatnya jantung tidak cukup mendapat suplai makanan sehingga ototnya menjadi rusak atau tidak berfungsi lagi.

2. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam pembuluh darah koroner, kerusakan ini mempermudahterjadinya penyempitan pembuluh darah yang disebut aterosklerosis.

3. Merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok menimbulkan peningkatan epinefrin dan norepinefrin dalam darah yang menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dan pembuluh darah berkontraksi / menyempit. Detak jantung yang lebih cepat akan meningkatkan kebutuhan oksigen pada otot jantung. Sementara itu suplai oksigen jadi menurun karena oksigen yang ada akan diikat oleh karbonmonoksida yang dihasilkan rokok.

Berikut faktor resiko lainya diantaranya :

Faktor resiko ini berkaitan dengan penyakit jantung koroner adalah : stress, kegemukan, kurang olahraga, penyakit kencing manis, riwayat keluarga dll.

Bagaimakah cara memelihara jantung anda?

Meskipun terjadinya serangan jantung merupakan proses yang memakan waktu lama namun sepertinya telah diketahui bersama serangan jantung dapat berakibat fatal maka perlu dilakukan pencegahan secara dini, berikut ini cara memelihara jantung kita diantaranya sebai berikut :
  1. Usahakan berat badan yang ideal
  2. Hindari rokok, minuman keras, narkotika, kurangi minum kopi dan teh.
  3. Lakukan olahraga secara teratur
  4. Kurangi makanan berlemak, gula, dan perbanyak makan buah dan sayur serta hindari makanan yang mengandung bahan pengawet.
  5. Luangkan waktu unuk bersantai
  6. Periksakan tekanan darah secara rutin
  7. Konsultasikan ke dokter anda terutama bagi penderita kencing manis atau DM dan tekanan darah tinggi
  8. Periksakan kadar lemak darah secara teratur.

Panel pemeriksaan laboratorium :
  1. kolesterol total
  2. kolesterol HDL
  3. koleterol LDL
  4. Trigliserida
  5. Apo A1
  6. Apo B
  7. Rasio kolesterol total / HDl
  8. Rasio Apo A1 / Apo B
  9. Lp (a)

NB : 
  • Apakah anda akan menunggu hingga diserang penyakit jantung
  • Anda dapat mencegahnya mulai dari sekarang
  • Segera periksakandarah anda dilaboratorium untuk mengetahui ada atau tidaknya faktor resiko penyakit jantung koroner
  • Untuk informasi lebih lanjut hubungi tenaga kesehatan anda
  • Semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat