Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Tata Cara Shalat : Sujud Dan Bacaan Sujud



بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم


Tata Cara Sholat

Sujud Dan Bacaannya

tata cara shalat sujud dan bacaan sujud
Sujud
Setelah kita melakukan i'tidal dengan thuma'ninah, lalu kita melakukan sujud, yaitu dengan mengucap takbir (Alloohu-akbar) tanpa mengangkat tangan. Kita letakkan dua lutut terlebih dahulu, lantas disusul dengan meletakkan dua tapak tangan, kemudian dahi dan hidung. Jari-jari tangan dirapatkan dan siku direnggangkan (dijauhkan) dari rusuk serta jari-jari kaki dipancatkan ke bumi. Jadi sujud ini dilakukan oleh dahi dan hidung, kedua tapak tangan, kedua lutut dan kedua ujung jari-jari kaki.

عَنْ اَبِى بَكْرٍ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ اَنَّهُ سَمِعَ اَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْكَعُ. ثُمَّ يَقُوْلُ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ حِيْنَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ. ثُمَّ يَقُوْلُ وَ هُوَ قَائِمٌ: رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَسْجُدُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ. ثُمَّ يَفْعَلُ مِثْلَ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا حَتَّى يَقْضِيَهَا. وَ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ مِنَ الْمَثْنَى بَعْدَ الْجُلُوْسِ. ثُمَّ يَقُوْلُ اَبُوْ هُرَيْرَةَ: اِنّى لاَشْبَهُكُمْ صَلاَةً بِرَسُوْلِ اللهِ ص. مسلم
Dari Abu Bakar bin Abdur Rahman, bahwasanya ia mendengar Abu Hurairah berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, beliau bertakbir ketika berdiri, kemudian bertakbir ketika (hendak) ruku', kemudian membaca Sami'alloohu liman hamidah ketika mengangkat tulang belakangnya dari ruku', kemudian membaca robbanaa wa lakal-hamdu dalam keadaan berdiri, kemudian bertakbir ketika tunduk untuk bersujud, kemudian bertakbir ketika mengangkat kepalanya (dari sujud), kemudian bertakbir ketika bersujud (yang kedua), kemudian bertakbir ketika mengangkat kepalanya dari sujud. Kemudian beliau melakukan yang demikian itu pada semua shalatnya hingga beliau menyelesaikan shalat itu. Dan beliau bertakbir ketika berdiri dari reka'at kedua setelah duduk(At-tahiyat awwal)”. Kemudian Abu Hurairah berkata, “Sesungguhnya shalatku lebih menyerupai dengan shalat Rasulullah SAW daripada kalian”. [HR. Muslim juz 1, hal. 293]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ رَاَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص اِذَا سَجَدَ يَضَعُ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. الترمذى
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, "Saya melihat Rasulullah SAW apabila bersujud, beliau meletakkan dua lututnya sebelum dua tangannya. Dan apabila bangkit (dari sujud), beliau mengangkat dua tangannya sebelum dua lututnya". [HR. Tirmidzi juz 1, hal. 168, no. 267].

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص اِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ، وَ اِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود
Dari Waail bin Hujr, ia berkata, “Saya melihat Nabi SAW apabila bersujud, beliau meletakkan dua lututnya sebelum dua tangannya. Dan apabila beliau bangkit (dari sujud), beliau mengangkat dua tangannya sebelum dua lututnya”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 838]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَجَدَ اَحَدُكُمْ فَلاَ يَبْرُكْ كَمَا يَبْرُكُ الْبَعِيْرُ، وَ لْيَضَعْ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ. ابو داود
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian sujud, maka janganlah mendekam sebagaimana mendekamnya unta, dan hendaklah meletakkan kedua tangannya sebelum dua lututnya". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 222, no. 840]

Keterangan :
Dengan hadits ini ada ulama' yang berpendapat bahwa cara sujud itu meletakkan dua tangan lebih dahulu baru meletakkan dua lututnya. Tetapi apabila kita perhatikan larangan Nabi SAW tersebut yaitu "Janganlah mendekam sebagaimana mendekamnya unta", sedang onta itu jika mendekam mendahulukan kaki depannya, baru kemudian kaki yang belakang, maka kami berpendapat bahwa yang benar adalah meletakkan dua lututnya terlebih dahulu, kemudian dua tangannya sebagaimana hadits Waail bin Hujr di atas.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص: اُمِرْتُ اَنْ اَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ اَعْظُمٍ. عَلَى اْلجَبْهَةِ وَ اَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى اَنْفِهِ وَ اْليَدَيْنِ وَ الرُّكْبَتَيْنِ وَ اَطْرَافِ اْلقَدَمَيْنِ وَ لاَ نَكْفِتَ الثّيَابَ وَ الشَّعَرَ. البخارى
Dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata : Nabi SAW bersabda, “Saya diperintah supaya bersujud atas tujuh tulang (anggota badan). Yaitu dahi, dan beliau mengisyaratkan dengan tangannya pada hidungnya, dan dua tangan, dua lutut, dan dua ujung telapak kaki. Dan kita tidak boleh menyingkirkan pakaian dan rambut”. [HR. Bukhari juz 1, hal. 198]

عَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَالِكٍ اِبْنِ بُحَيْنَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ اِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ اِبْطَيْهِ. البخارى
Dari ‘Abdulalh bin Malik yaitu Ibnu Buhainah, ia berkata, "Sesungguhnya Nabi SAW apabila shalat (ketika sujud), beliau merenggangkan dua tangannya (dari rusuknya) sehingga kelihatan putih kedua ketiaknya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 197]

عَنِ الْبَرَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ. مسلم
Dari Baraa', ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kamu bersujud, maka letakkanlah dua tapak tanganmu dan angkatlah dua sikumu". [HR. Muslim juz 1, hal. 356]

عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا رَكَعَ فَرَّجَ اَصَابِعَهُ وَ اِذَا سَجَدَ ضَمَّ اَصَابِعَهُ. البيهقى
Dari ‘Alqamah bin Waail bin Hujr dari bapaknya, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila ruku', beliau merenggangkan jari-jari tangannya, dan apabila sujud, beliau merapatkan jari-jari tangannya”. [HR. Baihaqi juz 2, hal. 112]

عَنْ اَنَسٍ عَنِ النَّبِىّ ص قَالَ: اِعْتَدِلُوْا فِى السُّجُوْدِ وَ لاَ يَبْسُطْ اَحَدُكُمْ ذِرَاعَيْهِ انْبِسَاطَ الْكَلْبِ. الجماعة، فى نيل الاوطار
Dari Anas dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Luruslah kamu sekalian dalam sujud, dan janganlah seseorang diantara kalian menghamparkan kedua tangannya seperti anjing menghamparkan dua tangannya". [HR. Jama'ah, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 286]

عَنْ اَبِى حُمَيـْدٍ اَنَّ النَّبِىَّ ص كَانَ اِذَا سَجَدَ اَمْكَنَ اَنْفَهُ وَ جَبْهَتَهُ مِنَ اْلاَرْضِ، وَ نَحَّى يَدَيْهِ عَنْ جَنْبَيْهِ وَ وَضَعَ كَفَّيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ. ابو داد و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار
Dari Abu Humaid, ia berkata, "Adalah Nabi SAW apabila sujud, beliau menekankan hidung dan dahinya ke bumi, dan menjauhkan dua tangannya dari dua lambungnya serta meletakkan dua tapak tangannya sejajar dengan dua bahunya". [HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, Tirmidzi menshahihkannya, dalam Nailul Authar, juz 2, hal. 287]

Bacaan Sujud

Bacaan sujud yang dituntunkan oleh Nabi SAW itu banyak macamnya, diantaranya sebagai berikut :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُكْثِرُ اَنْ يَقُوْلَ فِى رُكُوْعِهِ وَ سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ رَبَّنَا وَ بِحَمْدِكَ اللّهُمَّ اغْفِرْلِى، يَتَأَوَّلُ اْلقُرْآنَ. الجماعة الا الترمذى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW memperbanyak membaca di dalam ruku' dan sujudnya Subhaanakalloohumma robbanaa wa bihamdikalloohummaghfirlii (Maha Suci Engkau ya Allah, Tuhan kami dan dengan memuji-Mu, ya Allah ampunilah aku), yaitu beliau mengamalkan perintah Al-Qur'an :
فَسَبّحْ بِحَمْدِ رَبّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
[HR. Jama'ah, kecuali Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص ذَاتَ لَيْلَةٍ. فَافْتَتَحَ اْلبَقَرَةَ … ثُمَّ رَكَعَ فَجَعَلَ يَقُوْلُ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ. فَكَانَ رُكُوْعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ. ثُمَّ قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، ثُمَّ قَامَ طَوِيْلاً قَرِيْبًا مِمَّا رَكَعَ. ثُمَّ سَجَدَ فَقَالَ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. فَكَانَ سُجُوْدُهُ قَرِيْبًا مِنْ قِيَامِهِ. مسلم
Dari Hudzaifah, ia berkata : Saya pernah shalat bersama Nabi SAW pada suatu malam. (Setelah membaca Al-Fatihah) maka beliau memulai dengan membaca surat Al-Baqarah … kemudian beliau ruku’ dan membaca Subhaana robbiyal ‘adhiim. Dan ruku’ beliau lamanya seperti berdirinya. Kemudian beliau membaca Sami’alloohu liman hamidah, kemudian berdiri lama, hampir sama dengan lama ruku’nya. Kemudian beliau sujud dan membaca Subhaana robbiyal a’laa, dan adalah sujud beliau hampir sama dengan lama berdirinya. [HR. Muslim juz 1, hal. 536]

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص فَكَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلعَظِيْمِ وَ فِى سُجُوْدِهِ: سُبْحَانَ رَبّيَ اْلاَعْلَى. وَ مَا مَرَّتْ بِهِ ايَةُ رَحْمَةٍ اِلاَّ وَقَفَ عِنْدَهَا يَسْأَلُ، وَ لاَ ايَةُ عَذَابٍ اِلاَّ تَعَوَّذَ مِنْهَا. الخمسة و صححه الترمذى، فى نيل الاوطار
Telah berkata Hudzaifah, Saya pernah shalat bersama Nabi SAW. Dan adalah beliau membaca pada ruku'nya Subhaana robbiyal-'adhiim. (Maha suci Tuhanku yang Maha Besar), dan pada sujudnya beliau membaca Subhaana robbiyal a'laa (Maha sucu Tuhanku yang Maha Tinggi). Dan tidaklah beliau melewati ayat rahmat melainkan beliau berhenti, lalu memohon (rahmat), dan tidaklah beliau melewati ayat ‘adzab melainkan beliau memohon perlindungan (darinya). [HR. Khamsah dan dishahihkan oleh Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 273]

عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ وَسُجُوْدِهِ: سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّ اْلمَلاَئِكَةِ وَالرُّوْحِ. احمد و مسلم و ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار
Dari 'Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca di dalam ruku'nya dan sujudnya Subbuuhun Qudduusun Robbul malaaikati war-ruuh (Tuhan yang Maha Suci lagi Maha Qudus, Tuhan pemelihara Malaikat dan ruh). [HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Nasai, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 275]

عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ اْلاَشْجَعِيّ قَالَ: قُمْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص لَيْلَةً فَقَامَ فَقَرَأَ سُوْرَةَ اْلبَقَرَةِ لاَ يَمُرُّ بِايةِ رَحْمَةٍ اِلاَّ وَقَفَ فَسَاَلَ وَ لاَ يَمُرُّ بِايةِ عَذَابٍ اِلاَّ وَقَفَ فَتَعَوَّذَ. قَالَ: ثُمَّ رَكَعَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ يَقُوْلُ فِى رُكُوْعِهِ سُبْحَانَ ذِى اْلجَبَرُوْتِ وَ اْلمَلَكُوْتِ وَ اْلكِبْرِيَاءِ وَ اْلعَظَمَةِ. ثُمَّ سَجَدَ بِقَدْرِ قِيَامِهِ ثُمَّ قَالَ فِى سُجُوْدِهِ مِثْلَ ذلِكَ. ابو داود
Dari 'Auf bin Malik Al-Asyja'iy, ia berkata, “Saya pernah shalat malam bersama Rasulullah SAW. Ketika berdiri beliau membaca surat Al-Baqarah, tidaklah beliau melewati ayat rahmat kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon, dan tidaklah beliau melewati ayat ‘adzab kecuali beliau berhenti membaca, lalu memohon perlindungan”. ‘Auf berkata, “Kemudian beliau ruku’ sekadar lama beliau berdiri. Beliau membaca di dalam ruku'nya Subhaana dzil Jabaruuti wal Malakuuti wal Kibriyaai wal 'Adhomah (Maha suci Tuhan yang mempunyai keperkasaan, kekuasaan, kesombongan dan keagungan), kemudian beliau sujud sekadar lama berdirinya, kemudian beliau membaca di dalam sujudnya seperti itu juga”. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 231, no. 873]



سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Walimah

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Khitan

Hadits-hadits Tentang Taubat

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan