Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Keutamaan Bulan Ramadhan

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Keutamaan bulan Ramadhan diantaranya :
Bulan ramadan
Ramadhan

1. Ramadhan bulan Al-Qur’an

Allah Ta’ala berfirman, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an.” (Al-Baqarah:185). Firman Allah Ta’ala “Unzila fiihil Qur’an” mengandung beberapa makna :
Turunnya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfuzh ke langit dunia sebagaimana menurut Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu. Atau Allah menurunkan permulaan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad shallallahu‘alaihi wasallam pada bulan Ramadhan karena Al-Qur'an pertama kali diturunkan pada malam Lailatul Qadar, sedang Lailatul Qadar ada pada bulan Ramadhan. Menurut pendapat lain yakni bulan diturunkannya Al-Qur’an yang memuji bulan Ramadhan, menyanjungnya, men-jelaskan keutamaannya dan mewajibkan puasa di dalamnya. Maksud yang paling kuat dalam hal ini adalah makna yang pertama, kemudian makna yang kedua.


2. Ramadhan bulan sabar

Sabar tidak kelihatan jelas dalam satu ibadah, kecuali dalam ibadah puasa, di mana seseorang menahan dirinya dari makan, minum dan bersenggama serta yang lainnya selama siang hari di bulan Ramadhan, karena itu dikatakan, “Puasa separuhnya sabar, dan surga sebagai balasannya.” Firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Az-Zumar: 10).

3. Pintu-pintu Neraka dikunci, pintu Surga dibuka, para syetan dan para jin yang jahat diikat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila Ramadhan telah datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci dan para syetan dibelenggu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Maksudnya: Para syetan diikat dengan rantai dan besi sehingga mereka tidak bebas berkeliaran seperti pada bulan lainnya, oleh karenanya bisikan dan tipu daya setan kepada manusia lebih ringan dari bulan lainnya, bahkan mereka lebih takut dari Ramadhan seperti takutnya dari suara adzan dan iqamat.

Barangkali salah satu fenomena yang kita lihat, apabila Ramadhan telah dekat mulailah orang-orang yang bergelimang dengan kemaksiatan mempersiapkan diri untuk bertaubat, sebagian orang mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan sebagai bukti perhatian dan komitmen mereka akan taubat. Bertanyalah salah satu dari mereka, “Saya pernah berbuat zhalim.” Bertanya yang lainnya, “Saya pernah berbuat maksiat dalam hal tertentu, bagaimana caranya bertaubat?” Bertanya yang lainnya lagi, “Saya tidak maksimal dalam berbuat kebajikan, bagaimana agar bisa komitmen?” dan seterusnya. Jadi andai syetan takut akan kedatangan Ramadhan, di mana tipu daya dan pengaruhnya dilemahkan, bagaimana kalau di bulan Ramadhan para syetan dibelenggu dan diikat dengan besi, tentu mereka tidak bisa memperdayakan manusia kecuali sebagian kecil saja.

Tetapi ada sebagian orang yang jiwanya kotor, mudah terperangkap dengan rayuan dan godaan syetan padahal tipuannya lemah–. Karena itu tidak heran bila kita mendapatkan seseorang yang berbuat maksiat di bulan Ramadhan dan hal ini telah saya jelaskan di muka. Lebih prihatin lagi penyimpangan ini terjadi pada malam kedua puluh tujuh, di mana orang-orang yang hatinya tertutup berkumpul di malam tersebut sambil menikmati minuman, musik, permainan dan perempuan. Wal’iyadzu Billah. Telah digariskan untuk seseorang di hari-hari ujiannya Sehingga ia melihat kebaikan padahal itu bukan kebaikan.

4. Pada bulan ini terdapat Lailatul Qadar (malam mulia), yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan

Allah Ta’ala berfirman, “Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadar: 3-5).

Sebagian ulama telah menghitung bulan mulia ini, ternyata lebih dari 83 tahun. Dalam kitab Al-Muwaththa karya Imam Malik dengan sanad yang mursal dinyatakan, “Telah diperlihatkan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam usia-usia manusia sebelumnya atau sesuatu yang Allah kehendakinya, ternyata seakan-akan usia umatnya pendek-pendek. Cukuplah usia mereka untuk beramal seperti umat terdahulu karena usia mereka panjang. Maka Allah memberinya Lailatul Qadar yang dia itu lebih baik dari seribu bulan.” (Al-Muwaththa). Adalah satu anugerah yang sangat besar apabila seseorang bisa mendapatkan Lailatul Qadar ini, karena ia telah meraih keutamaan 83 tahun atau lebih.

5. Pada bulan ini dikabulkannya doa

Imam Ahmad telah meriwayatkan dari Jabir radhiallahu ‘anhu dengan sanad jayyid bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Doa setiap muslim akan dikabulkan, apabila ia berdoa di bulan Ramadhan.” Banyak hadits-hadits yang menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan doa ini adalah berdoa di saat menjelang ifthar (berbuka puasa).Karenanya, hendaknya seorang muslim meman-faatkan waktu ini dengan memperbanyak doa. 
Untuk selebihnya baca ini

Hadits Tentang Puasa

sumber : Syaikh Salman bin Fahd

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Walimah

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Khitan

Hadits-hadits Tentang Taubat

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan