Ibu Hamil Harus Minum Tablet Tambah Darah

Thursday, August 30, 2012

Ibu Hamil Harus Minum Tablet Tambah Darah

Program pemberian tablet tambah darah (TTD) sudah dilakukan sejak 1970. Namun faktanya, hanya ada sekitar 18 persen ibu hamil yang mengonsumsi obat tersebut.

Ibu hamil minum tablet penambah darah
Pemberian tablet tambah darah merupakan sebuah program pemerintah yang mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat, khususnya ibu hamil. TTD ini diberikan untuk mencegah ibu hamil terkena anemia akibat dari kekurangan zat besi.
Sejak Maret 2012, The Micronutrient Initiativebekerja sama dengan Yayasan IBU bersama-sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten menggalakkan program penanggulangan anemia pada ibu hamil dengan dua daerah percontohan, yaitu Kabupaten Lebak, Banten dan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
“Program ini bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi ibu hamil khususnya, tentang pentingnya konsumsi TTD selama masa kehamilan. Kurangnya kepatuhan ibu hamil untuk mengonsumsi TTD ini menjadi salah satu faktor rendahnya presentase ibu hamil yang mengonsumsi TTD,” kata Direktur Yayasan IBU dr. Ridwan Gustiana, MPH saat ditemui dalam acara bertema Minum Tablet Tambah Darah, Ibu Selamat Bayi Sehat di Four Seasons Hotel, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (29/08/2012).
Dikatakan dr. Ridwan, asupan zat besi pada ibu hamil tidak dapat dipenuhi hanya dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Salah satu cara untuk mencukupi zat besi dengan konsumsi suplemen tablet tambah darah.


sumber : okezone.com

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat