Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan


بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Sudahkah anda makan coklat? anda penggemar coklat, bila ya pastinya harus tahu manfaat dari coklat itu sendiri... Berikut ini beberapa manfaat dan kandungan dalam coklat yang perlu diketahui diantaranya : 

1. mencegah penyakit alzheimer dan demensia

Beberapa manfaat coklat bagi kesehatan
Coklat
Periset mengklaim, bahwa dosis harian kakao (cokelat) bisa dijadikan terapi untuk menghentikan penyakit Alzheimer. Peneliti mengklaim, bahwa zat kuat flavanol yang terkandung dalam cokelat dapat secara dramatis mengurangi kerusakan kognitif.

Dr Giovambattista Desideri, yang memimpin tim penelitian tersebut mengatakan bahwa mengonsumsi flavanol cokelat sebagai bagian dari diet kalori terkontrol dan bergizi seimbang yang dapat meningkatkan fungsi kognitif. "Meski demikian peran flavanol cokelat dalam mencegah atau memperlambat perkembangan penurunan kognitif ringan hingga demensia masih perlu diteliti lebih lanjut," ujarnya Desideri.


Beranjak dari temuan itulah mereka menyarankan para lansia untuk mengonsumsi beberapa cokelat setiap hari untuk mengatasi demensia dan Alzheimer.

2. sebagai anti oksidan

Flavanol merupakan antioksidan yang juga ditemukan secara alami dalam buah dan sayuran seperti anggur, apel, minuman termasuk teh dan masih banyak lagi. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang, termasuk kandungan anti oksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

3. melawan dan mencegah kanker

Flavanol termasuk kelompok senyawa yang disebut flavonoid yang diketahui mampu membantu mengalahkan kanker, penyakit jantung dan proses penuaan dengan melindungi sel. Selain itu, senyawa ini juga mampu menyerap molekul oksigen yang berpotensi berbahaya dalam tubuh. 

4. Menurunkan Tekanan Darah

Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak. Menurut ilmuwan cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

5. Membuat Panjang Umur

Coklat pun mengandung zat yang mampu memperlambat penuaan yang artinya menjakian kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari. Tidak hanya itu hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun, menemukan bahwa para pria yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa cokelat susu dan dark chocolate, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak samasekali. Untuk memperkuat hasil dari penelitian di belanda tersebut, yaitu seorang yang bernama Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua dengan umur panjang yang hidup sampai usia 122 mempunyai resep panjang umur, yaitu dia mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam seminggu.

6. Meningkatkan Gairah/ libido

Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Menurut penelitian, wanita pecinta coklat memiliki gairah seksual lebih tinggi dari pada wanita yang todak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkapkan, mengonsumsi sebatang coklat sebelum bercinta dapat memberikan rasa rileks dan kepuasan dalam aktivitas seksual seseorang.

7. Menghilangkan Stress

Coklat juga dianggap sebagai salah satu makanan yang dapat mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.

Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

8. Racun bagi hewan tertentu


Adanya kandungan teobromin dalam cokelat bisa menjadi racun untuk sebagian hewan bila dikonsumsi. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalahkuda, anjing, burung kakak tua, tikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. 


Bila mereka diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, akibatnya hewan-hewan ini mungkin mengalami epilepsi dan kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian. Penanggulangannya adalah dengan merangsang hewan-hewan ini agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan.

Setelah kita mengetahui bahwa manfaat coklat demikian banyak, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan coklat sebagai pilihan dalam hidangan Anda sehari-hari. Sebagai tips penutup, sebaiknya Anda mengonsumsi coklat yang memiliki kandungan kakao (biji coklat) yang tinggi untuk memperoleh manfaat coklat yang maksimal. Demikianlah beberapa manfaat dan kandungan yang terdapat dalam coklat, semoga bermanfaat.

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan