Mencegah Gangguan Pencernaaan

Tuesday, August 21, 2012

Mencegah Gangguan Pencernaaan

Siapa saja yang mengalami gangguan pencernaan pastinya tidak menyenangkan setelah menikmati makanan lezat, berikut ini tips sederhana menghindari gangguan pencernaan :
Anatomi Saluran pencernaan
Saluran Pencernaan
  • Konsumsi makanan mengandung probiotik
bakteri baik dalam probiotik yang ditemukan dalam beberapa makanan serta saluran pencernaaan anda mampu menyehatkan pencernaaan. Misalnya yogurt mengandung lactobasillus acidophilus.
  • Kunyah permen karet setelah makan
untuk merangsang produksi air liur yang membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi kemungkinan mengalami gangguan pencernaan
  • Buat catatan makanan
untuk mengidentifikasi makanan yang memicu gangguan pencernaan misalnya makanan atau minuman tinggi akan asam, kafein, alkohol atau pedas
  • Konsumsi banyak serat
serat tidak hanya untuk mencegah gangguan pencernaaan tetapi lebih penting untung kesehatan tubuh secara umum, manusia membutuhkan kandungan serat antara 10-15gr sehari. Kandungan serat terdapat pada sayuran, buah, sereal whole grain, serta kacang-kacangan. Selain itu batasi makanan cepat saji, daging merah, makanan kaya lemak, makanan yg banyak mengandung gaas
  • Perbanyak minum air putih
untuk membasahi makanan dalam saluran pencernaan, membantu memecah mineral vitamin dan nutrisi sehingga mudah memproses penyerapan dan menjaga kecukupan air agar terhindar dari masalah konstipasi.
  • Olahraga secara teratur dan hindari stres
olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat, bisa membantu mencegah gangguan pencernaan
  • Konsumsi suplemen enzim pencernaan
sejumlah enzim pencernaan yang berasal dari tumbuhan bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menguatkan penyerapan nutrisi. Sebelum mengkonsumsi enzim suplemen terlebih dahulu konsul ke dokter anda.

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat