Mencegah Pencurian Identitas

Sunday, August 26, 2012

Mencegah Pencurian Identitas

Pencurian identitas seringkali kita menganggap biasa, tidak penting, atau cuek saja, tetapi bila itu terjadi pada kita, akan mengakibatkan sesuatu yang mungkin akan berurusan dengan pihak yang berwenang, umpamanya data pribadi kita disalahgunakan orang untuk berbuat kejahatan bisa jadi kita dijadikan tersangka. Jadi baiknya perlu diperhatikan identitas kita dimanapun kita berada. Berikut ini beberapa tips mencegah pencurian identitas secara sederhana dan mudah untuk dilakukan diantaranya :
Pencurian identitas

1. Jangan membuang atau meletakkan dokumen penting disembarang tempat

Gunakan penghancur dokumen ataau Shredders yang murah dan mudah digunakan di rumah untuk menghancurkan dokumen yang tidak terpakai atau bila memakai softcopy hapus saja dokumen itu.

2. Jangan menggunakan komputer umum atau tanpa jaminan ketika mengakses informasi sensitif.

Jika komputer tidak aman (menggunakan AV [anti-virus software], Firewall, dll) maka dimungkinkan untuk memiliki keylogger atau perangkat lunak mata-mata lain yang dipasang di latar belakang. Dengan cara ini, bahkan jika Anda menggunakan [koneksi aman dengan] HTTPS seseorang bisa mendapatkan akses ke apa yang Anda tulis karena meninggalkan jejak dikomputer. Sebaiknya jangan mengakses informasi penting yang berkaitan dengan data-data pribadi ataupun perusahaan ditempat umum.

3. Jangan asal klik link di dalam email

Pernah dikirimi email yang mengandung link? Jangan asal klik, sebab bisa saja kita digiring ke suatu situs berbahaya yang mengandung virus, malware, dan program lain yang membahayakan data di komputer kita. dan jangan pernah pergi ke situs web yang Anda tidak yakini. Ini termasuk mengklik iklan banner.
Hanya tindakan pergi ke situs yang buruk dan kemudian mengunjungi situs yang baik dapat memungkinkan orang jahat untuk mencuri informasi atau login untuk situs yang baik, Jadi itu benar-benar yang terbaik hanya untuk tidak mengklik pada apa pun yang Anda tidak yakin.

4. Pertimbangkan untuk menggunakan kartu kredit /debit terutama saat online.

Kartu Debit memberikan perlindungan kurang aman daripada kartu kredit, Sebuah kartu debit bisa menjadi pintu gerbang untuk keuangan Anda. Jadi hati-hatilah saat melakukan transaksi online jika terpaksa, lebih baik hindari transaksi secara online.

5. Gunakan beberapa password.

Terlalu sering menggunakan password tunggal untuk mengakses kebanyak akun akan mudah dibobol maka sangat berbahaya. Hacker biasanya sekali sukses menerka password kita, akan mencobanya untuk membobol akun-akun kita yang lain. Sebaiknya gunakan pasword yang berbeda-beda untuk beberapa akun agar terhindar dari pembobolan akun dan pasword.

Sumber : securitynewsdaily.com

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat