PEMERIKSAAN PAP SMIR

Wednesday, August 01, 2012

PEMERIKSAAN PAP SMIR

MENCEGAH KANKERLEHER RAHIM

PENGERTIAN KANKER
Mencegah Kanker leher rahim
Pemeriksaan Pap Smir
Kanker adalah kata lain dari tumor ganas, dapat timbul pada berbagai bagian tubuh / organ tubuh bersifat menahun menjalarnya sukar dan lama pengobatanya serta pada stadium lanjut menimbulkan penderitaan yang hebat. Organ tubuh yang sering terserang adalah alat reproduksi, payudara, kulit, saluran cerna, saluran nafas, kelenjar gondok, dan kelenjar getah bening.

KANKER LEHER RAHIM

Adalah tumor ganas yang menyerang leher rahim dan merupakan jenis kanker yyang paling banyak terjadi diantara bermacam-macam jenis kanker yang diderita penduduk waniita Indonesia

Karena penyebab timbulnya kanker leher rahim belum diketahui dengan pasti , maka satu-satnya cara mencegah serta untuk memperoleh enymbuhan yang baik adala dengan menemukan penyakit kanker sedini mungkin untuk mendapatkan pengobatan dengan segera.

Awal timbulya kanker leher rahim sulit diketahui oleh para wanita karena tidak didahului gejala / kelainan yang jelas. Pada tahap dini sering dapat ditemukan pada wanita yang melakukan pemeriksaan Pap Smir secara teratur. Gejala berupa keputihanyang berbau, perdarahan setelah hubungan seksual, ataupun haid yang tidak normal / perdarahan diluar siklus haid Seringkali dijumpaipada wanita dengan kanker leher rahim tahap lanjut.

PAP SMIR

Merpakan pemeriksaan terhadap sel-sel yang lepas dari permukaan leher rahim / terdapatdalam lender jalan lahir untuk menemukan kanker leher rahim.

Pemeriksaan ini mudah dilakukan tidak menimbulkan rasa nyeri, hanya membutuhkan waktu yang singkat dengan biaya yang murah. Sehingga sangat bermanfaat dalam menemukan kanker leher rahim pada stadium dini.

WAKTU PEMERIKSAAN PAP SMIR

Setiap wanita yang berusia antaara 25-60 tahun, sebaiknya melakukan pemeriksaan ini setiap tahun sekali. Paling baik sejak remaja wanita melakukan hubungan seksual, pemeriksan PAP SMIR dilakukan tiap tahun selama 3 kali berturut-turut dan bila hasilnya normal pemeriksaan selanjutnya mengikuti penunjuk dokter. Untuk mendapatkan hasil yang baik pemeriksaan dilakukan pada 10 – 14 hari setelah haid.

CARA MELAKUKAN PAPSMIR

Dokter atau paramedic dengan menggunakan alat pembuka jalan lahir / liang senggama melakukan usapan untuk mengambil lendir leher rahim. Lendir kemudian dioleskan pada kaca periksa dan direndam dalam alcohol selama 15 – 30 menit setelah kering dilakukan pengecatan dan diperiksa dengan mikroskop oleh dokter spesialis patologi.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM PEMERIKSAAN PAP SMIR
  1. Hindari pemakaian obat atau alat kontrasepsi yang dimasukan kedalam liang senggama
  2. Berikan keterangan mengenai :
  • Kehamilan / persalinan terdahulu dan penyakit atau operasi atau pengobatan yang pernah dijalani
  • Metode kontrasepsi yang digunakan
  • Gejala kelainan yang dirasakan saat ini misalnya keputihan, perdarahan diluar siklus haid maupun perdarahan haid yang tidak seperti biasanya.
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SETELAH PEMERIKSAAN PAP SMIR
  1. Apabila hasilnya normal lakukanlah pemeriksaan ulang sesuai jadwal atau petunjuk dokter.
  2. Apabila hasilnya tidak normal lakukanlah pemeriksaan lanjutan / berobat sesuai petunjuk dokter .
CARA AGAR TERHINDARDARI KANKER LEHER RAHIM
1. Menjauhkan diri dari perilaku / keadaan yang memudahkan terjadinya kanker leher rahim yaitu:
  • Kawin usia muda
  • Banyak anak
  • Berganti-ganti pasangan seks
  • Kebiasaan merokok
  • Kebersihan alat kelamin tidak terjaga / terpelihara
  • Infeksi leher rahim menahun / tak diobati
2. Segeralah periksa ke dokter spesialis kandungan bila mengalami kelainan:
  • Keputihan yang tak kunjung sembuh
  • Keputihan berbau
  • Perdarahan / flek-fleksetelah senggama
  • Perdarahan diluar massa haid
  • Perdarahan haid yang lama
  • Perdarahan pada massa mati haid / menopause

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat