Tips Memilih komputer tablet

Tuesday, August 14, 2012

Tips Memilih komputer tablet

Yang perlu diperhatikan saat memilih tablet pc diantaranya sebagai berikut :

1. Model Slate, Convertible, atau Hybrid? 

Model Slate adalah komputer tablet tanpa keyboard. Untuk meng-input, user mengandalkan pengenalan tulisan tangan menggunakan digitizer, menyentuh layar dengan jari atau stylus . Sebuah keyboard eksternal dapat dihubungkan melalui koneksi wireless atau USB jika perlu.Model 

Convertible adalah komputer tablet yang terlihat seperti komputer notebook dengan keyboard terpasang. Penggunaan engsel putar memungkin kan layar untuk berputar 180 derajat, dan dilipat rata di atas keyboard. Komputer tablet model ini biasanya lebih berat dan lebih besar dari model Slate. Namun, model ini juga yang paling populer.

Model Hybrid adalah komputer tablet yang menggabungkan i tur dari model Slate dan Convertible. Model Hybrid menggunakan keyboard terpisah yang bekerja seperti Convertible saat ter-pasang. Meskipun model ini mungkin menjadi populer di masa depan, hanya sedikit model Hybrid yang tersedia saat ini. 

2. Processor 

Pilih proccesor (CPU) dengan kecepat-an dan kinerja yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Perlu dicatat bahwa jumlah opsi spesii kasi processor yang Anda miliki tergantung pada bentuk komputer tablet yang dipilih. Karena Convertible adalah yang paling populer, ia memiliki range opsi processor terluar dari ketiganya. 

3. Memory (RAM) 

Tidak peduli model komputer tablet apapun yang Anda gunakan, memory (RAM) selalu memainkan peran penting dalam kinerja keseluruhan. Komputer tablet yang Anda pilih harus memiliki memory minimal 2 GB, dan lebih bbanyak lebih baik. Beberapa komputer tablet dapat ditingkatkan hingga 8 GB, tetaptidak praktis, kecuali Anda memiliki processor yang lebih kuat daripada dual core .

4. Apakah Ukuran Penting? 

Semua orang ingin tablet yang ringan dan tipis dan mudah untuk dibawa, tapi ada perbedaan pendapat mengenai ukuran layar terbaik untuk tablet. iPad menggunakan standar 10 inci (atau tepatnya 9,56) dan berat 1,5-1,6 lbs (bergantung apakah ada 3G). Beberapa pengguna ingin ukuran layar yang lebih besar (12 inci), tetapi ada juga yang berpendapat bahwa iPad sedikit terlalu besar. Beberapa pesaing yang muncul, seperti Samsung Galaxy Tab, datang dengan layar ukuran 7 inci. Berat Tab kurang dari satu pon, yang bisa menjadi perbedaan besar bagi mereka yang akan membawanya sepanjang hari.

Di lain pihak, beberapa vendor menge-luarkan tablet dengan ukuran lebih besar, seperti 12 inci, yang kabarnya akan dikeluarkan oleh Asus. Perusahaan tersebut juga menawarkan model 8,9 inci. Tidak ketinggalan, ada Dell Streak yang memiliki layar ukuran 5 inci. Na-mun, produk ini memiliki sedikit krisis identitas: apakah tablet atau telepon? Umumnya, tablet Windows 7 sedikit lebih berat dari sepupu mereka, Apple dan Android, meskipun dimensinya serupa. Sebagai contoh, ukuran layar CTL SL10 hanya sedikit lebih besar dari iPad (10,1 inci), tapi bebannya sekitar satu pon lebih berat. Hal ini disebabkan oleh adanya tambahan yang tidak Anda dapatkan pada iPad, seperti port Ether-net, slot microSD, dua port USB, port mini-VGA, hard drive kapasitas tinggi, dan kamera. Tidak ada istilah ”satu ukuran cocok untuk semua” ketika berbicara tentang tablet. Yang cocok bagi satu orang mung-kin terlalu besar atau terlalu kecil bagi yang lain, jadi penting untuk me ngetahui ukuran yang ada, dan bagaimana Anda akan menggunakannya. 

5. Ruang Penyimpanan 

iPad dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 16, 32, atau 64 GB, dan apa yang Anda lihat adalah apa yang An-da dapatkan. Salah satu keluhan terbesar yang pernah muncul tentang tablet Apple adalah tidak ada cara untuk menambah ruang penyimpanan, selain membeli iPad baru dan yang lebih mahal. Jika media penyimpanan removable begitu penting, Anda perlu mencari tablet yang memiliki slot kartu SD atau microSD. 

Untungnya, sebagian besar tablet Android dan Windows 7 memiliki fitur ini.Namun, kapasitas penyimpanan internal juga tetap harus diperhatikan, karena dapat membatasi banyaknya aplikasi yang dapat Anda instalasi. Tab Galaxy dilengkapi dengan ruang penyim-panan internal sebesar 16 atau 32 GB dan slot microSD. Tablet Windows 7, seperti bModo, bebannya lebih berat, tapi dilengkapi dengan i tur seperti dua port USB yang memungkinkan untuk koneksi hard drive eksternal. Tablet CTL Windows 7 dilengkapi dengan hard drive 250 GB, sehingga mampu menyimpan file jauh lebih banyak, dan lebih besar dari model Apple dan Android. Jika Anda bisa memilih antara penyim-panan mekanik (Hard Disk Drive atau HDD) dan solid state drive (SSD), lebih baik pilih solid state, karena lebih tenang dan membutuhkan daya lebih sedikit sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai. Meskipun lebih mahal, tapi lebih andal, dan beratnya lebih ringan dibandingkan dengan HDD yang sangat sesuai untuk komputer tablet. 

6. Masa Pakai Baterai 

Salah satu daya jual terkuat iPad adalah umur baterai. Baterai iPad bisa digu-nakan 10 sampai 12 jam, bahkan kadang lebih. Samsung mengklaim Tab Galaxy bisa digunakan untuk memutar video dei nisi tinggi selama tujuh jam, atau 10 jam untuk ”tugas yang lebih enteng”. Be-berapa tablet Windows 7 kurang menge-sankan dalam hal ini. Menjalankan sistem operasi yang lebih canggih yang mampu melakukan multitasking berat bisa membuat baterai cepat habis. Anda mungkin terkesan dengan semua i tur-i tur ekstra pada tablet CTL Win-dows 7, tapi ia hanya bisa bertahan selama dua jam lebih sedikit ketika me-mutar video dei nisi standar (pada daftar spesikasinya, CTL. diklaim mempunyai masa pakai baterai ”hingga lima jam”). Jika ingin tablet yang terus menyala seperti kelinci Energizer, Anda mungkin tertarik dengan Apple dan Android. 

Masa pakai baterai setidaknya harus bertahan hingga 4 jam, karena sebagian besar waktu Anda akan bekerja jauh dari meja. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda berencana untuk menggu-nakan komputer tablet dalam rapat. 

7. Konektivitas 

Keputusan lain yang harus dibuat adalah apakah Anda ingin tablet yang 3G atau Wi-Fi saja. iPad datang dengan dua pilihan, begitu juga pesaingnya. Tablet yang Wi-Fi saja memang harganya lebih murah, tapi tablet yang 3G (yang juga bisa menggunakan Wi-Fi) menawarkan l eksibilitas lebih. Namun ingat, layanan 3G membutuhkan biaya tambahan (mu-lai dari 50 ribu per bulan, tergantung pada operator). Jika sudah memiliki layanan 3G pada ponsel, Anda bisa membeli tablet yang Wi-Fi saja, dan menghubungkannya ke 3G melalui Wi-Fi, daripada membeli layanan data tambahan. Atau jika Anda hanya berniat untuk menggunakan tablet di rumah saja, dapat menghubungkan ke jaringan wireless Anda sendiri. Sekali lagi, ini tergantung pada kebutuhan pe-makaian Anda. Konektivitas sama pentingnya dengan mobilitas. Jika memungkinkan pilih komputer tablet yang menyediakan port USB, port Video Output, Bluetooth, dan optical drive, sebisa mungkin pilih konektivitas yang menyamai laptop. 

8. Open atau Closed? 

Beberapa orang lebih memilih platform open source seperti Android, yang me-mungkinkan pengaturan konfigurasi dan user interface yang lebih beragam, dan penggunaan aplikasi dari berbagai sumber tanpa memerlukan persetujuan vendor atau operator. Yang lain suka konsistensi produk Apple: Anda selalu tahu persis apa yang Anda dapatkan. Perusahaan mengontrol ketat distribusi aplikasi, apa yang boleh diinstal, dan perubahan yang boleh Anda lakukan terhadap tampilan dan pengoperasian perangkat

Ini benar-benar masalah kesukaan pribadi, tapi bisa menjadi pertimbangan penting dalam memilih tablet yang te-pat untuk Anda. Dalam hal operating system, yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Windows Komputer tablet Edition. Sebelum menggunakan operating system selain Windows, coba pertanyakan kembali, dan lakukan riset untuk meyakinkan Anda. 

9. Pilihan Input 

Tablet seperti iPad telah terbukti men-jadi perangkat yang cocok untuk me-lihat konten, tapi kurang cocok untuk membuatnya. Keyboard onscreen -nya sangat tidak nyaman untuk mengerjakan dokumen yang panjang, dan antarmuka sentuhnya, meskipun cocok untuk ba-nyak hal, bagi yang lain bisa membuat frustasi. Namun, iPad menyediakan dock untuk keyboard kabel, atau dapat meng-gunakan keyboard wireless Bluetooth.

Beberapa tablet mempermudah dan mempercepat penggunaan keyboard onscreen dengan memasukkan teknologi Swype . Mungkin memerlukan sedikit latihan untuk menggunakannya, tapi banyak dari mereka yang menggunakan Swype menyatakan bahkan mereka tidak akan membeli tablet tanpa itu. 

Banyak tablet Android dan Windows yang menyertakan port USB, yang me-mungkinkan Anda untuk memasang keyboard dan/atau perangkat input USB lainnya. Anda bisa menggunakan perin-tah suara pada iPad jika di -jailbreak , tapi ini membatalkan garansi. Untuk pasar Android tersedia aplikasi Vlingo; tapi apakah itu bekerja pada tablet berbasis Android masih harus dilihat. Semua tablet edisi Windows 7 sudah dilengkapi dengan fungsi perintah suara dan pendiktean. Dengan asumsi tablet memiliki mikrofon, Anda dapat meng-gunakan i tur ini. Namun, karena belum ada kritik mengenai hal ini, kita harus menunggu untuk mengetahui dengan pasti. 

10. Apakah Harganya Pantas? 

iPad yang dibanderol mulai dari US$ 499 (Wi-Fi saja, ruang penyimpanan 16 GB) sampai US$829 (3G, ruang penyim-panan 64 GB), jauh lebih mahal dari netbook yang paling murah. Samsung Galaxy Tab diumumkan dengan banderol harga US$600 (3G, ruang penyimpanan 16 GB dengan microSD slot ekspansi). Sementara itu, tablet CTL dengan Windows 7 Home Premium dibanderol dengan harga US$ 549. Untuk Windows 7 Professional, Anda akan dikenai biaya tambahan US$55. 

11. Kamera 

Salah satu hal yang sering disebutkan se-bagai i tur yang hilang pada iPad adalah kamera. Meskipun bentuknya agak besar jika digunakan untuk memotret, iPad cocok untuk konferensi video, sehingga seharusnya perlu dilengkapi dengan ka-mera depan. 

Jika ingin mengambil gam-bar atau video conference dengan tablet Anda, Anda mungkin akan melewatkan produk Apple untuk saat ini. Jika Anda sudah mempunyai smart-phone , kebanyakan sudah memiliki kamera dengan resolusi lebih tinggi dari tablet dan lebih mudah digunakan untuk memotret; sehingga yang Anda butuhkan pada tablet mungkin hanya kamera depan. 

Galaxy Tab mempunyai dua kamera, kamera belakang 3 MP dengan l ash dan kamera depan 1,3 MP. Namun, ada juga yang tidak memiliki kamera depan. Tablet CTL memiliki webcam 1,3 MP (menghadap ke depan), tapi tidak ada kamera belakang. 

12. Aplikasi 

Sama seperti ketika memilih smartphone, yang menjadi pertimbangan besar bagibanyak orang adalah aplikasi yang terse-dia untuk platform tablet. Apple App Store menawarkan ratusan ribu aplikasi, sebagian besar bisa dijalankan di iPad serta iPhone, tapi yang dibuat khusus un-tuk iPad jumlahnya lebih kecil. Aplikasi yang dibuat untuk iPhone mungkin tidak dapat tampil dengan baik di iPad. Pasar Android memiliki puluhan ribu aplikasi yang tersedia untuk teleponnya, dan sebagian besar dipastikan akan dikonversi ke format tablet. Tentu saja, tablet Windows 7 dapat menjalankan se-bagian besar aplikasi yang ditulis untuk versi desktop. Memilih operating system tablet akan sangat tergantung pada aplikasi yang tersedia, dan itu bukan tentang berapa banyak yang tersedia, tapi apakah bisa mendapatkan yang Anda inginkan. 

13. Kompatibilitas 

Bagi sebagian besar pengguna, tablet bukanlah satu-satunya perangkat yang mereka gunakan. Walaupun semakin banyak orang yang hidup nyaman di dunia yang multi-platform, beberapa lebih suka konsistensi dari perangkat ke perangkat. Jika Anda menggunakan Mac dan iPhone misalnya, Anda mungkin lebih suka iPad. Jika Anda menjalankan Linux pada desktop, dan menelepon dengan Droid, tablet berbasis Android mungkin akan lebih cocok. Jika Anda seorang pengguna Windows, tablet Windows 7 akan memberikan suasana yang lebih akrab. Isu kompatibilitas lainnya adalah operator seluler. Jika ingin tablet 3G, Anda harus membeli yang kompatibel dengan operator seluler pilihan Anda. Tab Gala-xy akan tersedia dalam versi GSM dan CDMA, tapi iPad lebih terbatas karena tidak bekerja pada jaringan CDMA.

Sumber : pcmedia 03/2011

1 comment :

  1. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat