Manfaat Kedelai Dan Resikonya Bagi Kesehatan

Saturday, September 08, 2012

Manfaat Kedelai Dan Resikonya Bagi Kesehatan

manfaat kedelai
Kedelai merupakan kacang-kacangan yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kedelai adalah dapat menjauhkan pengkonsumsinya terhindar dari risiko kanker. Kedelai mengandung protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Kedelai punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Tapi akhir-akhir ini banyak penelitian yang justru menunjukkan adanya “sisi gelap” dari kedelai bagi kesehatan kita. Israel dan Jerman telah mengeluarkan peringatan terhadap konsumsi makanan kedelai untuk anak-anak dan bayi. Selandia Baru juga mengingatkan bahwa susu formula kedelai untuk bayi seharusnya hanya digunakan sebagai pilihan terakhir. Sampai saat ini, ketiga negara tersebut adalah negara yang punya peraturan tegas terhadap konsumsi kedelai.

"Kedelai sangat berat dipasarkan sebagai makanan sehat," kata Daniel Kaayla, PhD, Ahli Gizi dan penulis bukuThe Dark Side of Soy. "Tetapi kenyataannya adalah, kita punya ratusan penelitian tentang bagaimana pengaruh kedelai terhadap gizi, sistem kekebalan tubuh, masalah kesehatan reproduksi, gangguan pencernaan, beberapa jenis kanker, dan banyak lagi,” ungkap Daniel. 

Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa kedelai dalam jumlah sedang, terutama tempe, miso, dan sumber kedelai lainnya dengan tingkat yang relatif rendah isoflavon, dapat bermanfaat. Berikut adalah melihat beberapa kondisi kedelai dapat mempengaruhi kesehatan Anda seperti yang dilansir Everydayhealth :

Fungsi tiroid

Hypothyroidism sering disebut sebagai risiko terbesar dari konsumsi kedelai. Hanya 30 gram kedelai per hari selama 30 hari menghasilkan masalah tiroid pada pria dewasa dan wanita sehat, demikian sebuah studi di Aichi Medical University di Jepang menemukan. Kedelai adalah salah satu dari banyak faktor yang menempatkan resiko pada tiroid, dan kita tahu dari banyak penelitian bahwa hanya satu gelas susu kedelai per hari cukup untuk menyebabkan masalah tiroid.

Alergi

Penyebab gatal, peradangan, gatal-gatal, dan bahkan anafilaksis mematikan, kedelai merupakan salah satu dari delapan alergen teratas dalam pasokan makanan, demikian laporan FDA. Karena masalah dan peningkatan tingkat alergi kedelai, FDA mulai meminta produsen makanan untuk mencetak kandungan kedelai dalam label pada setiap makanan dengan semua jenis kedelai.

Risiko Reproduksi

Beberapa studi, termasuk satu baru-baru ini yang dilakukan di University of Geneva Medical School, telah menghubungkan isoflavon dalam kedelai untuk jumlah sperma menurun dan efek samping seksual pada tikus yang diteliti. Namum banyak yang meragukan penelitian pada tikus tersebut, banyak yang berpendapat manusia dan tikus adalah dua hal yang berbeda, begitu juga takaran kedelai yang dikonsumsi keduanya.

Turunkan risiko kanker payudara

Prof. Shaw Watanabe M.D, Ph.D, ahli micronutrient dari Soy Nutrition Institute Japan menjelaskan bahwa beberapa penelitian kedelai menunjukkan bahwa protein dan isoflavon yang terkandung dalam kedelai dapat mengurangi resiko kanker payudara pada wanita hingga 20 persen. Bahkan resiko yang diturunkan ini lebih tinggi lagi pada wanita menopause. 

Kanker dan kedelai merupakan salah satu isu kesehatan yang paling panas saat ini. Beberapa studi, termasuk satu yang melacak hampir 100.000 wanita di California selama delapan tahun, telah menemukan bahwa konsumsi kedelai menurunkan risiko kanker ovarium atau payudara. Sebuah studi kedua yang melacak 64.000 perempuan Jepang selama 15 tahun terkait konsumsi produk kedelai, khususnya tahu, angka kematian terhadap kanker ovarium mengalami penurunan.

Turunkan risiko kanker prostat

Kandungan protein dan isoflavon pada kedelai dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker prostat hingga 20 persen. Isoflavon yang merupakan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Isoflavon melindungi tubuh dari kanker seperti rahim, payudara, dan prostat. 

Di sisi lain, beberapa studi telah menghubungkan konsumsi kedelai yang dapat membuat kambuhnya kanker payudara, artinya jika seorang wanita sudah memiliki kanker payudara, ada kemungkinan untuk datang kembali jika dia makan kedelai dalam porsi besar. Mark Messina, MD, yang merupakan Penasihat kepada Dewan Kedelai AS, mengatakan studi telah menghubungkan konsumsi kedelai dengan penurunan risiko kanker prostat, namun penelitian terbaru di Swedia menyimpulkan sebaliknya.

Kesehatan jantung dan berat badan

Satu hal yang semua setuju tentang kedelai adalah bahwa produk kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik untuk menjaga tubuh ramping Anda. Jika Anda memilih kedelai ketimbang sumber daging tinggi lemak sebagai protein, Anda akan memiliki sedikit kalori dan sedikit lemak jenuh, sehingga akan lebih banyak pilihan sehat untuk jantung. Jika Anda melakukannya dengan benar, makan rendah kalori produk kedelai ketimbang produk hewani dapat membantu mengelola berat badan Anda. Juga bila mengkonsumsi kedelai secara teratur dapat menurunkan kolesterol jahat LDL.

Menopause

Pada beberapa wanita, isoflavon kedelai meningkatkan gejala menopause, seperti hot flashes. Di sisi lain, kedelai hanya memperburuk gejala, dan pengaruhnya terhadap setiap orang akan berbeda beda.

Demikian beberapa manfaat kedelai dan resikonya bagi kesehatan. Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung.

2 comments :

  1. Baru tahu kalau mengkonsumsi Kacang Kedelai ternyata punya resiko juga ya sobat.
    Sebelumnya saya hanya tahu kalau Kacang Kedelai itu banyak manfaatnya bagi kesehatan kita.

    ReplyDelete

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat