Menggunjing Atau Ghibah

Friday, September 21, 2012

Menggunjing Atau Ghibah

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tahukah kalian, apa itu ghibah." Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: "Yaitu, engkau menceritakan saudaramu apa yang tidak ia suka." Ada yang bertanya: Bagaimana jika apa yang aku katakan benar-benar ada pada saudaraku?. Beliau menjawab: "Jika padanya memang ada apa yang engkau katakan, maka engkau telah mengumpatnya dan jika tidak ada, maka engkau telah membuat kebohongan atasnya." Riwayat Muslim.
bahaya ghibah
Gosip
Berkata Imam Ibnu Katsir, “Sungguh telah datang peringatan yang sangat keras tentang Ghibah. Oleh karena itu Alloh menyerupakannya dengan memakan daging manusia yang sudah menjadi bangkai. Sebagaimana kalian membenci makan daging bangkai, bencilah ghibah karena agama. Sesungguhnya balasan ghibah lebih keras dari sekedar yang demikian”

Tidak diragukan lagi ghibah hukumnya haram, berdasarkan dalil berikut :

Firman Allah Ta'ala : Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang ( Al Hujuraat 49 : 12).

Imam Nawawi mengatakan, “Ghibah adalah engkau menyebutkan orang lain dengan sesuatu yang ia benci, baik dalam hal badan, agama, dunia, rupa, akhlak, harta, anak-anaknya, dan lain-lain yang berhubungan dengan dirinya. Sama saja engkau menyebutkannya, dengan ucapan, tulisan, isyarat mata, kepala dsb’ (Al Adzkar hal.288).

Imam Nawawi mengatakan, Ghibah (bergunjing) dan Namimah (mengadu domba) diharamkan menurut kesepakatan kaum Muslimin. Dalil keharaman kedua nya sangat tegas dan jelas berdasarkan Al-Quran, As -Sunnah, dan kesepakatan umat. (Al – Adzkar hal 288)

Bahaya ghibah / gosib : 

1. Merusak kehormatan seorang Muslim.

Kehormatan seorang muslim dalam Islam sangatlah terjaga. Tidak dibenarkan bagi siapapun merusak dan mengganggu kehormatannya tanpa alasan syar’i. Orang yang menggunjing saudaranya berarti telah membicarakan dan mengganggu kehormatan seorang Muslim, dan hal itu dilarang. 

2. Dosa yang tidak ringan.

Seringkali kita jumpai seseorang mengucapkan kalimat yang menurutnya sepele, padahal hakikatnya dia telah terjatuh dalam Ghibah. Ternyata ucapan ringan bisa membawa dosa besar.

3. Mendapat siksa yang pedih

4. Kebiasaan orang Munafik

5. Ibarat memakan daging saudaranya

6. Aroma busuk orang yang mengghibah

7. Diberi tempat tinggal di neraka

8. Rasulullah bersabda : “Barangsiapa membicarakan sesuatu yang tidak ada pada diri sesorang muslim, Alloh akan menempatkannya di neraka sampai dia mencabut perkataannya".
(HR Abu dawud 3597, Ahmad 2/70, Hakim 2/27, dishahihkan Al Albani dalam ash Shahihah 438)

9. Sebab tergelincir ke dalam Neraka

10. Lebih jelek dari memakan bangkai Hewan.



سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat