Penyebab Dan Memperlancar Sembelit

Sunday, September 30, 2012

Penyebab Dan Memperlancar Sembelit

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Konstipasi atau Sembelit adalah adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.
Anatomi saluran pencernaan
Anatomi Pencernaan
Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya

Konstipasi dibagi menjadi dua jenis, yakni konstipasi primer dan sekunder. Konstipasi primer merupakan konstipasi fungsional atau tidak ditemukannya kelainan organik di dalam tubuh setelah dilakukannya pemeriksaan. Sedangkan konstipasi sekunder biasanya disebabkan penyakit lain.

Konstipasi atau sembelit bisa membuat perut terasa tidak nyaman. Ada banyak penyebab konstipasi, seperti kurang gerak, menahan buang air besar, stres, dan tentunya pilihan asupan makanan yang kurang tepat. Apa saja makanan yang bisa membantu pembuangan ampas makanan Anda lebih lancar

Makanan yang memperlancar konstipasi diantaranya adalah :
  1. Padi-padian
    setiap hari mengkonsumsi ini lebih dari 6 ons padi-padian akan membantu memperlancar pengeluaran kotoran dlm perut. Yang termasuk ini antara lain : serealia, roti, dan bahan makanan yang mengandung tepung (jagung, kacang polong, kentang, dan kacang lima).
  2. Buah dan sayuran
    Pilih variasi dari kentang manis, apel, buah beri, aprikot, persik, pir, jeruk, prune, jagung, kacang polong, wortel, tomat, bayam, brokoli, dan kembang kol. Untuk mencegah konstipasi makanlah buah apel, kismis sama pisang setelah makan utama
  3. Perbanyak serat
    Serat adalah bagian makanan yang tak bisa dicerna oleh perut, karenanya ia akan menambah massa kotoran dan menstimulasi usus untuk mendorong kotoran tersebut. Serat bisa ditemukan secara alami pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan (namun makanan yang sudah diproses bisa mengurangi kandungan seratnya). Saat ini, asupan serat yang disarankan dalam sehari adalah antara 20-35 gram, namun, dalam kesehariannya, kita hanya makan antara 10-15 gram.
  4. Madu
    Coba asup 1 sendok makan madu, tiga kali sehari, secara langsung atau dicampur dalam air hangat. Atau, Andajuga bisa mencampur 1 sendok teh cuka apel dengan 1 sendok teh madu di dalam satu gelas air hangat. Perlu diingat, madu sangat tinggi kalori, jadi jangan gunakan campuran ini setiap hari, cukup sesekali saja.
  5. Kopi
    Kopi pahit dan makanan pahit lainnya bisa menstimulasi saluran pencernaan. 
  6. Minyak nabati
    Minyak ini bisa membantu melubrikasi usus perut Anda. Asup 2-3 sendok makan per hari, hingga masalah konstipasi Anda teratasi, jangan minum setiap hari.
  7. Air putih
    Mengasup setidaknya 8 gelas air per hari tak hanya membantu kesehatan Anda secara umum, tetapi juga membantu melembutkan usus sehingga kotoran bisa bergerak lebih lancar
Penyebab utama konstipasi atau pemicu sembelit Berikut beberapa di antaranya : 
  1. Kurang cairanKurang mengonsumsi cairan bisa menyebabkan tinja menjadi keras sehingga sulit dikeluarkan. Minum sedikitnya 8 gelas cairan sehari. 
  2. CokelatAda beberapa studi yang mengaitkan antara cokelat dengan terjadinya sembelit meski pada beberapa orang konsumsi cokelat justru membantu melancarkan BAB. Bila Anda termasuk penggemar cokelat, Anda bisa mulai menguranginya. 
  3. Kehamilan dan persalinanKonstipasi termasuk masalah yang sering dikeluhkan ibu hamil. Biasanya kondisi ini masih akan terus berlanjut pasca persalinan. Gangguan BAB ini terjadi karena melemahnya otot-otot perut atau efek samping dari obat pereda nyeri. 
  4. Terlalu banyak dagingPola makan yang rendah serat dan tinggi lemak seperti daging, telur atau keju bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Karena itu penuhi pula kebutuhan tubuh akan serat dengan mengonsumsi cukup sayuran dan buah. 
  5. VitaminVitamin secara umum tidak akan menyebabkan konstipasi, tetapi beberapa jenis komponen seperti kalsium dan zat besi bisa jadi pemicu. 
  6. Pereda nyeri dan antidepresanPenelitian menunjukkan, orang yang sering mengalami sembelit kebanyakan adalah pengguna obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Konstipasi juga terkait dengan antidepresan golongan serotonin reuptake inhibitor (SSRI). 
  7. HipotiroidHipotiroid atau tidak aktifnya kelenjar tiroid akan memperlambat proses metabolik tubuh dan usus. Tidak semua penderita hipotiroid akan mengalami konstipasi namun biasanya dokter akan meminta pasien konstipasi kronik untuk mengecek kadar tiroidnya. 
  8. DiabetesDiabetes yang tidak dikendalikan bisa menyebab kerusakan saraf yang berpengaruh pada kemampuan tubuh mencerna makanan. 
  9. Kurang olahraga Gaya hidup kurang bergerak juga bisa memicu konstipasi. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. 
Ada beberapa makanan populer yang harus Anda hindari jika Anda ingin jauh dari sembelit, seperti dikutip Healthmeup berikut ini: 
  1. Makanan olahan : Apakah itu adalah makanan beku atau burger dan pizza, makanan ini akan membuat pagi hari Anda terasa sulit terutama saat harus buang air besar. Pada beberapa makanan yang diawetkan dan siap saji, nutrisi penting yang terkandung pada makanan tersebut akan hilang. Makanan olahan memiliki sedikit serat, dan apabila makanan ini dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu lama maka akan membuat sistem pencernaan tidak nyaman. 
  2. Biskuit : Biskuit adalah makanan yang tinggi gula dan lemak. Makanan ini mungkin akan lebih nikmat jika disajikan bersamaan dengan teh atau kopi, tapi kandungan seratnya sangat kurang. Gula dapat memicu timbunan lemak di paha Anda, tetapi juga dapat menjadi penyebab sembelit. Untuk mengatasinya, sebaiknya imbangi dengan asupan serat, bisa dari buah atau sayuran. 
  3. Daging merah : Jika Anda mengkonsumsi daging kambing atau sapi secara teratur, tanpa disertai sayuran, Anda mungkin berada pada risiko mengalami sembelit. Biasakan untuk menyertakan salad atau sayuran ketika Anda berencana untuk mengonsumsi daging. Ingat, tubuh manusia membutuhkan waktu sekitar 90 jam untuk mencerna sebagian daging. 
  4. Kafein : Minum kopi memang dibutuhkan untuk memacu semangat dan memulai aktivitas di pagi hari. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa kandungan kafein pada kopi dapat memicu dehidrasi pada tubuh manusia, sementara dehidrasi sendiri adalah salah satu penyebab utama sembelit. Jika Anda pecandu kafein, lebih baik untuk mengurangi dan menambahnya dengan makanan kaya serat. 
  5. Makanan berminyak : Keripik dan makanan cepat saji memang sangat menggoda bahkan untuk mereka yang bertekad mengadopsi pola makan sehat. Tetapi makanan tinggi akan minyak dan asin dapat membawa Anda pada risiko lebih tinggi terkena beberapa masalah kesehatan pencernaan, terutama bila Anda memasuki peralihan dari usia 20-an ke 30-an. Makanan yang digoreng dan direndam dalam minyak seperti kentang goreng dapat memperlambat proses pencernaan. Namun tidak perlu khawatir, Anda dapat memerangi kecanduan anda dengan memastikan cukup minum air dan makan sayuran sebelum atau sesudahnya. 
  6. Produk susu : Kandungan lemak jenuh dan komponen serat yang hampir tidak ada menjadi alasan kenapa produk susu masuk ke dalam makanan yang patut Anda waspadai. Jika Anda mengalami sembelit, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi keju dan susu dari sarapan Anda dan menggantinya dengan oatmeal atau yogurt.

sumber health.discovery.com, Health, healthmeup.com

6 comments :

  1. hm,, keren artikelnya sob..
    dan templatenya keren juga..

    #Salam sahabat dari saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makash ats kunjungannya gan, biasa sj cm modifan sendiri...

      Delete
  2. TOP..
    terus share artikel yg bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya Mas info kesehatannya....luar biasa nih buat mencegah seblum terjadinya sembelit.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat