Perbedaan Cyanocobalamin dengan hydroxocobalamin (Vitamin B12)

Wednesday, September 19, 2012

Perbedaan Cyanocobalamin dengan hydroxocobalamin (Vitamin B12)

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Vitamin B12, disebut juga kobalamin, adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam berfungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B. Umumnya, vitamin ini terlibat dalam metabolisme setiap sel dalam tubuh, terutama pengaruhnya pada sintesis dan regulasi DNA serta pada sintesis asam lemak dan produksi energi.
cyanocobalamin dan hydroxocobalamin
Vitamin B12
Vitamin B12 memiliki dua macam jenis yaitu Cyanocobalamin dan hydroxocobalamin, Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging, ikan, dan produk susu. Orang tua berusia 75 dan di atas lebih rentan terhadap kekurangan Vitamin B12 bila dibanding dengan orang muda.
Seberapa penting Vitamin B12 ke tubuh kita? Ia bekerja dengan folat untuk membangun materi genetik tubuh yang merupakan DNA. Ini membantu dalam menurunkan persentase penyakit jantung dengan menjaga kadar homosistein yang tepat dari tubuh, jenis asam amino. 

Hal ini juga penting dalam produksi oksigen yang membawa darah yang merupakan sel-sel darah merah. Dengan jumlah yang tepat dari sel-sel darah merah, jaringan tubuh akan mendapatkan cukup dari pasokan oksigen yang sangat penting dalam fungsi sistem tubuh masing-masing. 

Berikut ini Perbedaan antara Cyanocobalamin dan hydroxocobalamin : 

Cyanocobalamin 
  • Buatan manusia 
  • Ini berfungsi untuk mencegah memiliki kadar rendah vitamin B12, Vitamin ini penting untuk menjaga metabolisme tubuh, sel-sel darah, dan saraf. 
  • Orang yang mendapatkan kekurangan ini adalah mereka yang memiliki masalah pencernaan saat ini, sangat miskin kebutuhan nutrisi, pasien kanker, pasien HIV, ibu hamil, orang tua, dan peminum alkohol, Orang vegetarian juga bisa memperoleh kekurangan ini. 
  • Tingkat yang sangat rendah konsumsi vitamin B12 mungkin dapat mengakibatkan anemia, masalah gastrointestinal, dan kerusakan saraf yang serius. 
  • Cyanocobalamin adalah obat over-the-counter. Ikuti petunjuk paket obat mengenai dosis yang tepat dan kapan harus mengambilnya. Jika Anda memiliki keraguan, berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat. Hindari mengambil dosis besar vitamin C karena ini menurunkan penyerapan tingkat vitamin B12 dalam tubuh 

Hydroxocobalamin 
  • Adalah bentuk alami dari vitamin B12. Hal ini juga berfungsi untuk mengobati kekurangan Vitamin B12 
  • Manfaat dari kebutuhan vitamin B12 ini untuk perawatan hydroxocobalamin ketika seseorang menjalani operasi usus karena ada tingkat penyerapan lebih rendah dari Vitamin B12 setelah operasi. 
  • Injeksi Hydroxocobalamin juga dapat mengobati anemia pernisiosa, suatu kondisi di mana ada berkurangnya jumlah sel darah merah. 
  • Membantu dalam pengobatan degenerasi saraf optik yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. 

Demikian beberapa Perbedaan antara Cyanocobalamin dengan Hydroxocobalamin, Jika anda membutuhkan vitamin B12 ini alangkah baiknya berkonsultasi dengan apoteker atau dokter untuk memberikan tindakan pencegahan yang diperlukan.

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat