Sulit Tidur Pengaruh Gadget

Sunday, September 09, 2012

Sulit Tidur Pengaruh Gadget

Kebanyakan orang pernah mengalami susah atau sulit tidur karena adanya beban pikiran yg terlalu berat harus ditanggungnya sendirian. Merasa kurang tidur dan lelah belakangan ini? Coba perhatikan, apakah Anda memiliki tablet PC atau smartphone alias ponsel pintar? Jika ya, maka kemungkinan besar Anda dibuat sulit tidur akibat dua perangkat mobile canggih tersebut. 
insomnia
Ya, berdasar penelitian yang dilakukan tim riset Lighting Research Center (LCR) di Rensselaer Polytechnic Institute, menatap layar monitor backlit terus menerus akan membuat sulit tidur. Mengapa? Sebab ternyata monitor backlit, yakni monitor yang mampu memunculkan cahaya sendiri pada display elektronik, jika diekspos selama lebih dari dua jam, akan menekan produksi hormon melatonin. 

Seperti kita ketahui, hormon melatonin adalah hormon yang menimbulkan rasa kantuk. Apabila jumlah produksi melatonin berkurang, otomatis rasa kantuk pun berkurang. Pengurangan jumlah melatonin ini paling banyak terjadi pada remaja. Maka jangan heran jika banyak remaja merasa sulit tidur di malam hari karena seharian keasyikan dengan iPad atau Galaxy Tab-nya, demikian menurut Mariana Figueiro, direktur LCR. 

Studi telah membuktikan bahwa dua jam saja mata kita terekspos pada monitor backlit, maka dapat mengurangi produksi melatinin hingga 22%, Stimulasi macam ini dapat berefek pada kebiasaan tidur mereka yang banyak menggunakan perangkat tersebut. 

Bagaimana mengatasi masalah ini? Padahal kita makin lama makin tergantung pada perangkat-perangkat elektronik macam itu? Yaitu dengan cara mematikan perangkat seperti tablet dan smartphone di malam hari, agar kita tidak terlalu terekspos dengan layar monitornya. Dan jangan lupa cobalah berbagi dengan orang terdekatmu siapa tahu mereka punya ide, masukan atau jalan keluar yang baik. Selain itu yang tidak kalah penting Curhatlah sama Allah karena Dia yang membuat masalah untukmu Dia juga yang punya jalan keluar terbaik untuk kita.

referensi : mashable.com

2 comments :

  1. Kalau saya sie sob,sulit tidur karena nge-blog....nice share sobat and happy blogging...

    ReplyDelete
  2. Wa saya baru tahu mas... kalau efek alat2 elektronik dapat menyebabkan sulit tidur....
    Kalau gitu hati-hati aja la.....

    ReplyDelete

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat