Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Sulit Tidur Pengaruh Gadget

Kebanyakan orang pernah mengalami susah atau sulit tidur karena adanya beban pikiran yg terlalu berat harus ditanggungnya sendirian. Merasa kurang tidur dan lelah belakangan ini? Coba perhatikan, apakah Anda memiliki tablet PC atau smartphone alias ponsel pintar? Jika ya, maka kemungkinan besar Anda dibuat sulit tidur akibat dua perangkat mobile canggih tersebut. 
insomnia
Ya, berdasar penelitian yang dilakukan tim riset Lighting Research Center (LCR) di Rensselaer Polytechnic Institute, menatap layar monitor backlit terus menerus akan membuat sulit tidur. Mengapa? Sebab ternyata monitor backlit, yakni monitor yang mampu memunculkan cahaya sendiri pada display elektronik, jika diekspos selama lebih dari dua jam, akan menekan produksi hormon melatonin. 

Seperti kita ketahui, hormon melatonin adalah hormon yang menimbulkan rasa kantuk. Apabila jumlah produksi melatonin berkurang, otomatis rasa kantuk pun berkurang. Pengurangan jumlah melatonin ini paling banyak terjadi pada remaja. Maka jangan heran jika banyak remaja merasa sulit tidur di malam hari karena seharian keasyikan dengan iPad atau Galaxy Tab-nya, demikian menurut Mariana Figueiro, direktur LCR. 

Studi telah membuktikan bahwa dua jam saja mata kita terekspos pada monitor backlit, maka dapat mengurangi produksi melatinin hingga 22%, Stimulasi macam ini dapat berefek pada kebiasaan tidur mereka yang banyak menggunakan perangkat tersebut. 

Bagaimana mengatasi masalah ini? Padahal kita makin lama makin tergantung pada perangkat-perangkat elektronik macam itu? Yaitu dengan cara mematikan perangkat seperti tablet dan smartphone di malam hari, agar kita tidak terlalu terekspos dengan layar monitornya. Dan jangan lupa cobalah berbagi dengan orang terdekatmu siapa tahu mereka punya ide, masukan atau jalan keluar yang baik. Selain itu yang tidak kalah penting Curhatlah sama Allah karena Dia yang membuat masalah untukmu Dia juga yang punya jalan keluar terbaik untuk kita.

referensi : mashable.com

Tren Blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Perintah Orang Tua Yang Tidak Boleh Ditaati

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Khitan

Shalat Sunnah Intidhar

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan