Tips Menciptakan Kualitas Tidur

Sunday, September 02, 2012

Tips Menciptakan Kualitas Tidur

Banyak orang menyinggung soal “persiapan tidur”, yakni mencipatakan lingkungan tidur yang sempurna. Sebenarnya, mengatur lingkungan untuk tidur bisa dilakukan dengan tip yang dikutip dari buku Menjadi Remaja Sehat terbitan Mizan.
tidur nyenyak
  1. Ruang yang sejuk dan gelap adalah lingkungan terbaik. Suhu dan kegelapan tersebut memberikan sinyal kepada kelenjar pineal untuk memulai produksi melatonin yang membuat Anda tertidur. 
  2. Sebaiknya tidak ada komputer, ponsel, atau makanan di tempat tidur. Idealnya, tempat tidur hanya digunakan untuk tidur, bukan untuk kantor atau restoran. 
  3. Timbulkan suara-suara lembut yang bisa membantu Anda untuk tidur. Bahkan, suara kipas angin pun bisa membantu Anda tertidur pulas. 
  4. Kenakan pakaian tidur (piyama). Pakaian tidur sebaiknya tidak yang ketat dan tidak menyebabkan alergi. Banyak orang menganggap tidur menjadi lebih mudah di ruangan yang lebih sejuk, tetapi jika kaki Anda kedinginan, justru akan membuat Anda sulit tidur. 
  5. Redupkanlah cahaya untuk beberapa saat sebelum waktu tidur untuk menghindari rangsangan yang disebabkan oleh polusi cahaya buatan, seperti dari televisi, komputer, dan lampu 

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat