Cara Menjaga Kesehatan Payudara

Wednesday, October 10, 2012

Cara Menjaga Kesehatan Payudara

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Ada beberapa yang perlu diperhatikan untuk menjaga payudara agar tetap sehat dan terhindar dari kanker payudara. Berikut ini kiat-kiat hidup sehat dan deteksi dini untuk kesehatan payudara diantaranya :

1. Jaga berat badan 

Usahakan agar berat badan anda tidak berlebih, karena bila terjadi kegemukan akan meningkatkan resiko kanker payudara dan menurunkan risiko harapan hidup untuk melawan penyakit ini. 

2. Olahraga 

Olahraga secara teratur akan mencegah penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun tubuh dan menurunkan level estrogen dan insulin.

3. Kurangi alkohol 

Karena dalam ajaran islam dilarang maka janganlah mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena berdasarkan penelitian menunjukkan kebiasaan minum alkohol meski dalam jumlah sedikit bisa meningkatkan risiko kanker payudara sampai 21 persen. Sebagai gantinya, konsumsi jus anggur segar.karena jus anggur mengandung Resveratrol yang berguna untuk mengurangi kadar estrogen.

4. Konsumsi sayur 

Konsumsi sayur baik mentah maupun olahan karena sayur mengandung sulforphane yang bisa mencegah sel kanker bertambah banyak, atur pola makan dengan kandungan rendah lemak

5. Pelajari riwayat keluarga 

Kanker payudara bisa diturunkan oleh keluarga sekitar 15 persen kasus kanker payudara, Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit ini, risiko Anda meningkat dua kali lipat.Untuk itu lakukan pemeriksaan secara berkala.

6. Periksa teratur 

Untuk yang satu ini sebelumnya sudah dibahas pada Deteksi Dini Kanker Payudara Menggunakan Alat tehnologi Kesehatan. Bisa dilihat ke Deteksi dini kanker Payudara

7. Pertimbangkan tes genetik 

Bila anda khususnya wanita kemungkinan beriso tinggi terhadap kanker payudara sebaiknya melakukan tes genetik yaitu untuk mengetahui mutasi gen BRCA.

Sumber : Womens Health

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat