Makanan Pencegah Kanker Payudara

Sunday, October 07, 2012

Makanan Pencegah Kanker Payudara

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Kanker payudara adalah sel yang tumbuh dalam jaringan payudara umumnya diderita pada kaum wanita, dimana sel tadi berkembang dan tumbuh secara tidak normal, cepat dan tidak terkendali, akibat dari suatu kondisi sel yang telah kehilangan pengendalian dan  mekanisme pertahanan diri dari normalnya. untuk mencegah dan menghindari resiko kanker payudara alangkah baiknya menjaga pola makanan dengan cara diet yang sehat, mengkonsumsi jenis makanan yang berkhasiat sebagai pencegah kanker payudara.
Jenis makanan pencegah kanker
Makanan Sehat

Ada beberapa makanan yang bisa mencegah terjadinya perkembangan kanker diantaranya sebagai berikut :


1. Jamur


Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutrition and Cancer pada tahun 2010 menyatakan, kebiasaan mengonsumsi jamur lebih tinggi dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara di kalangan perempuan yang pra-menopause. Cremini, tiram dan jamur shiitake, mengandung antioksidan seperti L-ergothioneine, yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.


2. Brokoli kecambah (broccoli sprouts)


Brokoli kecambang memiliki kandungan tinggi sulforaphane yang merupakan bentuk antioksidan.

3. Buah delima


Biji delima mengandung senyawa asamellagic - suatu antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara juga mampu mempromosikan kesehatan jantung. Anda bisa mendapatkan antioksidan dari jus delima murni dengan minum satu cangkir (250 ml) per hari.

4. Lentil


Sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2009 menganalisis pola diet lebih dari 3.500 perempuan Asia-Amerika dan menemukan bahwa asupan tinggi kacang polong, yang meliputi lentil dan kacang-kacangan lainnya, dikaitkan dengan risiko kanker payudara lebih rendah. 


5. Kenari


Data awal menunjukkan bahwa ngemil sekitar 60 gram kenari setiap hari bisa menghentikan perkembangan tumor kanker payudara. Peneliti dari West Virginia Marshall University School of Medicine menduga kandungan omega-3, antioksidan dan pitosterol pada kenari sebagai aktor yang menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Bluberi

Penelitian menunjukkan bahwa pterostilbene, suatu phytonutrisi dalam blueberry, dapat menghentikan pertumbuhan tumor kanker payudara dengan menyebabkan sel kanker menghancurkan diri sendiri (suatu proses yang disebut apoptosis). 


7. Bayam

Bayam mempunyai kandungan tinggi folat (sumber terbaik adalah bayam) memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengidap kanker payudara


8. Telur


Kolin, nutrisi yang terdapat dalam kuning telur, dapat menurunkan risiko perempuan menderita kanker payudara sebesr 24 persen, menurut sebuah studi AS yang melibatkan lebih dari 3.000 responden. US Institute of Medicine merekomendasikan, perempuan harus memenuhi sekitar 425 miligram kolin per hari. Beberapa sumber-sumber lain dari kolin diantaranya ikan, unggas, daging sapi, brokoli dan gandum.


9. Ikan salmon


Salmon banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah sel-sel menjadi kanker, Para peneliti di Toronto Mount Sinai Hospital mengatakan bahwa peningkatan vitamin D yang berasal dari sinar matahari dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara sebesar 24%. Konsumsi ikan salmon segar atau kalengan di mana kaya kandungan asam docosahexaenoic (DHA), omega-3 dapat membunuh sel kanker payudara dan membantu menghentikan penyebaran penyakit ke bagian lain dari tubuh.


10. Roti gandum hitam

Roti yang mengandung gandum dapat mencegah terjadinya kanker karena mengandung beberapa serat, lignan, vitamin, mineral dan asam fitat phytonutrisi.



Demikianlah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kanker payudara, semoga bermanfaat


Mencegah lebih baik daripada mengobati!!!!!.......


Sumber : besthealthma

2 comments :

  1. tips yang bagus gan,,

    meski saya lelaki, mungkin ada beberapa makanan juga yang baik untuk dikonsumsi pria.


    #Kunjungan Balik dari Majalah Siantar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan kecil laki-laki jg bisa kena kanker payudara...trims atas kunjunganya.

      Delete

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat