Obat Yang Harus Dihindari Bayi

Saturday, October 27, 2012

Obat Yang Harus Dihindari Bayi

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Seorang bayi sangat membutuhkan perhatian orang tua khususnya pada ibunya untuk memberikan ASInya, bayi sangat rentan sekali twerhadap suatu penyakit karena daya tahan tubuh seorang bayi sangat rentan atau lemah terhadap berbagai macam kuman penyakit.
jenis obat
Obat
Bila sikecil menderita sakit, sebaiknya lebih berhati-hati saat memberikan obat-obatan terlebih dahulu konsultasikan ke ahli pengobatan untuk memberikan petunjuk pengobatanya agar tidak salah dalam pemberian obat meskipun obat tersebut obat herbal.

Berikut ini jenis-jenis obat yang harus dihindari pemberianya kepada bayi antara lain : 

1. Aspirin 
Obat ini bisa menyebabkan sindrom Reye yang bisa menyebabkan rusaknya ginjal dan otak. Jenis golongan obat ini diantaranya salisilat atau asamasetilsalisilat yang gunanya untuk demam. Bila anak menderita demam sebaiknya berikan yang mengandung paracetamol atau ibuprofen untuk anak diatas 6 bulan sesuai dengan dosisnya
2. Obat batuk dan flu yang dijual bebas 
Berdasarkan hasil penelitian obat tersebut sering tidak menyembuhkan bahkan berbahaya karena kelebihan dosis yang tidak sesuai. Juga akan timbul efek samping misalnya mengantuk, sakit perut, ruam, peningkatan denyut nadi bila terjadi gejala tersebut patut diwaspadai. 
3. Obat antimual 
Jangan pernah memberikan bayi obat anti mual kecuali atas rekomendasi dari dokter anak. Gejala mual dan kembung pada bayi biasanya berlangsung hanya sementara sehingga tubuh bayi dapat mengatasinya tanpa ada obat-obatan. Obat ini bisa menyebabkan komplikasi diantaranya bayi mengalami muntah 
4. Obat Dewasa 
Jangan sekali-kali memberikan obat ini untuk bayi anda, ini sangat tidak dianjurkan walaupun hanya dengan dosis sekecil mungkin 
5. Obat yang diresepkan untuk anak lain 
Tiap anak atau bayi tidak sama satu dengan yang lain walaupun sakitnya sama termasuk saudaranya sendiri untuk itu berikan berdasarkan resep yang atas namanya saja. 
6. Obat kadaluarsa 
Bila sudah kedapatan obat kadaluarsa segera buang obat tersebut, ataupun obat yang sudah berubah warna dan timbul jamur 
7. Ekstra asetaminofen 
Obat ini berfungsi sebagai perega demam dan nyeri, sebelum memberikan obat ini sangat dianjurkan untuk konsultasikan ke dokter 
8. Obat kunyah 
Obat ini bisa menyebabkan tersedak pada bayi dan anak, untuk terlebih dahulu bila mau memberikanya usahakan untuk digerus dahulu atau dicampur pada makanan lembut. 

Demikian beberapa jenis obat yang harus dihindari bayi dalam pemberianya jika sibayi tersebuit menderita sakit. Semoga bermanfaat.

Sumber babycenter.com

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat