Rokok, Kenapa Diperdebatkan

Thursday, October 04, 2012

Rokok, Kenapa Diperdebatkan

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

Sanggahan Atau Alasan Bagi Perokok

bahaya rokok
Rokok
Berikut ini beberapa alasan jika sesorang sudah kecanduan yang namanya rokok, bila seseorang diingatkan untuk tidak merokok alasanpun bermacam-macam, kami tidak melarang anda merokok tapi hormati yang tidak merokok. orang yang tidak merokokpun akan mendapati dampaknya karena sebagai perokok pasif. Berikut banyak alasanya :

1. Merokok mati, ga merokok jg mati. jadi mending merokok sampai mati?

Anak kecil jg tahu kalau tiap manusia pasti bakal mati biarpun dia tdk merokok. tp apa kita sbg manusia ga ada usaha sama sekali bt menjaga kesehatan dgn tidak merokok salah satu caranya. Hidup ini amanah dari tuhan, kita hrs bersyukur dgn menjaga dan menggunakannya sebaik-baiknya.

2. Kakek saya sampai umur 90 tahun masih tetp sehat padahal dia merokok ?

Orang dahulu beda dgn jaman skrg. orang dl sedikit terpapar polusi, kemana-mana jalan kaki, makanannya jg ga neko-neko lbh byk sayur ama buah. Nah org skrg kmn2 naik motor, olahrga aja ga pernah, semua dimakan, plusi jg dmn-mn baik air, tanah, udara, jd kemungkinan kena penyakit jg lbh besar.

3. kalau rokok ga ada, petani tembakau bisa tambah miskin ?

Perlu diketahui bahwa org yg ga pny kebun tembakau aja jg bs hidup layak, bahkan byk petani selain tembakau jg bs hidup lbh sukses. Jadi jgn takut ga ada kerjaan jika pabrik rokok harus tutup. 

4. Negara akan rugi jika pabrik rokok ditutup karena cukai dari rokok cukup besar ?

Justru negara lbh rugi jika org msh merokok, krn saat ini pemerintah sedang menggaungkan pengobatan gratis bagi masyarakat tidak mampu. Nah padahal sekitar 80% perokok Indonesia justru berasal dari keluarga tidak mampu. Berapa byk org sakit jantung, paru-paru, kanker, stroke yg disebabkan krn rokok?? justru beban pemerintah menjadi jauh lbh besar ketimbang penghasilan dari cukai rokok krn harus menanggung biaya pengobatan Gratis bagi mereka.

5. Ini hidup gue, terserah gue mau merokok, itu bukan urusan elo ? uang-uang gw, bukan rokok mencuri.

Kita ini peduli sama kamu, bukan kita mau melarang. kita cm ga mau km sakit krn rokok, krn kita ini tahu benar penyakit yg ditimbulkan akibat rokok. Kita tiap hari bertemu dgn pasien2 yg sekarat krn sesak nafas, kena stroke, harus menjalani kemoterapi akibat kanjker, dimana itu semua akibat kebiasaan mereka merokok sebelumnya.

6. Gue ngerokok kan ga ganggu situ ?

Kata siapa ga ganggu, coba tanya org sebelah kamu pas ngerokok pasti klo diberikan keberanian mereka akan berteriak. Bang-bang !!!! jangan ngerokok disini donk !!! Perlu kamu tahu bahwa mereka yg tak merokok jg berisiko besar utk terkena penyakit akibat rokok krn mereka menjadi perokok pasif.

7. Ngerokok emang boros, tp nyatanya byk yg ga ngerokok jg hidupnya tetap melarat?

Rejeki, hidup dan mati itu udah ada yg atur. Rejeki byk sedikit ga tergantung dari kita ngerokok atau ngga'. Tapi cb berpikir klo km hidup udah susah ditambah harus mengeluarkan uang utk merokok bukannya hdp km akan semakin susah. harusnya uang bs dibelikan susu bt anak, beras bt makan malah habis bt rokok. Emg rokok itu bs bkin km kenyang ??? Oke mgkin km kenyang. tp ap tega lihat anak kelaparan, kurang gizi, istri kesusahan?

8. Gw susah mau berhenti merokok, udah nyoba tp gagal terus ?

Asalkan ada niat pasti BISA!!!! secara narkoba yg nyatanya sifatnya lbh adiktif/ bikin nyandu aja org bisa sembuh. Seharusnya rokok jg bisa!!! yg ptg kembali pd niat demi kesehatan, dan demi org2 yg mencinbtai dan peduli dgn kita.

9. Kalo sakit ya berobat, gw pny uang kok bt berobat ?

Bukankah lbh baik mencegah daripada mengobati ? iya klo diobati nanti sembuh, nah klo malah bablas. Penyakit kanker, jantung, stroke, saat ini menjadi penyakit yg menyebabkan kematian tertinggi. Kondisi penyakit tersebut semakin diperberat apa bila anda adalah seorang perokok.

10. Gw ngerokok tp gw tetep bs pny anak, kehidupan seksual gw jg baik-baik aja dan jauh dari impotensi ?

Ga semua org trus jadi mandul/impoten gara2 ngerokok, tp semua itu ada prosesnya. Terutama terjadinya impotensi yg biasanya kebanyakan diderita oleh mereka yg berumur 40 thn keatas. Hal ini biasanya dipicu dari timbulnya penyakit tertentu seperti jantung dan diabetes dimana penyakit ini semakin diperberat jika anda merokok. 

11. Siapa bilang rokoik haram ??? banyak kok kyai2 yg merokok ???

Kyai juga manusia, mereka jg bs tergoda, dan bukan berarti kyai itu manusia paling sempurna didunia. Kali ini saya tidak mau berdebat tenbtang halal , makruh atau haram, saya hanya akan menyampaikan apa yg saya percaya bahwasanya merokok itu haram. bagi anda yg menyangkal itu menjadi hak anda sepenuhnya.

Berikut akan kami kemukakan beberapa fatwa dari para ulama terkemuka tentang hukum rokok : 

Merokok hukumnya haram, begitu juga memperdagangkannya. Karena didalamnya terdapat sesuatu yang membahayakan, telah diriwayatkan dalam sebuah hadits :

لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ أخرجه الإمام أحمد في المسند ومالك في الموطأ وابن ماجة
Tidak (boleh melakukan/menggunakan sesuatu yang) berbahaya atau membahayakan” (Riwayat Ahmad dalam Musnadnya, Malik dan Atturmuzi).

Demikian juga (rokok diharamkan) karena termasuk sesuatu yang buruk (khabaits), sedangkan Allah ta’ala (ketika menerangkan sifat nabi-Nya Shalallahu 'alaihi wassalam) berfirman: 

الَّذِينَ يَتَّبِعُونَ الرَّسُولَ النَّبِيَّ الأُمِّيَّ الَّذِي يَجِدُونَهُ مَكْتُوبًا عِندَهُمْ فِي التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيلِ يَأْمُرُهُم بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَآئِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَالأَغْلاَلَ الَّتِي كَانَتْ عَلَيْهِمْ فَالَّذِينَ آمَنُواْ بِهِ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَاتَّبَعُواْ النُّورَ الَّذِيَ أُنزِلَ مَعَهُ أُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ 
(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung. (Al A’raf : 157)

“Merokok diharamkan, begitu juga halnya dengan Syisyah, dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا 
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu(An-Nisa : 29)

وَأَنفِقُواْ فِي سَبِيلِ اللّهِ وَلاَ تُلْقُواْ بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوَاْ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik(Al-Baqarah : 195)

Dunia kedokteran telah membuktikan bahwa mengkonsumsi barang ini dapat membahayakan, sama saja dengan bunuh diri secara tak langsung, dan jika membahayakan maka hukumnya haram. Dalil lainnya adalah firman Allah ta’ala:

(وَلاَ تُؤْتُوا السُّفَهَاءَ أَمْوَالَكُمْ الَّتِى جَعَلَ اللهُ لَكُمْ قِيَامًا ( النساء : 5
Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan..” (An Nisa:5)

Kita dilarang menyerahkan harta kita kepada mereka yang tidak sempurna akalnya karena pemborosan yang mereka lakukan. Tidak diragukan lagi bahwa mengeluarkan harta untuk membeli rokok atau syisyah merupakan pemborosan dan merusak bagi dirinya, maka berdasarkan ayat ini hal tersebut dilarang.

Sunnah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam juga menunjukkan pelarangan terhadap pengeluaran harta yang sia-sia, dan mengeluarkan harta untuk hal ini (rokok dan syisyah) termasuk menyia-nyiakan harta. 

Demikian beberapa alasan atau sanggahan seseorang jika sedang kecanduan rokok, kami mohon maaf jika tulisan ini membuat anda merasa terganggu. Karena sama sekali tidak ada niat untuk menggurui dan mendekte anda kami hanya berbagi bila ini ada manfaatnya ambilah jika tidak ada abaikan saja. pesan terakhir dari artikel ini hormati yang tidak merokok jika anda ingin dihormati sebaliknya. dan ingat kesehatan amat mahal harganya dibanding dengan sakit.

sumber : dr. Wahyu Triasmara


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat