Beberapa Kesalahan Manfaat Air Kelapa

Tuesday, January 15, 2013

Beberapa Kesalahan Manfaat Air Kelapa



بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Air Kelapa Muda

Tahukah anda? Air kelapa bisa mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk bermacam-macam menyembuhkan beberapa penyakit seperti menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi ginjal, mengobati alergi, mengurangi kelelahan atau lainya tetapi apakah benar demikian? 

beberapa kesalahan manfaat air kelapa
Air Kelapa Muda
Air kelapa muda dikenal sebagai minuman yang menyehatkan karena tempatnya terdapat didalam buah kelapa yang terlindungi kulit kelapa (tempurung kelapa) yang tebal sehingga menjadi minuman yang steril dari  segala kontaminasi.

Berdasarkan penuturan Prof. DR. Made Astawan, MS, secara umum, air kelapa mengandung 2,6% gula, 0,55% protein, 0,74% lemak, 0,46% mineral, dan mengandung glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beberapa jenis kelapa tertentu mengandung kadar gula sebesar 3% pada air kelapa tua, dan 5,1% pada air kelapa muda. maka air kelapa muda lebih manis dan segar daripada air kelapa tua.


Kandungan mineral terbanyak berupa kalium (potasium) dalam air kelapa muda sangat tinggi mencapai 730 mg/100gram begitu pula kandungan magnesium dan klorida, sedangkan natrium jumlahnya sedikit. Didalam air kelapa juga terdapat asam amino dan vitamin, mengandung komponen fitokimia berupa tanin; tanin bersifat antibakteri yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri. Air kelapa mempunyai komposisi zat gizi isotonik yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas sehari-hari yang ringan saja.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diluruskan dan diperhatikan oleh orang awam mengenai manfaat air kelapa :

1. Bantu turunkan berat badan 

Hal ini sering disalahartikan bahwa air kelapa bisa membantu menurunkan BB, tetapi yang sebenarnya air kelapa ini jika diminum secara berlebihan akan mengakibatka diare. memang setelah diare berat badan turun atau berkurang, cara ini kurang tepat untuk diet sehat mendapatkan berat badan yang ideal, tetapi air kelapa ini bisa digunakan sebagai stimulan jika terjadi sembelit untuk membantu proses kelancaran saluran pencernaan.

2. Lebih bernutrisi ketimbang susu full cream 

Jika dibandingkan dengan susu, air kelapa tidak sebanding dengan susu karena air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja, tidak seperti kandungan gizi dalam susu yaitu terdiri dari protein yang kaya, lemak, karbohidrat, dan gula serta mengandung beberapa vitamin dan mineral yang meliputi vitamin B komplek, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium.

3 Bantu sistem kekebalan tubuh 

Anggapan ini juga salah karena untuk meningkatkan kekebalan tubuh dibutuhkan beberapa zat gizi dari beberapa variasi makanan yang mengandung gizi seimbang. Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan juga membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Sistem imunitas dalam tubuh adalah sistem yang sangat kompleks. 

4. Bantu obati/cegah batu ginjal 

Air kelapa ini hanya bisa mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal bukan sebagi obat untuk menyembuhkan batu ginjal. Bilamana untuk mengegah pembentukan batu ginjal gukup minum air dan cairan, cairan ini bisa didapat dari air kelapa, air mineral dll

5. Pulihkan rasa pusing akibat mabuk 

Mabuk karena akibat minuman beralkohol secara berlebihan segera dinetralkan dengan cara minum air yang mengandung gula bukan menggunakan air kelapa, yang selama ini disalah artikan bahwa air kelapa dapat memulihkan rasa pusing akibat mabuk. Kenapa harus diminumkan dengan air yang mengandung gula? karena air yang mengandung gula dapat cepat masuk kedalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh terhadap alkohol.

semoga pemahaman dalam kekeliruan atau kesalahan manfaat air kelapa ini bermanfaat bagi kita semua, bahwa air kelapa adalah cairan seperti isotonik yang berguna sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas yang ringan.

sumber sehatnews.com

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat