Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Tata Cara Shalat : Duduk Attahiyyat Awal Dan Bacaan Tasyahhud



بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Tata Cara Sholat

Duduk At-tahiyyat awal
tata cara shalat duduk attahiyyat awal dan bacaan tasyahhud
Duduk At-tahiyyat Awal

Duduk at-tahiyyat awwal dan dalil isyarah dengan telunjuk

عَنْ اَبِى حُمَيْدٍ اَنَّهُ قَالَ … فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ اْليُسْرَى وَ نَصَبَ اْليُمْنَى، فَاِذَا جَلَسَ فِى الرَّكْعَةِ اْلأَخِيْرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ اْلاُخْرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ. البخارى، فى نيل الاوطار
Dari Abu Humaid, ia berkata, "….. Maka apabila beliau SAW duduk pada dua reka’at, (at-tahiyyat awwal), beliau duduk pada kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya. Dan apabila duduk pada rekaat yang akhir (duduk at-tahiyyat akhir) beliau menjulurkan kakinya yang kiri dan menegakkan yang lain (kakinya yang kanan) dan beliau duduk pada tempat duduk beliau". [HR. Bukhari, Nailul Authar juz 2, hal. 306]

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: ... وَ كَانَ يَقُوْلُ فِى كُلّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ. وَ كَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ اْليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اْليُمْنَى. مسلم
Dari 'Aisyah, ia berkata, "..... Dan adalah beliau SAW membaca at-tahiyyat pada setiap dua reka’at. Dan beliau duduk pada kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan". [HR. Muslim juz 1, hal. 357].

عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ يَدَيْهِ عَلَى رُكْبَتَيْهِ وَ رَفَعَ اُصْبُعَهُ الْيُمْنَى الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ فَدَعَا بِهَا، وَ يَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ بَاسِطُهَا عَلَيْهَا، وَ فِى لَفْظٍ كَانَ اِذَا جَلَسَ فِى الصَّلاَةِ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَ قَبَضَ اَصَابِعَهُ كُلَّهَا وَ اَشَارَ بِاُصْبُعِهِ الَّتِى تَلِى اْلاِبْهَامَ وَ وَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى. احمد و مسلم و النسائى فى نيل الاوطار
Dari Ibnu 'Umar, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW apabila duduk dalam shalat (duduk at-tahiyyat) beliau meletakkan dua tangannya pada dua lututnya dan mengangkat jarinya yang kanan yaitu jari yang disebelahnya ibu jari (jari telunjuk), lalu beliau berdo'a dengannya. Sedangkan tangannya yang kiri pada lututnya yang kiri dengan menghamparkan padanya". Dan dalam satu lafadh, "Adalah beliau SAW apabila duduk di dalam shalat (duduk at-tahiyyat), meletakkan tapak tangannya yang kanan pada pahanya yang kanan dan menggenggam jari-jarinya semuanya, dan beliau berisyarat dengan jarinya, yaitu jari yang sebelahnya ibu jari (jari telunjuk). Dan beliau meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya yang kiri". [HR. Ahmad, Muslim dan Nasai, Nailul Authar juz 2, hal. 316]

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ قَالَ فِى صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ ص: ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى، وَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَ رُكْبَتِهِ الْيُسْرَى، وَ جَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلاَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى، ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ اَصَابِعِهِ وَحَلَّقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ اُصْبُعَهُ فَرَاَيْتُهُ يُحَرّكهُاَ يَدْعُوْبِهَا. احمد و النسائى و ابو داود، فى نيل الاوطار
Dari Waail bin Hujr, bahwasanya ia berkata dalam menerangkan shalatnya Rasulullah SAW, "Kemudian beliau SAW duduk dengan duduk pada kakinya yang kiri, dan meletakkan tapak tangannya yang kiri pada pahanya dan lututnya yang kiri dan menjadikan ujung sikunya yang kanan pada pahanya yang kanan. Kemudian menggenggam dua jarinya (jari manis dan jari kelingking) dan membentuk lingkaran (dengan menghubungkan jari tengah dengan ibu jari) kemudian beliau mengangkat (berisyarat) dengan jarinya (jari telunjuk), maka saya melihat beliau menggerak-gerakkannya dan berdo'a dengannya”. [HR. Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Nailul Authar juz 2, hal. 315]

Keterangan :
  • Dalam sanad hadits Waail ini ada seorang rawi yang dicela, yaitu ‘Ashim bin Kulaib, namun celanya tersebut tidak sampai menjadikan hadits tersebut dlaif.
  • Dengan adanya riwayat yang berbeda tersebut, yang satu menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menggerak-gerakkan jari telunjuknya ketika tasyahhud, dan yang lain tidak menyebutkan “menggerak-gerakkan telunjuknya”, di sini bisa dipahami bahwa terkadang beliau menggerak-gerakkan telunjuknya, dan kadang-kadang tidak.

Bacaan tasyahhud

Di dalam duduk at-tahiyyat, kita membaca tasyahhud.

عَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: عَلَّمَنِى رَسُوْلُ اللهِ ص اَلتَّشَهُّدَ كَفّى بَيْنَ كَفَّيْهِ كَمَا يُعَلّمُنِى السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ: اَلتَّحِيَّاتُ للهِ وَ الصَّلَوَاتُ وَ الطَّيّبَاتُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَاالنَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ. الجماعة، نيل الاوطار
Dari Ibnu Mas'ud, ia berkata, "Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada saya dengan kedua tangan beliau memegang tapak tanganku sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur'an kepadaku, beliau membaca Attahiyyaatu lillaah washsholawaatu wath-thoyyibaat. Assalaamu 'alaika ayyuhan-nabiyyu warohmatulloohi wa barokaatuh assalaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish-shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallooh wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluh (Segala kehormatan kepunyaan Allah, begitu pula segala ibadah dan segala yang baik-baik. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi, begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya)". [HR. Jama'ah, Nailul Authar juz 2, hal. 310]

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُعَلّمُنَا التَّشَهُّدَ كَمَا يُعَلّمُنَا السُوْرَةَ مِنَ اْلقُرْآنِ، فَكَانَ يَقُوْلُ: اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيّبَاتُ للهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِىُّ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَ عَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ.مسلم و ابو داود فى نيل الاوطار
Dari Ibnu Abbas, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW mengajarkan tasyahhud kepada kami sebagaimana beliau mengajarkan surat Al-Qur'an kepada kami. Dan adalah beliau membaca Attahiyyaatul mubaarokaa-tush-sholawaatuth-thoyyibaatu lillaah As-salaamu 'alaika ayyuhannabiyyu wa rohmatulloohi wa barokaatuh. As-salaamu 'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish-shoolihin Asyhadu allaa ilaaha illallooh wa asyhadu anna muhammadar rasuulullooh (Segala kehormatan, segala berkah, segala 'ibadah dan segala yang baik-baik itu kepunyaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepada-mu wahai Nabi, dan begitu pula rahmat Allah dan berkah-Nya. Mudah-mudahan keselamatan dilimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang shalih-shalih. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah)". [HR. Muslim dan Abu Dawud, Nailul Authar juz 2, hal. 313]

Keterangan :
Di samping itu masih ada lagi lafadh-lafadh bacaan tasyahhud yang lain yang tidak disebutkan disini.

Bacaan Shalawat dalam tahiyat

Mengenai bacaan shalawat diantaranya sebagai berikut :

عَنْ اَبِى مَسْعُوْدٍ اْلاَنْصَارِىّ قَالَ: اَتَانَا رَسُوْلُ اللهِ ص وَ نَحْنُ فِى مَجْلِسِ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ، فَقَالَ لَهُ بَشِيْرُ بْنُ سَعْدٍ: اَمَرَنَا اللهُ تَعَالَى اَنْ نُصَلّيَ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، فَكَيْفَ نُصَلّى عَلَيْكَ؟ قَالَ: فَسَكَتَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى تَمَنَّيْنَا اَنَّهُ لَمْ يَسْأَلْهُ، ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: قُوْلُوْا: اَللّهُمَّ صَلّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ اِبْرَاهِيْمَ. وَ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ اِبْرَاهِيْمَ، فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. وَ السَّلاَمُ كَمَا قَدْ عَلِمْتُمْ. مسلم
Dari Abu Mas’ud Al-Anshari, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah datang kepada kami, yang pada waktu itu kami berada di majlisnya Sa’ad bin ‘Ubadah”. Lalu Basyir bin Sa’ad bertanya kepada beliau, “Ya Rasulullah, Allah Ta’ala telah memerintahkan kepada kami supaya membaca shalawat kepadamu, lalu bagaimana caranya kami membaca shalawat kepadamu ?”. (Abu Mas’ud) berkata, “Maka Rasulullah SAW diam, sehingga kami menginginkan sekiranya dia tidak menanyakannya”. Kemudian Rasulullah SAW menjawab, “Ucapkanlah Alloohumma sholli ‘alaa muhammad wa ‘alaa aali muhammad, kamaa shollaita‘alaa aali ibroohiim, wa baarik ‘alaa muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohiim. Fil ‘aalamiina innaka hamiidum-majiid.(Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Dan berilah berkah kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada keluarga Nabi Ibrahim. Di dalam semesta alam ini, sesungguhnya Engkau lah yang Maha Terpuji lagi Maha Mulia)”, sedangkan (bacaan) salam sebagaimana yang telah kalian ketahui. [HR. Muslim 1 : 305].

عَنِ الْحَكَمِ قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ اَبِى لَيْلَى قَالَ: لَقِيَنِى كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ فَقَالَ: اَلاَ اُهْدِى لَكَ هَدِيَّةً؟ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُوْلُ اللهِ ص فَقُلْنَا: قَدْ عَرَفْنَا كَيْفَ نُسَلّمُ عَلَيْكَ. فَكَيْفَ نُصَلّى عَلَيْكَ؟ قَالَ: قُوْلُوْا: اَللّهُمَّ صَلّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ اِبْرَاهِيْمَ، اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ، اَللّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ اِبْرَاهِيْمَ، اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. مسلم
Dari Hakam, ia berkata : Saya mendengar Ibnu Abu Laila mengatakan : Ka’ab bin ‘Ujrah pernah bertemu saya, lalu ia berkata, “Maukah kamu saya beri hadiah ? Rasulullah SAW pernah datang kepada kami”. Lalu kami berkata, “(Ya Rasulullah), kami telah mengetahui bagaimana mengucapkan salam kepadamu. Lalu bagaimana caranya kami mengucapkan shalawat kepadamu ?”. Beliau SAW menjawab, “Ucapkanlah Alloohumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa shollaita ‘alaa aali Ibroohiim, innaka hamiidum majid. Alloohumma baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad kamaa baarokta ‘alaa aali Ibroohiim, innaka hamiidum majiid”. (Ya Allah, berilah shalawat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah berilah berkah kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia)”. [HR. Muslim 1 : 305].

Di samping itu masih ada lafadh-lafadh shalawat yang lain yang tidak disebutkan disini.


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Shalat Idul Fithri Dan Idul Adlha

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan