Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Durhaka Kepada Orang Tua

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ

Larangan Durhaka Kepada Kedua Orang Tua

Yang dimaksud dengan durhaka kepada kedua orang tua ialah tidak mau mentaati perintahnya yang baik-baik, melakukan hal-hal yang dibencinya, membuat sakit hatinya dengan kata-kata maupun perbuatan, menghina dan merendahkannya. 

Firman Allah SWT : 

وَ قَضى رَبُّكَ اَلاَّ تَعْبُدُوْآ اِلاَّ اِيَّاهُ وَ بِاْلوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا، اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ اْلكِبَرَ اَحَدُهُمَا اَوْ كِلهُمَا فَلاَ تَقُلْ لَّهُمَآ اُفّ وَّ لاَ تَنْهَرْ هُمَا وَ قُلْ لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيْمًا. الاسراء:23 
Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. [QS. Al-Israa' : 23]

وَ الَّذِيْ قَالَ لِوَالِدَيْهِ اُفّ لَّكُمَآ اَتَعِدَانِنِيْ اَنْ اُخْرَجَ وَ قَدْ خَلَتِ اْلقُرُوْنُ مِنْ قَبْلِيْ، وَ هُمَا يَسْتَغِيْثنِ اللهَ وَيْلَكَ امِنْ، اِنَّ وَعْدَ اللهِ حَقٌّ، فَيَقُوْلُ مَا هذَآ اِلآَّ اَسَاطِيْرُ اْلاَوَّلِيْنَ. اُولئِكَ الَّذِيْنَ حَقَّ عَلَيْهِمُ اْلقَوْلُ فِيْ اُمَمٍ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمْ مّنَ اْلجِنّ وَ اْلاِنْسِ، اِنَّهُمْ كَانُوْا خسِرِيْنَ. الاحقاف:17-18 
Dan orang yang berkata kepada dua orang ibu bapaknya, “Cis, bagi kamu keduanya, apakah kamu memperingatkan kepadaku bahwa aku akan dibangkitkan, padahal sungguh telah berlalu beberapa ummat sebelumku?". Lalu kedua ibu bapaknya itu memohon pertolongan kepada Allah seraya mengatakan, “Celaka kamu, berimanlah! Sesungguhnya janji Allah adalah benar". Lalu dia berkata, “Ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu belaka". Mereka itulah orang-orang yang telah pasti ketetapan (adzab) atas mereka bersama ummat-ummat yang telah berlalu sebelum mereka dari jin dan manusia. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi. [QS. Al-Ahqaf : 17-18

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ اَبِى بَكْرَةَ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: كُنَّا عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَ: اَلاَ اُنَبّئُكُمْ بِاَكْبَرِ اْلكَبَائِرِ؟ ثَلاَثًا. َاْلاِشْرَاكُ بِاللهِ وَ عُقُوْقُ اْلوَالِدَيْنِ. وَ شَهَادَةُ الزُّوْرِ. اَوْ قَوْلُ الزُّوْرِ. وَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص مُتَّكِئًا فَجَلَسَ. فَمَا زَالَ يُكَرّرُهَا حَتَّى قُلْنَا: لَيْتَهُ سَكَتَ. مسلم 1: 91 
Dari ‘Abdur Rahman bin Abu Bakrah dari ayahnya, ia berkata : Dahulu kami sedang di sisi Rasulullah SAW, lalu beliau bersabda, “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang sebesar-besar dosa besar?". Beliau mengulanginya tiga kali. Beliau SAW bersabda, “Mensekutukan Allah dengan sesuatu, durhaka kepada kedua orang tua dan menjadi saksi palsu atau berkata bohong". Pada waktu itu beliau dalam keadaan bersandar, kemudian beliau duduk tegak dan beliau mengulang-ulang kalimat itu, sehingga (di dalam hati) kami berkata, “Semoga beliau diam". [HR. Muslim juz 1, hal. 91] 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْكَبَائِرُ: َاْلاِشْرَاكُ بِاللهِ وَ عُقُوْقُ اْلوَالِدَيْنِ وَ قَتْلُ النَّفْسِ وَ اْليَمِيْنُ اْلغَمُوْسُ. البخارى 7: 228 
Dari Abdullah bin 'Amr, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Dosa-dosa besar ialah mensekutukan Allah dengan sesuatu, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh orang, dan sumpah palsu". [HR. Bukhari juz 7, hal. 228] 

عَنْ اَنَسٍ عَنِ النَّبِيّ ص فِى اْلكَبَائِرِ قَالَ: اَلشّرْكُ بِاللهِ وَ عُقُوْقُ اْلوَالِدَيْنِ وَ قَتْلُ النَّفْسِ وَ قَوْلُ الزُّوْرِ. مسلم 1: 91 
Dari Anas, dari Nabi SAW, beliau bersabda tentang dosa-dosa besar, “Menyekutukan Allah dengan sesuatu, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh orang dan berkata dusta". [HR. Muslim juz 1, hal. 91] 

عَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ اَنَّ نَبِيَّ اللهِ ص قَالَ: اَرَأَيْتُمُ الزَّانِيَ وَ السَّارِقَ وَ شَارِبَ اْلخَمْرِ، مَا تَقُوْلُوْنَ فِيْهِمْ؟ قَالُوْا: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. قَالَ: هُنَّ فَوَاحِشُ وَ فِيْهِنَّ عُقُوْبَةٌ. اَلاَ اُنَبّئُكُمْ مَا اَكْبَرُ اْلكَبَائِرِ؟ َاْلاِشْرَاكُ بِاللهِ، ثُمَّ قَرَأَ: وَ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللهِ فَقَدِ افْتَرى اِثْمًا عَظِيْمًا، وَ عُقُوْقُ اْلوَالِدَيْنِ، ثُمَّ قَالَ: اُشْكُرْ لِيْ وَ لِوَالِدَيْكَ اِلَيَّ اْلمَصِيْرُ. وَ كَانَ مُتَّكِئًا فَاحْتَفَزَ فَقَالَ: وَ قَوْلُ الزُّوْرِ. الطبرانى فى الكبير 18: 140 
Dari ‘Imran bin Hushain bahwasanya Nabiyyullah SAW bersabda, “Bagaimana pendapat kalian tentang pezina, pencuri dan peminum khamr?". Mereka (para shahabat) menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu". Beliau bersabda, “Itu adalah perbuatan keji dan pelakunya akan mendapat siksa. Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang dosa-dosa yang paling besar?. Yaitu : Menyekutukan Allah dengan sesuatu. Kemudian beliau membaca ayat (yang artinya) "Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar". [An-Nisaa' : 48]. Dan durhaka kepada kedua orang tua. Lalu beliau membaca ayat (yang artinya) "Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu" [Luqman : 14]. Ketika itu beliau duduk bersandar, lalu beliu duduk tegak dan bersabda, “Dan berkata dusta”. [HR. Thabrani di dalam Al-Kabir juz 18, hal. 140] 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ اْلعَاصِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مِنَ اْلكَبَائِرِ شَتْمُ الرَّجُلِ وَالِدَيْهِ. قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ هَلْ يَشْتِمُ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ؟ قَالَ: نَعَمْ، يَسُبُّ اَبَا الرَّجُلِ فَيَسُبُّ اَبَاهُ وَ يَسُبُّ اُمَّهُ فَيَسُبُّ اُمَّهُ. مسلم 1: 92 
Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Termasuk dosa-dosa besar ialah seseorang mencaci maki kepada kedua orang tuanya". Mereka (para shahabat) bertanya, “Ya Rasulullah, apakah ada seseorang mencaci maki kedua orang tuanya?". Beliau SAW bersabda, “Ya, ada. Seseorang mencaci maki ayah orang lain, lalu orang lain itu membalas mencaci maki ayah orang itu dan seseorang mencaci maki ibu orang lain, lalu orang lain itu membalas mencaci maki ibunya". [HR. Muslim juz 1, hal. 92] 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ مِنْ اَكْبَرِ اْلكَبَائِرِ اَنْ يَلْعَنَ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ. قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَ كَيْفَ يَلْعَنُ الرَّجُلُ وَالِدَيْهِ؟ قَالَ: يَسُبُّ الرَّجُلُ اَبَا الرَّجُلِ فَيَسُبُّ اَبَاهُ وَ يَسُبُّ اُمَّهُ. البخارى 7: 69 
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya termasuk sebesar-besar dosa besar adalah seseorang melaknat kedua orang tuanya". Beliau ditanya, “Ya Rasulullah, bagaimana ada seseorang melaknat kedua orang tuanya?". Beliau bersabda, “Seseorang mencaci maki ayah orang lain, lalu orang lain tersebut membalas mencaci maki ayah orang itu. Dan seseorang mencaci maki ibu orang lain, (lalu orang lain itu membalas mencaci maki ibunya)". [HR. Bukhari juz 7, hal. 69] 

Durhaka kepada orang tua akan disegerakan hukumannya

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: كُلُّ الذُّنُوْبِ يُؤَخّرُ اللهُ مَا شَاءَ مِنْهَا اِلَى يَوْمِ اْلقِيَامَةِ اِلاَّ عُقُوْقَ اْلوَالِدَيْنِ فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى يُعَجّلُهُ لِصَاحِبِهِ فِى اْلحَيَاةِ قَبْلَ اْلمَمَاتِ. الحاكم فى المستدرك 4: 173 

Dari Abu Bakrah RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Setiap dosa itu Allah menunda hukumannya menurut kehendak-Nya sampai hari qiyamat nanti kecuali hukuman sebab durhaka kepada kedua orang tua, karena sesungguhnya Allah Ta’aalaa akan menyegerakan siksaan kepada si pelakunya sejak masih hidup sebelum matinya". [HR. Hakim dalam Al-Mustadrak juz 4, hal. 173] 

رُوِيَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ اَبِى اَوْفَى رض قَالَ: كُنَّا عِنْدَ النَّبِيّ ص فَاَتَاهُ آتٍ فَقَالَ: شَابٌّ يَجُوْدُ بِنَفْسِهِ فَقِيْلَ لَهُ: قُلْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ، فَلَمْ يَسْتَطِعْ. فَقَالَ: كَانَ يُصَلّى؟ فَقَالَ: نَعَمْ. فَنَهَضَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَ نَهَضْنَا مَعَهُ فَدَخَلَ عَلَى الشَّابّ، فَقَالَ لَهُ: قُلْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ. فَقَالَ: لاَ اَسْتَطِيْعُ. قَالَ: لِمَ ؟ قَالَ: كَانَ يَعُقُّ وَالِدَتَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اَحَيَّةٌ وَالِدَتُهُ ؟ قَالُوْا: نَعَمْ. قَالَ: اُدْعُوْهَا. فَدَعَوْ هَا. فَجَاءَتْ فَقَالَ: هذَا ابْنُكِ؟ فَقَالَتْ: نَعَمْ. فَقَالَ لَهَا: اَرَأَيْتِ لَوْ اُجّجَتْ نَارٌ ضَحْمَةٌ فَقِيْلَ لَكِ اِنْ شَفَعْتِ لَهُ خَلَّيْنَا عَنْهُ وَ اِلاَّ حَرَّقْنَاهُ بِهذِهِ النَّارِ اَكُنْتِ تَشْفَعِيْنَ لَهُ؟ قَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِذًا اَشْفَعُ لَهُ. قَالَ: فَـاَشْهِدِى اللهَ وَ اَشْهِدِيْنـِى قَدْ رَضِيْتِ عَنْهُ. قَالَتْ: اَللّهُمَّ اِنّى اُشْهِدُكَ وَ اُشْهِدُ رَسُوْلَكَ اَنّيْ قَدْ رَضِيْتُ عَنِ ابْنِى. فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ ص: يَا غُلاَمُ، قُلْ: لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ. فَقَالَهَا: فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َاْلحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ اَنْقَذَهُ بِيْ مِنَ النَّارِ. الطبرانى و احمد مختصرا، فى الترغيب و الترهيب 3: 331 
Diriwayatkan dari Abdullah bin Abu Aufa RA, ia berkata : Pernah suatu ketika kami sedang berada di sisi Nabi SAW, tiba-tiba datang seseorang menghadap beliau dan berkata, “Ya Rasulullah, ada seorang pemuda yang sedang dalam keadaan sakaratul maut, lalu dikatakan kepadanya, “Ucapkanlah Laa ilaaha illallooh", ia tidak bisa mengucapkannya". Rasulullah SAW bertanya, “Apakah ia biasa melakukan shalat?". Orang itu menjawab, “Ya, ia biasa melakukan shalat". Kemudian Rasulullah SAW berangkat menuju ke tempat orang itu dan kami mengikuti beliau. Kemudian Rasulullah SAW menemui pemuda itu dan bersabda kepadanya,“Ucapkanlah Laa ilaaha illallooh". Ia menjawab, “Saya tidak bisa". Rasulullah SAW bertanya, “Mengapa tidak bisa". Orang yang ada di situ berkata, “Orang ini dahulu durhaka kepada ibunya". Nabi SAW bertanya, “Apakah ibunya masih hidup?". Mereka menjawab, “Ya, ibunya masih hidup". Rasulullah SAW bersabda,“Panggillah ibunya supaya datang kemari". 
Mereka lalu memanggilnya, kemudian ibunya datang. Rasulullah SAW bertanya, “Apakah orang ini anakmu?". Ibu itu menjawab, “Ya, benar itu anakku". Rasulullah SAW bersabda kepada ibunya pemuda itu, “Bagaimanakah pendapatmu, seandainya kalau di sini dinyalakan api yang besar, lalu kamu ditanya, “Kalau kamu mau menolong dia kami akan membebaskannya, tetapi kalau kamu tidak mau menolongnya, anakmu akan kami bakar ke dalam api itu", maukah kamu menolongnya?". Ibu itu menjawab, “Ya Rasulullah, kalau begitu, saya mau menolongnya". Rasulullah SAW bersabda,“Maka saksikanlah kepada Allah dan saksikanlah kepadaku bahwa kamu telah ridla kepada anakmu". Ibu tersebut lalu mengucapkan, “Ya Allah, aku mohon Engkau menjadi saksi dan Rasul-Mu juga menjadi saksi bahwa aku telah ridla kepada anakku". Lalu Rasulullah SAW bersabda kepada pemuda itu, “Wahai anak ucapkanlah Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rosuuluh (Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhamad itu hamba-Nya dan Rasul-Nya)". Lalu pemuda itu bisa mengucapkannya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan orang ini lantaran aku dari api neraka". [HR. Thabrani dan Ahmad, dengan diringkas, dalam Targhib wat Tarhib, juz 3, hal. 331] 

Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya akan terlaknat 

عَنْ اَبِى الطُّفَيْلِ قَالَ: قُلْنَا لِعَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ: اَخْبِرْنَا بِشَيْءٍ اَسَرَّهُ اِلَيْكَ رَسُوْلُ اللهِ ص. فَقَالَ: مَا اَسَرَّ اِلَيَّ شَيْئًا كَتَمَهُ النَّاسَ، وَ لَكِنّى سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ: لَعَنَ اللهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللهِ، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ آوَى مُحْدِثًا، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ لَعَنَ وَالِدَيْهِ، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ غَيَّرَ اْلمَنَارَ. مسلم 3: 1567 
Dari Abuth Thufail, ia berkata : Kami berkata kepada Ali bin Abu Thalib, “Beritahukanlah kepada kami sesuatu yang pernah dibisikkan secara rahasia oleh Rasulullah SAW kepadamu”. Lalu ‘Ali menjawab, “Rasulullah SAW tidak pernah membisikkan sesuatu rahasia pun kepadaku yang beliau sembunyikan terhadap orang banyak. Tetapi aku pernah mendengar beliau bersabda, “Allah mela’nat orang yang menyembelih bukan karena Allah, Allah mela’nat orang yang memberi tempat (melindungi) penjahat, Allah mela’nat orang yang mela’nat (mencaci) kedua orang tuanya, dan Allah mela’nat orang yang merubah tanda batas tanah”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1567] 

عَنْ اَبِى الطُّفَيْلِ قَالَ: سُئِلَ عَلِيٌّ: اَخَصَّكُمْ رَسُوْلُ اللهِ ص بِشَيْءٍ؟ فَقَالَ: مَا خَصَّنَا رَسُوْلُ اللهِ ص بِشَيْءٍ لَمْ يَعُمَّ بِهِ النَّاسَ كَافَّةً اِلاَّ مَا كَانَ فِى قِرَابِ سَيْفِى هذَا. قَالَ: فَاَخْرَجَ صَحِيْفَةً مَكْتُوْبٌ فِيْهَا. لَعَنَ اللهُ مَنْ ذَبَحَ لِغَيْرِ اللهِ، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ سَرَقَ مَنَارَ اْلاَرْضِ، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ لَعَنَ وَالِدَهُ، وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ آوَى مُحْدِثًا. مسلم 3: 1567 
Dari Abuth Thufail, ia berkata : ‘Ali bin Abu Thalib ditanya, “Apakah Rasulullah SAW pernah mengkhususkan sesuatu kepadamu?”. ‘Ali menjawab, “Rasulullah SAW tidak pernah mengkhususkan kepadaku sesuatu yang tidak beliau sebarkan kepada semua orang, kecuali apa yang ada pada sarung pedangku ini”. (Abuth Thufail) berkata : Lalu ia mengeluarkan lembaran yang di dalamnya tertulis, “Allah mela’nat orang yang menyembelih bukan karena Allah, Allah mela’nat orang yang mencuri tanda batas tanah, Allah mela’nat orang yang mela’nat ayahnya, dan Allah mela’nat orang yang memberi tempat (melindungi) penjahat”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1567] 

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَعَنَ اللهُ مَنْ سَبَّ وَالِدَيْهِ وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ غَيَّرَ تُخُوْمَ اْلاَرْضِ وَ لَعَنَ اللهُ مَنْ آوَى مُحْدِثًا. احمد عن علي رض 1: 108 
Rasulullah SAW bersabda, “Allah melaknat orang yang mencaci-maki kedua orang tuanya, Allah melaknat orang yang merubah tanda batas tanah dan Allah melaknat orang yang memberi tempat (melindungi) penjahat”. [HR. Ahmad dari ‘Ali RA juz 1, hal. 108] 

عَنْ ثَوْبَانَ عَنِ النّبِيّ ص قَالَ: ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْفَعُ مَعَهُنَّ عَمَلٌ: اَلشّرْكُ بِاللهِ، وَ عُقُوْقُ اْلوَالِدَيْنِ، وَ اْلفِرَارُ مِنَ الزَّحْفِ. الطبرانى فى المعجم الكبير 2: 95 رقم 1420 
Dari Tsauban, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Ada tiga perkara yang menjadikan amal seseorang tidak berguna : 1. syirik kepada Allah, 2. durhaka kepada kedua orang tua, dan 3. lari dari medan perang (sebagai pengecut)”. [HR. Thabrani di dalam Mu’jamul Kabir juz 2, hal. 95, no. 1420, dlaif, karena di dalam sanadnya ada perawi bernama Yazid bin Rabi’ah] 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ اْلقِيَامَةِ مَنْ قَتَلَ نَبِيًّا اَوْ قَتَلَهُ نَبِيٌّ اَوْ قَتَلَ اَحَدَ وَالِدَيْهِ وَ اْلمُصَوّرُوْنَ وَ عَالِمٌ لَمْ يَنْتَفِعْ بِعِلْمِهِ. البيهقى فى شعب الايمان 6: 197، رقم 7888 
Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya manusia yang paling berat siksanya pada hari qiyamat nanti ialah orang yang membunuh Nabi atau yang dibunuh oleh Nabi atau membunuh salah satu dari kedua orang tuanya, pembuat gambar atau patung (untuk disembah), dan orang alim yang tidak memanfaatkan ilmunya”. [HR. Baihaqiy di dalam Syu’abul Iman juz 6, hal. 197, no. 7888] 

عَنْ اَبِى بَكْرَةَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: كُلُّ الذُّنُوْبِ يُؤَخّرُ اللهُ مَا شَاءَ مِنْهَا اِلَى يَوْمِ اْلقِيَامَةِ اِلاَّ عُقُوْقَ اْلوَالِدَيْنِ فَاِنَّ اللهَ تَعَالَى يُعَجّلُهُ لِصَاحِبِهِ فِى اْلحَيَاةِ قَبْلَ اْلمَمَاتِ. الحاكم فى المستدرك 4: 173 
Dari Abu Bakrah RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Setiap dosa itu Allah menunda hukumannya menurut kehendak-Nya sampai hari qiyamat nanti kecuali hukuman sebab durhaka kepada kedua orang tua, karena sesungguhnya Allah Ta’aalaa akan menyegerakan siksaan kepada si pelakunya sejak masih hidup sebelum matinya". [HR. Hakim dalam Al-Mustadrak juz 4, hal. 173] 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ يَسَارٍ اْلاَعْرَجِ اَنَّهُ سَمِعَ سَالِمًا يُحَدّثُ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ اِلَيْهِمْ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ: عَاقُّ وَالِدَيْهِ وَ مُدْمِنُ اْلخَمْرِ وَ مَنَّانٌ بِمَا اَعْطَى. الحاكم فى المستدرك 4: 163 
Dari ‘Abdullah bin Yasar Al-A’raj bahwasanya ia mendengar Salim menceritakan dari bapaknya, dari Nabi SAW, bawa beliau bersabda, “Tiga orang yang Allah tidak akan melihat kepada mereka pada hari qiyamat : Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, peminum khamr dan orang yang mengundat-undat pemberian”. [HR. Hakim, dalam Al-Mustadrak juz 4, hal. 163] 

عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ اِلَيْهِمْ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ. اَلْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَ اْلمَرْأَةُ اْلمُتَرَجّلَةُ وَ الدَّيُّوْثُ وَ ثَلاَثَةٌ لاَ يَدْخُلُوْنَ اْلجَنَّةَ. اَلْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَ اْلمُدْمِنُ عَلَى اْلخَمْرِ وَ اْلمَنَّانُ بِمَا اَعْطَى. النسائى 5: 80 
Dari Salim bin ‘Abdullah, dari ayahnya, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga orang yang Allah ‘Azza wa Jalla tidak akan melihat kepada mereka pada hari qiyamat : Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang menyerupai laki-laki dan orang yang membiarkan perzinaan pada keluarganya. Dan Ada tiga orang yang tidak akan masuk surga. Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, peminum khamr dan orang yang mengundat-undat pemberian”. [HR. Nasai juz 5, hal. 80] 

عَنِ اْلمُغِيْرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ اللهَ عَزَّ وَ جَلَّ حَرَّمَ عَلَيْكُمْ عُقُوْقَ اْلاُمَّهَاتِ وَ وَأْدَ اْلبَنَاتِ وَ مَنْعًا وَهَاتِ وَ كَرِهَ لَكُمْ ثَلاَثًا. قِيْلَ وَقَالَ، وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ وَاِضَاعَةَ اْلمَالِ. مسلم 3: 1341 
Dari Mughirah bin Syu’bah, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla mengharamkan atas kalian durhaka kepada para ibu, mengubur hidup-hidup anak-anak perempuan, dan menahan dan meminta (menahan kewajiban dan meminta yang bukan haknya). Dan Dia benci pada kalian tiga perkara. Katanya dan katanya, banyak bertanya (yang tidak perlu) dan menghambur-hamburkan harta”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1341] 

عَنْ وَرَّادٍ قَالَ: كَتَبَ اْلمُغِيْرَةُ اِلىَ مُعَاوِيَةَ: سَلاَمٌ عَلَيْكَ. اَمَّا بَعْدُ، فَاِنّى سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: اِنَّ اللهَ حَرَّمَ ثَلاَثًا وَ نَهَى عَنْ ثَلاَثٍ. حَرَّمَ عُقُوْقَ اْلوَالِدِ وَ وَأْدَ اْلبَنَاتِ وَ لاَ وَهَاتِ. وَ نَهَى عَنْ ثَلاَثٍ. قِيْلَ وَ قَالَ، وَ كَثْرَةِ السُّؤَالِ وَ اِضَاعَةِ اْلمَالِ. مسلم 3: 1341 
Dari Warrad, ia berkata : Mughirah bin Syu’bah menulis surat kepada Mu’awiyah (yang isinya) : Semoga keselamatan tercurahkan kepada engkau. Adapun sesudah itu, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah mengharamkan tiga hal, dan melarang tiga hal. Dia mengharamkan durhaka kepada ayah, mengubur anak-anak perempuan hidup-hidup serta menahan dan meminta. Dan Dia melarang dari tiga hal : Katanya dan katanya, banyak bertanya (yang tidak perlu) dan menghambur-hamburkan harta”. [HR. Muslim juz 3, hal. 1341] 

عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ جَاهِمَةَ اَنَّ جَاهِمَةَ اَتَى النَّبِيَّ ص فَقَالَ: اِنّى اَرَدْتُ اَنْ اَغْزُوَ وَ جِئْتُ اَسْتَشِيْرُكَ. فَقَالَ: أَ لَكَ وَالِدَةٌ؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: اِذْهَبْ فَالْزَمْهَا فَاِنَّ اْلجَنَّةَ عِنْدَ رِجْلَيْهَا. الحاكم فى المستدرك 4: 168 
Dari Mu’awiyah bin Jahimah, bahwasanya Jahimah datang kepada Nabi SAW, lalu ia berkata, “Saya ingin berangkat perang, maka saya datang ke sini mohon petunjuk kepada engkau”. Beliau SAW bersabda, “Apakah kamu masih mempunyai ibu?”. Jahimah berkata, “Ya, masih”. Beliau bersabda, “Pergilah kepadanya, santunilah dia, karena sesungguhnya surga terletak di kedua kakinya”. [HR. Hakim, dalam Al-Mustadrak juz 4, hal. 168] 

عَنْ اَبِى جَعْفَرٍ اَنَّهُ سَمِعَ اَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ: قَالَ النَّبِيُّ ص: ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ. دَعْوَةُ اْلمَظْلُوْمِ وَ دَعْوَةُ اْلمُسَافِرِ وَ دَعْوَةُ اْلوَالِدَيْنِ عَلَى وَلَدِهِمَا. البخارى، فى الادب المفرد: 32 
Dari Abu Ja’far, bahwasanya ia mendengar Abu Hurairah berkata : Nabi SAW bersabda, “Ada tiga macam doa yang dikabulkan dan tidak diragukan lagi. Doa orang yang teraniaya, doa orang yang bepergian dan doa kedua orang tua terhadap anaknya”. [HR. Bukhari, Adabul Mufrad hal. 32] 

Membelalakkan mata dan marah kepada orang tua termasuk durhaka 

عَنْ عَائِشَةَ اُمّ اْلمُؤْمِنِيْنَ قَالَتْ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَا بَرَّ اَبَاهُ مَنْ شَدَّ اِلَيْهِ الطَّرْفَ. البيهقى فى شعب الايمان 6: 197 
Dari ‘Aisyah Ummul mu’minin, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah termasuk berbhakti kepada bapaknya, anak yang membelalakkan mata kepadanya”. [HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman, juz 6, hal. 197] 

عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذٍ عَنْ اَبِيْهِ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مِنَ اْلعِبَادِ عِبَادٌ لاَ يُكَلّمُهُمُ اللهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ وَ لاَ يَنْظُرُ اِلَيْهِمْ وَ لاَ يُزَكّيْهِمْ وَ لاَ يُطَهّرُهُمْ. قَالَ: مَنْ اُولئِكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: اْلمُتَبَرّئُ مِنْ وَالِدَيْهِ رُغْبَةً عَنْهُمَا وَ اْلمُتَبَرّءُ مِنْ وَلَدِهِ وَ رَجُلٌ اَنْعَمَ عَلَيْهِ قَوْمٌ فَكَفَرَ نِعْمَتَهُمْ وَ تَبَرَّأَ مِنْهُمْ. البيهقى فى شعب الايمان 6: 196، ضعيف، لان فى اسناده زبان بن فائد 
Dari Sahl bin Mu’adz dari bapaknya RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Diantara hamba-hamba Allah ini ada hamba-hamba yang pada hari qiyamat nanti Allah tidak mau berbicara dengannya, tidak mau melihatnya, tidak mau mensucikannya dan tidak mau pula membersihkannya”. Ada yang bertanya, “Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?”. Beliau menjawab, “Orang yang melepaskan diri dari kedua orang tuanya karena benci kepada keduanya, dan orang yang melepaskan diri dari anaknya (tidak mau bertanggungjawab), dan orang yang diberi keni’matan oleh suatu qaum, lalu ia mengingkari keni’matan mereka, bahkan melepaskan diri dari mereka”. [HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman juz 6, hal. 196, dlaif, karena dalam sanadnya ada perawi bernama Zaban bin Faid] 

Perintah kedua orang tua yang tidak boleh ditaati 

Apabila kedua orang tua kita memerintahkan atau mengajak kita untuk musyrik kepada Allah, atau berma’shiyat kepada Allah atau kepada perbuatan-perbuatan dosa yang tidak dibenarkan oleh agama, maka kita tidak boleh menthaatinya. Meskipun demikian kita tetap harus bergaul dengan keduanya di dunia ini dengan baik. Firman Allah SWT : 

وَ وَصَّيْنَا اْلاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا، وَ اِنْ جَاهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِه عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا، اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ. العنكبوت:8 
Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku lah kembalimu, lalu Aku beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. [QS. Al-’Ankabuut : 8] 

وَ اِنْ جَاهَدَاكَ عَلى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِه عِلْمٌ فَلاَ تُطِعْهُمَا وَ صَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًا وَّ اتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيَّ، ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ. لقمان:15 
Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan bergaullah dengan keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, maka Ku-beritahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. [QS. Luqman : 15] 

وَ تَعَاوَنُوْا عَلَى اْلبِرّ وَ التَّقْوى وَ لاَ تَعَاوَنُوْا عَلَى اْلاِثْمِ وَ اْلعُدْوَانِ، وَ اتَّقُوا اللهَ، اِنَّ اللهَ شَدِيْدُ اْلعِقَابِ. المائدة:2 
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [QS. Al-Maaidah : 2] 

Dan Rasulullah SAW bersabda :

لاَ طَاعَةَ فِى مَعْصِيَةِ اللهِ، اِنَّمَا الطَّاعَةُ فِى اْلمَعْرُوْفِ. مسلم 3: 1469 
Tidak boleh thaat (kepada makhluq) dalam berma’shiyat kepada Allah. Hanyasanya thaat itu dalam perkara yang ma’ruf. [HR. Muslim dari ‘Ali RA, juz 3 hal. 1469]. 

Larangan bernasab kepada selain ayahnya

عَنْ اَبِى عُثْمَانَ عَنْ سَعْدٍ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَنِ ادَّعَى اِلىَ غَيْرِ اَبِيْهِ وَ هُوَ يَعْلَمُ اَنَّهُ غَيْرُ اَبِيْهِ فَاْلجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ. فَذَكَرْتُهُ ِلاَبِى بَكْرَةَ، فَقَالَ: وَ اَنَا سَمِعَتْهُ اُذُنَايَ وَ وَعَاهُ قَلْبِى مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. البخارى 8: 12 
Dari Abu ‘Utsman, dari Sa’ad (bin Abi Waqqash) RA, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bernasab (mengakui ayah) kepada selain ayahnya, sedangkan dia mengetahui bahwa orang itu memang bukan ayahnya, maka surga haram baginya”. Lalu aku (Abu ‘Utsman) menanyakan hal itu kepada Abu Bakrah, maka ia menjawab, “Aku mendengar hal itu dengan dua telingaku dan hatiku meyaqininya hal itu dari Rasulullah SAW”. [HR. Bukhari juz 8, hal. 12] 

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ تَرْغَبُوْا عَنْ آبَائِكُمْ فَمَنْ رَغِبَ عَنْ اَبِيْهِ فَهُوَ كُفْرٌ. البخارى 8: 12 
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda, “Janganlah kalian membenci bapak-bapak kalian. Barangsiapa yang membenci bapaknya, maka ia kufur”. [HR. Bukhari juz 8, hal. 12] 

 سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Rujuk

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan