Featured Post

Keluarga Bahagia dan Ikhlas Bahagia

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم Betapa banyak orang yang kesepian di tengah hiruk pikuk keramaian bukan karena tak punya keluarga, sahabat atau handai taulan. Namun kurang baiknya hubungan dengan mereka, ada jarak, sekat hati yang memisahkan karena atas nama harga diri, ego, rasa malu ataupun individualisme yang dominan di kota-kota besar. Ada orang - orang shaleh yang namanya diabadikan dalam kitab suci. Allah memuliakan keluarga Imron dan keluarga Ibrahim, demikian pula 'ayah' Luqman bersama anak-anaknya dalam nasehat kebaikan yang terbaik.

Hadits Tentang Iddah

بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

Tentang Iddah

Iddah merupakan arti dari waktu atau masa menunggu bagi seorang wanita yang telah bercerai untuk tidak melangsungkan pernikahan. 

Tidak ada Iddah bagi wanita yang belum dikumpuli

ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْآ اِذَا نَكَحْتُمُ اْلمُؤْمِنتِ ثُمَّ طَلَّقْتُمُوْهُنَّ مِنْ قَبْلِ اَنْ تَمَسُّوْهُنَّ فَمَا لَكُمْ عَلَيْهِنَّ مِنْ عِدَّةٍ تَعْتَدُّوْنَهَا، فَمَتّعُوْهُنَّ وَ سَرّحُوْهُنَّ سَرَاحًا جَمِيْلاً. الاحزاب:49
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi wanita-wanita yang beriman, kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencampurinya, maka sekali-kali tidak wajib atas mereka ‘iddah bagimu yang kamu minta menyempurnakannya. Maka berilah mereka mut’ah dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya. [QS. Al-Ahzab : 49]

a. Wanita yang haid, ‘iddahnya 3 kali quru’ (tiga kali haid/tiga kali suci)

وَ اْلمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلثَةَ قُرُوْءٍ، وَ لاَ يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللهُ فِيْ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلاخِرِ، وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ بِرَدّهِنَّ فِيْ ذلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلاحًا. البقرة:228
Wanita-wanita yang dithalaq hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru’. Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yang diciptakan Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika mereka (para suami) itu menghendaki ishlah. [QS. Al-Baqarah : 228]

عَنِ اْلاَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اُمِرَتْ بَرِيْرَةُ اَنْ تَعْتَدَّ بِثَلاَثِ حِيَضٍ. ابن ماجه، فى نيل الاوطار 6:326
Dari Aswad, dari ‘Aisyah, ia berkata, “Barirah disuruh (oleh Nabi SAW) supaya ber’iddah tiga kali haidl”. [HR. Ibnu Majah, dalam Nailul 6:326]

عَنِ اْلاَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اُمِرَتْ بَرِيْرَةُ اَنْ تَعْتَدَّ بِثَلاَثِ حِيَضٍ. ابن ماجه، 1: 671، رقم: 2077
Dari Aswad, dari Aisyah, ia berkata, Barirah disuruh (oleh Nabi SAW) supaya beriddah tiga kali haidl. [HR. Ibnu Majah, juz 1, hal. 671, no.2077]

b. Wanita yang ditinggal mati suaminya, iddahnya 4 bulan 10 hari

وَ الَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَ يَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَّ عَشْرًا، فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا فَعَلْنَ فِيْ اَنْفُسِهِنَّ بِاْلمَعْرُوْفِ، وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ. البقرة:234
Orang-orang yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (ber’iddah) empat bulan sepuluh hari. Kemudian apabila telah habis ‘iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat. [QS. Al-Baqarah : 234]

عَنْ اُمّ سَلَمَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ مُسْلِمَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ اَنْ تُحِدَّ فَوْقَ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجِهَا اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البخارى و مسلم، فىنيل الاوطار 6:329
Dari Ummu Salamah bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Tidak halal bagi seorang wanita muslimah yang beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung lebih dari tiga hari kecuali terhadap suaminya, yaitu empat bulan sepuluh hari”. [HR Bukhari dan Muslim, dalam Nailul 6:329]

عَنْ اُمّ حَبِيْبَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ مُسْلِمَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ اَنْ تُحِدَّ فَوْقَ ثَلاَثَةِ اَيَّامٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجِهَا اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البخارى 6: 186
Dari Ummu Habibah, bahwasanya Nabi SAW bersabda, Tidak halal bagi seorang wanita muslimah yang beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung lebih dari tiga hari, kecuali terhadap suaminya, yaitu empat bulan sepuluh hari. [HR Bukhari juz 6, hal. 186]

عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: كُنَّا نُنْهَى اَنْ نُحِدَّ عَلَى مَيّتٍ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. وَ لاَ نَكْتَحِلَ وَ لاَ نَتَطَيَّبَ وَ لاَ نَلْبَسَ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا اِلاَّ ثَوْبَ عَصْبٍ. وَ قَدْ رُخّصَ لَنَا عِنْدَ الطُّهْرِ اِذَا اغْتَسَلَتْ اِحْدَانَا مِنْ مَحِيْضِهَا فِى نُبْذَةٍ مِنْ كُسْتِ اَظْفَارٍ. البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 6:332
Dari Ummu ‘Athiyah, ia berkata, “Kami dilarang berkabung terhadap orang mati lebih dari tiga hari kecuali terhadap suami, yaitu empat bulan sepuluh hari, dimana tidak boleh bercelak, tidak boleh berwangi-wangian dan tidak boleh memakai pakaian yang dicelup, kecuali kain genggang (pakaian yang tidak mencolok), dan kami diberi keringanan pada waktu suci yaitu apabila salah seorang diantara kami mandi dari haidlnya (menggunakan) sedikit qust adhfar (sejenis kayu yang berbau harum)”. [HR. Bukhari dan Muslim]

عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: كُنَّا نُنْهَى اَنْ نُحِدَّ عَلَى مَيّتٍ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. وَ لاَ نَكْتَحِلُ وَ لاَ نَتَطَيَّبُ وَ لاَ نَلْبَسُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا. وَ قَدْ رُخّصَ لِلْمَرْأَةِ فِى طُهْرِهَا اِذَا اغْتَسَلَتْ اِحْدَانَا مِنْ مَحِيْضِهَا فِى نُبْذَةٍ مِنْ قُسْتٍ وَ اَظْفَارٍ. مسلم 2: 1128
Dari Ummu Athiyah, ia berkata, Kami dilarang berkabung terhadap orang mati lebih dari tiga hari, kecuali terhadap suami, yaitu empat bulan sepuluh hari,kami tidak boleh bercelak, tidak boleh berwangi-wangian dan tidak boleh memakai pakaian yang dicelup (mencolok). Dan wanita diberi keringanan ketika telah suci (dari haidlnya) yaitu apabila salah seorang diantara kami mandi dari haidlnya (menggunakan) sedikit qust dan adhfar (sejenis kayu yang berbau harum). [HR. Muslim juz 2, hal. 1128]

و فى رواية قالت: قَالَ النَّبِيُّ ص: لاَ يَحِلُّ ِلامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ تُحِدُّ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ فَاِنَّهَا لاَ تَكْتَحِلُ وَ لاَ تَلْبَسُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا اِلاَّ ثَوْبَ عَصْبٍ، وَ لاَ تَمَسُّ طِيْبًا اِلاَّ اِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ اَوْ اَظْفَارٍ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 6:332
Dan dalam riwayat lain (dikatakan), Ummu ‘Athiyah berkata : Nabi SAW bersabda, “Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung lebih dari tiga hari kecuali terhadap suami, maka istri tidak boleh bercelak, tidak boleh memakai pakaian yang dicelup kecuali kain genggang dan tidak boleh memakai wangi-wangian kecuali apabila bersuci (dengan menggunakan) sedikit qust atau adhfar (sejenis kayu yang berbau harum)”. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]

عَنْ عَائِشَةَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ يَحِلُّ ِلامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ اَنْ تُحِدَّ عَلَى مَيّتٍ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجِهَا. مسلم 2: 1127
Dari 'Aisyah, dari Nabi SAW, beliau bersabda, Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung karena kematian lebih dari tiga hari, kecuali terhadap suaminya". [HR. Muslim juz 2, hal. 1127]

عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: لاَ تُحِدُّ امْرَأَةٌ عَلَى مَيّتٍ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا، وَ لاَ تَلْبَسُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا اِلاَّ ثَوْبَ عَصْبٍ، وَلاَ تَكْتَحِلُ وَ لاَ تَمَسُّ طِيْبًا اِلاَّ اِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ اَوْ اَظْفَارٍ. مسلم 2: 1127
Dari Ummu 'Athiyah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Seorang perempuan tidak boleh berkabung karena kematian lebih dari tiga hari, kecuali terhadap suaminya, yaitu empat bulan sepuluh hari, tidak boleh memakai pakaian yang dicelup (mencolok) kecuali kain tenun, tidak boleh bercelak dan tidak boleh memakai wangi-wangian, kecuali apabila sehabis haidl, (ia boleh mandi dengan menggunakan) sedikit qust atau adhfar. [HR. Muslim juz 2, hal. 1127]

عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ تَوَفَّى اَبُوْ سَلَمَةَ وَ قَدْ جَعَلْتُ عَلَيَّ صَبْرًا، فَقَالَ: مَا هذَا يَا اُمَّ سَلَمَةَ؟ فَقُلْتُ: اِنَّمَا هُوَ صَبْرٌ يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ فِيْهِ طِيْبٌ. قَالَ: اِنَّهُ يَشُبُّ اْلوَجْهَ فَلاَ تَجْعَلِيْهِ اِلاَّ بِاللَّيْلِ وَ تَنْزَعِيْنَهُ بِالنَّهَارِ. وَ لاَ تَمْتَشِطِيْ بِالطّيْبِ وَ لاَ بِاْلحِنَّاءِ، فَاِنَّهُ خِضَابٌ. قَالَتْ: قُلْتُ: بِأَيّ شَيْءٍ اَمْتَشِطُ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِالسّدْرِ تُغَلّفِيْنَ بِهِ رَأْسَكِ. ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار 6:332
Dari Ummu Salamah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah masuk ke (rumahku) ketika Abu Salamah meninggal dunia, sedang aku memakai celak. Lalu Nabi SAW bertanya, “Apa ini, hai Ummu Salamah?”. Kemudian aku menjawab, “Ini jadam (celak) ya Rasulullah, yang tidak ada wangi-wangiannya”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya jadam itu mempercantik wajah, maka janganlah kamu pakai kecuali pada waktu malam dan hilangkan di waktu siang. Janganlah kamu bersisir menggunakan wangi-wangian atau hinna’, karena sesungguhnya itu juga pewarna”. Ummu Salamah berkata : Aku bertanya, “Kalau begitu aku harus bersisir dengan apa ya Rasulullah?”. Beliau menjawab, “Dengan daun bidara yang kamu dapat menggunakannya di kepalamu dengannya”. [HR. Abu Dawud dan Nasai]

عَنْ اُمّ سَلَمَةَ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ تُوُفّيَ اَبُو سَلَمَةَ، وَقَدْ جَعَلْتُ عَلَى عَيْنِي صَبْرًا، فَقَالَ: مَا هذَا يَا اُمَّ سَلَمَةَ؟ فَقُلْتُ: اِنَّمَا هُوَ صَبْرٌ يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ فِيْهِ طِيْبٌ. قَالَ: اِنَّهُ يَشُبُّ الْوَجْهَ فَلاَ تَجْعَلِيْهِ اِلاَّ بِاللَّيْلِ، وَ تَنْزَعِينَهُ بِالنَّهَارِ، وَلاَ تَمْتَشِطِيْ بِالطّيْبِ وَلاَ بِالْحِنَّاءِ، فَاِنَّهُ خِضَابٌ، قَالَتْ: قُلْتُ: بِاَيّ شَيْءٍ اَمْتَشِطُ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِالسّدْرِ تُغَلّفِيْنَ بِهِ رَأْسَكِ. ابو داود 2: 292، رقم: 2305
Dari Ummu Salamah, ia berkata : Rasulullah SAW datang masuk ke (rumahku) ketika Abu Salamah meninggal dunia, sedang waktu itu aku memakai celak. Lalu Nabi SAW bertanya, Apa ini, hai Ummu Salamah?. Kemudian aku menjawab, Ini celak ya Rasulullah, yang tidak ada wangi-wangiannya. Beliau bersabda, Sesungguhnya celak itu mempercantik wajah, maka janganlah kamu pakai kecuali pada waktu malam, dan hilangkan di waktu siang. Dan janganlah kamu bersisir menggunakan wangi-wangian atau hinna, karena sesungguhnya itu juga pewarna. Ummu Salamah berkata : Aku bertanya, Kalau begitu aku harus bersisir dengan apa ya Rasulullah? Beliau menjawab, Dengan daun sidr yang kamu dapat menggunakannya di kepalamu dengannya [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 292, no. 2305, dla'if karena dalam sanadnya ada perawi Ummu Hakim binti Asiid, dan ibunya, keduanya tidak dikenal]

c. Wanita yang telah berhenti dari haid atau tidak haid, ‘iddahnya 3 bulan

وَالّئِيْ يَئِسْنَ مِنَ اْلمَحِيْضِ مِنْ نِسَآئِكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلثَةُ اَشْهُرٍ وَالّئِيْ لَمْ يَحِضْنَ. الطلاق:4
Dan wanita-wanita yang tidak haidl lagi (menopause) diantara wanita-wanitamu jika kamu ragu-ragu (tentang masa ‘iddahnya) maka ‘iddah mereka adalah tiga bulan, dan begitu (pula) wanita-wanita yang tidak haidl. [QS. Ath-Thalaaq : 4]

d. Wanita yang hamil, ‘iddahnya hingga melahirkan

وَ اُولاَتُ اْلاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّ، وَ مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مِنْ اَمْرِه يُسْرًا. الطلاق:4
Dan wanita-wanita yang hamil, waktu ‘iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. [QS. Ath-Thalaaq : 4]

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِيْ عُبَيْدُ اللهِ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ مَسْعُوْدٍ اَنَّ اَبَاهُ كَتَبَ اِلَى عُمَرَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ اْلاَرْقَمِ الزُّهْرِيّ يَأْمُرُهُ اَنْ يَدْخُلَ عَلَى سُبَيْعَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ اْلاَسْلَمِيَّةِ فَيَسْأَلَهَا عَنْ حَدِيْثِهَا وَعَمَّا قَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ اسْتَفْتَتْهُ، فَكَتَبَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ اللهِ اِلَى عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ يُخْبِرُهُ اَنَّ سُبَيْعَةَ اَخْبَرَتْهُ اَنَّهَا كَانَتْ تَحْتَ سَعْدِ بْنِ خَوْلَةَ وَ هُوَ فِيْ بَنِيْ عَامِرِ بْنِ لُؤَيّ، وَكَانَ مِمَّنْ شَهِدَ بَدْرًا فَتُوُفّيَ عَنْهَا فِيْ حَجَّةِ الْوَدَاعِ وَهِيَ حَامِلٌ فَلَمْ تَنْشَبْ اَنْ وَضَعَتْ حَمْلَهَا بَعْدَ وَفَاتِهِ. فَلَمَّا تَعَلَّتْ مِنْ نِفَاسِهَا تَجَمَّلَتْ لِلْخُطَّابِ، فَدَخَلَ عَلَيْهَا اَبُو السَّنَابِلِ بْنُ بَعْكَكٍ رَجُلٌ مِنْ بَنِيْ عَبْدِ الدَّارِ، فَقَالَ لَهَا: مَا لِي اَرَاكِ مُتَجَمّلَةً لَعَلَّكِ تَرْجِيْنَ النّكَاحَ، اِنَّكِ وَاللهِ مَا اَنْتِ بِنَاكِحٍ حَتَّى تَمُرَّ عَلَيْكِ اَرْبَعَةُ اَشْهُرٍ وَعَشْرٌ. قَالَتْ سُبَيْعَةُ، فَلَمَّا قَالَ لِي ذلِكَ جَمَعْتُ عَلَيَّ ثِيَابِي حِيْنَ اَمْسَيْتُ فَاَتَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذلِكَ فَأَفْتَانِي بِاَنّي قَدْ حَلَلْتُ حِيْنَ وَضَعْتُ حَمْلِيْ وَ اَمَرَنِي بِالتَّزَوُّجِ اِنْ بَدَا لِيْ. قَالَ ابْنُ شِهَابٍ: فَلَاَ اَرَى بَأْسًا اَنْ تَتَزَوَّجَ حِيْنَ وَضَعَتْ وَ اِنْ كَانَتْ فِيْ دَمِهَا غَيْرَ اَنْ لاَ يَقْرَبُهَا زَوْجُهَا حَتَّى تَطْهُرَ. مسلم 2: 1122
Dari Ibnu Syihab, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku 'Ubaidullah bin 'Abdillah bin 'Utbah bin Mas'ud bahwa ayahnya pernah menulis kepada 'Umar bin 'Abdullah bin Arqam Az-Zuhriy menyuruhnya supaya menemui Subai'ah binti Al-Harits Al-Aslamiyah untuk menanyakan tentang haditsnya, dan mengenai apa yang disabdakan Rasulullah SAW kepadanya ketika ia meminta fatwa beliau. Umar bin 'Abdillah lalu menulis surat kepada 'Abdullah bin 'Utbah dan memberitahukan kepadanya bahwa Suba'iah pernah mengkhabarkan kepadanya, bahwa dahulu ia adalah istri Sa'ad bin Khaulah dari Bani 'Amir bin Luaiy, dan Sa'ad adalah salah seorang sahabat yang ikut perang Badar. Kemudian dia meninggal dunia ketika Haji Wada' di saat istrinya sedang hamil tua. Beberapa hari kemudian setelah wafat suaminya, istrinya pun melahirkan. Setelah suci dari nifasnya, Subai'ah pun berhias diri karena berharap supaya dilamar orang. Kemudian datanglah Abu Sanaabil bin Ba'kak -seorang laki-laki dari Bani 'Abdid Daar, lalu dia berkata kepadanya, "Saya melihatmu, mengapa kamu sudah berhias diri, barangkali kamu berharap untuk menikah lagi. Demi Allah, kamu belum boleh menikah lagi sebelum lewat empat bulan sepuluh hari". Subai'ah berkata : Setelah dia berkata kepadaku demikian, lalu saya langsung mengenakan pakaianku dan pergi menemui Rasulullah SAW, kutanyakan masalah tersebut kepada beliau. Kemudian beliau memberi fatwa kepadaku bahwa aku sudah boleh menikah ketika aku telah melahirkan, dan beliau menyuruhku untuk menikah lagi, jika sudah ada kecocokan. Ibnu Syihab berkata, "Saya berpendapat, tidak mengapa seorang wanita menikah setelah melahirkan, meskipun ia masih mengeluarkan darah, asal suaminya tidak mengumpulinya hingga ia suci". [HR. Muslim juz 2, hal. 1122]

عَنْ مَسْرُوْقٍ وَعَمْرِو بْنِ عُتْبَةَ، اَنَّهُمَا كَتَبَا اِلَى سُبَيْعَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ يَسْأَلاَنِهَا عَنْ اَمْرِهَا. فَكَتَبَتْ اِلَيْهِمَا: اِنَّهَا وَضَعَتْ بَعْدَ وَفَاةِ زَوْجِهَا بِخَمْسَةٍ وَ عِشْرِيْنَ، فَتَهَيَّأَتْ تَطْلُبُ الْخَيْرَ، فَمَرَّ بِهَا اَبُو السَّنَابِلِ بْنُ بَعْكَكٍ، فَقَالَ: قَدْ اَسْرَعْتِ، اعْتَدّي آخِرَ اْلاَجَلَيْنِ، اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَعَشْرًا. فَاَتَيْتُ النَّبِيَّ ص، فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اسْتَغْفِرْ لِي، قَالَ: وَ فِيْمَ ذَاكَ؟ فَاَخْبَرْتُهُ، فَقَالَ: اِنْ وَجَدْتِ زَوْجًا صَالِحًا فَتَزَوَّجِي. ابن ماجه 1: 653، رقم: 2028
Dari Masruq dan 'Amr bin 'Utbah bahwa keduanya menulis surat kepada Subai'ah binti Al-Harits, menanyakan perihal perkaranya. Lalu ia membalas menulis surat kepada keduanya, memberitahukan bahwa setelah dua puluh lima hari wafatnya suaminya, ia melahirkan. Setelah itu Subai'ah berbenah diri mengharap kebaikan (datangnya orang yang melamar). Kemudian lewatlah Abu Sanaabil bin Ba'kak di hadapan Subai'ah, lalu ia berkata, "Cepat sekali kamu ber'iddah, ber'iddahlah kamu dengan batas terakhir dari dua 'iddah ('iddah kematian dan 'iddah melahirkan), yaitu empat bulan sepuluh hari". Maka aku lalu datang kepada Nabi SAW, aku berkata kepada beliau, "Wahai Rasulullah, mohonkanlah ampun untukku". Beliau bertanya, "Ada apa?". Lalu aku ceritakan hal tersebut kepada beliau, lalu beliau bersabda, "Jika kamu mendapatkan calon suami yang baik, maka nikahlah". [HR. Ibnu Majah juz 1, hal. 653, no. 2028]

Meminang dengan sindiran (kepada wanita yang ber’iddah karena ditinggal mati suaminya atau yang ‘iddah thalaq tiga)

وَ لاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا عَرَّضْتُمْ بِه مِنْ خِطْبَةِ النّسَآءِ اَوْ اَكْنَنْتُمْ فِيْ اَنْفُسِكُمْ، عَلِمَ اللهُ اَنَّكُمْ سَتَذْكُرُوْنَهُنَّ وَ لكِنْ لاَّ تُوَاعِدُوْهُنَّ سِرًّا اِلاَّ اَنْ تَقُوْلُوْا قَوْلاً مَّعْرُوْفًا، وَ لاَ تَعْزِمُوْا عُقْدَةَ النّكَاحِ حَتّى يَبْلُغَ اْلكِتبُ اَجَلَه، وَ اعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَا فِيْ اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ، وَ اعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ. البقرة:235
Dan tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam hatimu. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang makruf. Dan janganlah kamu ber’azam (bertetap hati) untuk ber’aqad nikah sebelum habis ‘iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun. [QS. Al-Baqarah : 235]

عَنْ سُكَيْنَةَ بِنْتِ حَنْظَلَةَ قَالَتْ: اِسْتَأْذَنَ عَلَيَّ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيّ وَ لَمْ تَنْقَضِ عِدَّتِى مِنْ مَهْلَكَةِ زَوْجِى فَقَالَ: قَدْ عَرَفْتِ قَرَابَتِى مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. وَ قَرَابَتِى مِنْ عَلِيّ، وَ مَوْضِعِى مِنَ اْلعَرَبِ. قُلْتُ: غَفَرَ اللهُ لَكَ يَا اَبَا جَعْفَرٍ، اِنَّكَ رَجُلٌ يُؤْخَذُ عَنْكَ وَ تَخْطُبْنِى فِى عِدَّتِى. فَقَالَ: اِنَّمَا اَخْبَرْتُكِ بِقَرَابَتِى مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ مِنْ عَلِيّ. وَ قَدْ دَخَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى اُمّ سَلَمَةَ وَ هِيَ مُتَأَيّمَةٌ مِنْ اَبِى سَلَمَةَ. فَقَالَ: لَقَدْ عَلِمْتِ اَنّى رَسُوْلُ اللهِ ص وَ خِيَرَتُهُ مِنْ خَلْقِهِ وَ مَوْضِعِى مِنْ قَوْمِى كَانَتْ تِلْكَ خِطْبَتَهُ. الدارقطنى
Dari Sukainah binti Handhalah, ia berkata : Muhammad bin ‘Ali meminta idzin kepadaku, sedang masa ‘iddahku dari kematian suamiku belum usai, lalu Muhammad berkata, “Kamu tentu telah tahu kekerabatanku dari Rasulullah SAW dan kekerabatanku dari ‘Ali (bin Abu Thalib) serta kedudukanku di kalangan bangsa ‘Arab”. Aku berkata, “Semoga Allah mengampunimu, hai Abu Ja’far, sesungguhnya kamu adalah orang yang menjadi ikutan, sedang kamu meminangku dalam masa ‘iddahku”. Maka Muhammad berkata, “Aku hanya memberitahu kepadamu tentang hubungan kekerabatanku dengan Rasulullah SAW dan ‘Ali, sedang Rasulullah SAW sendiri pernah masuk (ke rumah) Ummu Salamah sedangkan dia adalah janda Abu Salamah, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya kamu sudah tahu bahwa aku adalah Rasulullah dan pilihan-Nya diantara makhluq-Nya serta kedudukanku di kalangan kaumku”. Itulah pinangan Nabi SAW dengan sindiran”. [HR. Daruquthni]

عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ اَنَّ زَوْجَهَا طَلَّقَهَا ثَلاَثًا فَلَمْ يَجْعَلْ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص سُكْنَى وَ لاَ نَفَقَةً، قَالَتْ: وَ قَالَ لىِ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا حَلَلْتِ فَآذِنِيْنِى، فَآذَنْتُهُ، فَخَطَبَهَا مُعَاوِيَةُ وَ اَبُوْ جَهْمٍ وَ اُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اَمَّا مُعَاوِيَةُ فَرَجُلٌ تَرِبٌ لاَ مَالَ لَهُ وَ اَمَّا اَبُوْ جَهْمٍ فَرَجُلٌ ضَرَّابٌ لِلنّسَاءِ، وَ لكِنْ اُسَامَةُ فَقَالَتْ بِيَدِهَا هكَذَا: اُسَامَةُ اُسَامَةُ. فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص: طَاعَةُ اللهِ وَ طَاعَةُ رّسُوْلِهِ. قَالَتْ: فَتَزَوَّجْتُهُ فَاغْتُبِطْتُ. الجماعة الا البخارى
Dari Fathimah binti Qais, sesungguhnya suaminya telah menthalaqnya tiga kali, sehingga Rasulullah SAW tidak memberinya (hak) tempat tinggal dan nafqah. Fathimah berkata : Dan Rasulullah SAW bersabda kepadaku, “Apabila kamu telah halal dengan habis ‘iddahmu, maka beritahulah aku”. (Ketika ‘iddahnya telah selesai) kemudian aku memberitahu kepada beliau. Lalu Mu’awiyah, Abu Jahm dan Usamah bin Zaid meminangnya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda (kepada Fathimah binti Qais), “Adapun Mu’awiyah adalah seorang laki-laki miskin tidak berharta sama sekali, sedang Abu Jahm adalah seorang laki-laki yang suka memukul istrinya, tetapi Usamah .... lalu Fathimah berkata (menirukan ucapan Nabi) dengan menggerakkan tangannya demikian. “Usamah, Usamah”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepada Fathimah, “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-Nya”. Fathimah berkata, “Kemudian aku nikah dengan Usamah, lalu aku pun berbahagia”. [HR. Jama’ah kecuali Bukhari]

Wallahu a'lam bishawab.

سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

Tren Blog

Hadits Tentang Khitan

Fadlilah Dzikir Laa Ilaaha Illallaah

Shalat Sunnah Intidhar

Hadits Tentang Walimah

Hadits Tentang Rujuk

Blog Populer

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Hadits Tentang Khitan