Allah Maha Pencipta, Part 3

Friday, September 30, 2016

Allah Maha Pencipta, Part 3

Allah Menciptakan Segala Sesuatu
بِسْــــــمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْم

يُسَبّحُ ِللهِ مَا فِى السَّموتِ وَ مَا فِى اْلاَرْضِ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ هُوَ عَلى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ(1) هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ فَمِنْكُمْ كَافِرٌ وَّ مِنْكُمْ مُّؤْمِنٌ، وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ(2) خَلَقَ السَّموتِ وَ اْلاَرْضَ بِاْلحَقّ وَ صَوَّرَكُمْ فَاَحْسَنَ صُوَرَكُمْ، وَ اِلَيْهِ اْلمَصِيْرُ(3) يَعْلَمُ مَا فِى السَّموتِ وَ اْلاَرْضِ وَ يَعْلَمُ مَا تُسِرُّوْنَ وَ مَا تُعْلِنُوْنَ، وَ اللهُ عَلِيْمٌ بِذَاتِ الصُّدُوْرِ(4) التغابن: 1-4
Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang di langit dan apa yang di bumi; hanya Allah-lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua puji-pujian; dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. (1)
Dia-lah yang menciptakan kamu, maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang beriman. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (2)
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar, Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu, dan hanya kepada-Nya-lah kembali (mu). (3)
Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi, dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan apa yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati. (4) [QS. At-Taghabun : 1-4]

و َهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموتِ وَ اْلاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ اَيَّامٍ وَّ كَانَ عَرْشُه عَلَى اْلمَآءِ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلاً، وَ لَئِنْ قُلْتَ اِنَّكُمْ مَّبْعُوْثُوْنَ مِنْ بَعْدِ اْلمَوْتِ لَيَقُوْلَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْآ اِنْ هذَآ اِلاَّ سِحْرٌ مُّبِيْنٌ. هود: 7
Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah Arasy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata". [QS. Huud : 7]

هَلْ اَتى عَلَى اْلاِنْسَانِ حِيْنٌ مّنَ الدَّهْرِ لَمْ يَكُنْ شَيْئًا مَّذْكُوْرًا(1) اِنَّا خَلَقْنَا اْلانْسَانَ مِنْ نُطْفَةٍ اَمْشَاجٍ نَّبْتَلِيْهِ فَجَعَلْنهُ سَمِيْعًا بَصِيْرًا(2) اِنَّا هَدَيْنهُ السَّبِيْلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّ اِمَّا كَفُوْرًا(3) الانسان: 1-3
Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut? (1)
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. (2)
Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir. (3) [QS. Al-Insaan : 1-3]

خَلَقَ السَّموتِ وَ اْلارْضَ بِاْلحَقّ تَعلى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ(3) خَلَقَ اْلانْسَانَ مِنْ نُطْفَةٍ فَاِذَا هُوَ خَصِيْمٌ مُّبِيْنٌ(4) وَ اْلانْعَامَ خَلَقَهَا لَكُمْ فِيْهَا دِفْءٌ وَّ مَنَافِعُ وَ مِنْهَا تَأْكُلُوْنَ(5) وَ لَكُمْ فِيْهَا جَمَالٌ حِيْنَ تُرِيْحُوْنَ وَ حِيْنَ تَسْرَحُوْنَ(6) وَ تَحْمِلُ اَثْقَالَكُمْ اِلى بَلَدٍ لَّمْ تَكُوْنُوْا بلِغِيْهِ اِلاَّ بِشِقّ اْلاَنْفُسِ، اِنَّ رَبَّكُمْ لَرَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ(7) وَ اْلخَيْلَ وَ اْلبِغَالَ وَ اْلحَمِيْرَ لِتَرْكَبُوْهَا وَ زِيْنَةً، وَ يَخْلُقُ مَا لاَ تَعْلَمُوْنَ(8) وَ عَلَى اللهِ قَصْدُ السَّبِيْلِ وَ مِنْهَا جَآئِرٌ، وَ لَوْ شَآءَ لَهَديكُمْ اَجْمَعِيْنَ(9)
Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak. Maha Tinggi Allah daripada apa yang mereka persekutukan. (3)
Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata. (4)
Dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebagiannya kamu makan. (5)
Dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan. (6)
Dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, (7)
dan (Dia telah menciptakan) kuda, baghal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (8)
Dan hak bagi Allah (menerangkan) jalan yang lurus, dan di antara jalan-jalan ada yang bengkok. Dan jikalau Dia menghendaki, tentulah Dia memimpin kamu semuanya (kepada jalan yang benar). (9) [QS. An-Nahl : 3-9]

هُوَ الَّذِيْ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً لَّكُمْ مِنْهُ شَرَابٌ وَّ مِنْهُ شَجَرٌ فِيْهِ تُسِيْمُوْنَ(10) يُنْبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَ الزَّيْتُوْنَ وَ النَّخِيْلَ وَ اْلاَعْنَابَ وَ مِنْ كُلّ الثَّمَرتِ، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايَةً لّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ(11) وَ سَخَّرَ لَكُمُ الَّيْلَ وَ النَّهَارَ وَ الشَّمْسَ وَ اْلقَمَرَ وَ النُّجُومُ مُسَخَّرتٌ بِاَمْرِه، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايتٍ لّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ(12) وَ مَا ذَرَاَ لَكُمْ فِى اْلاَرْضِ مُخْتَلِفًا اَلْوَانُه، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايَةً لّقَوْمٍ يَّذَّكَّرُوْنَ(13) وَ هُوَ الَّذِيْ سَخَّرَ اْلبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّ تَسْتَخْرِجُوْا مِنْه حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَا، وَ تَرَى اْلفُلْكَ مَوَاخِرَ فِيْهِ وَ لِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِه وَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ(14) وَ اَلْقى فِى اْلارْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَ اَنْهرًا وَّ سُبُلاً لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ(15) وَ عَلمتٍ، وَ بِالنَّجْمِ هُمْ يَهْتَدُوْنَ(16) اَفَمَنْ يَّخْلُقُ كَمَنْ لاَّ يَخْلُقُ، اَ فَلاَ تَذَكَّرُوْنَ(17) وَ اِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْهَا، اِنَّ اللهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ(18) النحل: 3-18
Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. (10)
Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (11)
Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya), (12)
dan Dia (menundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran (13)
Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu) agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur (14)
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (15)
dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang itulah mereka mendapat petunjuk. (16)
Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran. (17)
Dan jika kamu menghitung-hitung ni’mat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (18) [QS. An-Nahl : 10-18]

وَ ِللهِ مُلْكُ السَّموتِ وَ اْلاَرْضِ، وَ اِلَى اللهِ اْلمَصِيْرُ(42) اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلّفُ بَيْنَه ثُمَّ يَجْعَلُه رُكَامًا فَتَرَى اْلوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِللِه، وَ يُنَزّلُ مِنَ السَّمَآءِ مِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِه مَنْ يَّشَآءُ وَ يَصْرِفُه عَنْ مَّنْ يَّشَآءُ، يَكَادُ سَنَا بَرْقِه يَذْهَبُ بِاْلاَبْصَارِ(43) يُقَلّبُ اللهُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ، اِنَّ فِيْ ذلِكَ لَعِبْرَةً ِلاُولِى اْلاَبْصَارِ(44) وَ اللهُ خَلَقَ كُلَّ دَآبَّةٍ مّنْ مَّآءٍ، فَمِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلى بَطْنِه، وَ مِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلى رِجْلَيْنِ، وَ مِنْهُمْ مَّنْ يَّمْشِيْ عَلى اَرْبَعٍ، يَخْلُقُ اللهُ مَا يَشَآءُ، اِنَّ اللهَ عَلى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ(45) النور: 42-45
Dan kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah-lah kembali (semua makhluk). (42)
Tidakkah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian) nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (43)
Allah mempergantikan malam dan siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, terdapat pelajaran yang besar bagi orang-orang yang mempunyai penglihatan. (44)
Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (45) [QS. An-Nuur : 42-45]

وَ لَقَدْ خَلَقْنَا اْلاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍ(26) وَ اْلجَآنَّ خَلَقْنهُ مِنْ قَبْلُ مِنْ نَّارِ السَّمُوْمِ(27) وَ اِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلئِكَةِ اِنّيْ خَالِقٌ بَشَرًا مّنْ صَلْصَالٍ مّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍ(28) فَاِذَا سَوَّيْتُه وَ نَفَخْتُ فِيْهِ مِنْ رُّوْحِيْ فَقَعُوْا لَه سجِدِيْنَ(29) فَسَجَدَ اْلمَلئِكَةُ كُلُّهُمْ اَجْمَعُوْنَ(30) اِلآَّ اِبْلِيْسَ، اَبى اَنْ يَّكُوْنَ مَعَ السّجِدِيْنَ(31) الحجر: 26-31
Dan sesungguhnya Kami telah meciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. (26)
Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas. (27)
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. (28)
Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan) Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud. (29)
Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, (30)
kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu. (31) [QS. Al-Hijr : 26-31]

اَوَلَمْ يَرَوْا كَيْفَ يُبْدِئُ اللهُ اْلخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُه، اِنَّ ذلِكَ عَلَى اللهِ يَسِيْرٌ(19) قُلْ سِيْرُوْا فِى اْلاَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ بَدَاَ اْلخَلْقَ ثُمَّ اللهُ يُنْشِئُ النَّشْاَةَ اْلاخِرَةَ، اِنَّ اللهَ عَلى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ(20) العنكبوت: 19-20
Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (19)
Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [QS. Al-‘Ankabuut : 19-20]

وَ مَا خَلَقْنَا السَّموتِ وَ اْلاَرْضَ وَ مَا بَيْنَهُمَا لعِبِيْنَ(38) مَا خَلَقْنهُمَآ اِلاَّ بِاْلحَقّ وَ لكِنَّ اَكْثَرَهُمْ لاَ يَعْلَمُوْنَ(39) الدخان: 38-39
Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. (38)
Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan hak, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (39) [QS. Ad-Dukhaan : 38-39]

وَ السَّمَآءَ بَنَيْنهَا بِاَيْدٍ وَّ اِنَّا لَمُوْسِعُوْنَ(47) وَ اْلاَرْضَ فَرَشْنهَا فَنِعْمَ اْلمَاهِدُوْنَ(48) وَ مِنْ كُلّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ(49) الذاريات: 47-49
Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya. (47)
Dan bumi itu Kami hamparkan; maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami). (48)
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah (49) [QS. Adz-Dzaariyaat : 47-49]

اَوَلَمْ يَرَوْا اَنَّ اللهَ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموتِ وَ اْلاَرْضَ وَ لَمْ يَعْيَ بِخَلْقِهِنَّ بِقَادِرٍ عَلى اَنْ يُّحْيِيَ اْلمَوْتى، بَلى اِنَّه عَلى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. الاحقاف: 33
Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. [QS. Al-Ahqaaf : 33]


اَيَحْسَبُ اْلاِنْسَانُ اَنْ يُّتْرَكَ سُدًى(36) اَلَمْ يَكُ نُطْفَةً ِمّنْ مَّنِيّ يُّمْنى(37) ثُمّ كَانَ عَلَقَةً فَخَلَقَ فَسَوّى(38) فَجَعَلَ مِنْهُ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَ اْلاُنْثى(39) اَلَيْسَ ذلِكَ بِقَادِرٍ عَلى اَنْ يُّحْيِيَ اْلمَوْتى(40) القيامة: 36-40

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)? (36)
Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), (37)
kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, (38)
lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki laki dan perempuan. (39)
Bukankah (Allah yang berbuat) demikian berkuasa (pula) menghidupkan orang mati? (40) [QS. Al-Qiyaamah : 36-40]



هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ ِمّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخْرِجُكُمْ طِفْلاً ثُمَّ لِتَبْلُغُوْآ اَشُدَّكُمْ ثُمَّ لِتَكُوْنُوْا شُيُوْخًا، وَ مِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّى مِنْ قَبْلُ وَ لِتَبْلُغُوْا اَجَلاً مُّسَمًّى وَّ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ(67) هُوَ الَّذِيْ يُحْي وَ يُمِيْتُ، فَاِذَا قَضى اَمْرًا فَاِنَّمَا يَقُوْلُ لَه كُنْ فَيَكُوْنُ(68) المؤمن: 67-68

Dia-lah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes air mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami (nya). (67)
Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia. [QS. Al-Mu’min : 67-68]



وَاَنَّه هُوَ اَضْحَكَ وَاَبْكى(43) وَاَنَّه هُوَ اَمَاتَ وَ اَحْي(44) وَ اَنَّه خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَ اْلاُنْثى(45) مِنْ نُّطْفَةٍ اِذَا تُمْنى(46) وَ اَنَّ عَلَيْهِ النَّشْاَةَ اْلاُخْرى(47) وَ اَنَّه هُوَ اَغْنى وَ اَقْنى(48) وَ اَنَّه هُوَ رَبُّ الشّعْرى(49) النجم: 43-49

dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, (43)
dan bahwasanya Dialah yang mematikan dan menghidupkan, (44)
dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan, (45)
dari air mani, apabila dipancarkan. (46)
Dan bahwasanya Dia-lah yang menetapkan kejadian yang lain (kebangkitan sesudah mati), (47)
dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberikan kecukupan. (48)
dan bahwasanya Dia-lah Tuhan (yang memiliki) bintang syi'ra, (49) [QS. An-Najm : 43-49]



الرَّحْمنُ(1) عَلَّمَ اْلقُرْانَ(2) خَلَقَ اْلاِنْسَانَ(3) عَلَّمَهُ اْلبَيَانَ(4) الشَّمْسُ وَ اْلقَمَرُ بِحُسْبَانٍ(5) وَ النَّجْمُ وَ الشَّجَرُ يَسْجُدَانِ(6) وَ السَّمَآءَ رَفَعَهَا وَ وَضَعَ اْلمِيْزَانَ(7) اَلاَّ تَطْغَوْا فِى اْلمِيْزَانِ(8) وَ اَقِيْمُوا اْلوَزْنَ بِاْلقِسْطِ وَ لاَ تُخْسِرُوا اْلمِيْزَانَ(9) وَ اْلارْضَ وَ ضَعَهَا ِلـْلاَنَامِ(10) فِيْهَا فَاكِهَةٌ وَّ النَّخْلُ ذَاتُ اْلاَكْمَامِ(11) وَ اْلحَبُّ ذُو اْلعَصْفِ وَ الرَّيْحَانُ(12) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ(13) خَلَقَ اْلاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ كَالْفَخَّارِ(14) وَ خَلَقَ اْلجَانَّ مِنْ مَّارِجٍ ِمّنْ نَّارٍ(15) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ (16) رَبُّ اْلمَشْرِقَيْنِ وَ رَبُّ اْلمَغْرِبَيْنِ(17) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ (18) مَرَجَ اْلبَحْرَيْنِ يَلْتَقِينِ(19) بَيْنَهُمَا بَرْزَخٌ لاَّ يَبْغِينِ(20) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ (21) يَخْرُجُ مِنْهُمَا اللُّؤْلُؤُ وَ اْلمَرْجَانُ(22) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ (23) وَ لَهُ اْلجَوَارِ اْلمُنْشَئتُ فِى اْلبَحْرِ كَاْلاَعْلاَمِ(24) فَبِاَيّ الآءِ رَبّكُمَا تُكَذّبنِ (25) الرحمن: 1-25

(Tuhan) Yang Maha Pemurah, (1)
Yang telah mengajarkan Al Qur'an. (2)
Dia menciptakan manusia, (3)
Mengajarnya pandai berbicara (4)
Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan. (5)
Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya. (6)
Dan Allah telah meninggikan langit dan meletakkan neraca (keadilan). (7)
Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu. (8)
Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu. (9)
Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk (Nya). (10)
di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. (11)
Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. (12)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (13)
Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, (14)
dan Dia menciptakan jin dari nyala api. (15)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (16)
Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya. (17)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (18)
Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, (19)
antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.(20)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (21)
Dari keduanya keluar mutiara dan marjan. (22)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (23)
Dan kepunyaan-Nya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gunung-gunung. (24)
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (25) [QS. Ar-Rahmaan : 1-25]



وَ اللهُ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَاَحْيَا بِهِ اْلاَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايَةً ِلّقَوْمٍ يَّسْمَعُوْنَ(65) وَ اِنَّ لَكُمْ فِى اْلاَنْعَامِ لَعِبْرَةً، نُسْقِيْكُمْ ِمّمَّا فِيْ بُطُوْنِه مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَّ دَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَائِغًا ِلّلشّرِبِيْنَ(66) وَ مِنْ ثَمَرتِ النَّخِيْلِ وَ اْلاَعْنَابِ تَتَّخِذُوْنَ مِنْهُ سَكَرًا وَّ رِزْقًا حَسَنًا، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايَةً ِلّقَوْمٍ يَّعْقِلُوْنَ(67) وَ اَوْحى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ اْلجِبَالِ بُيُوْتًا وَّ مِنَ الشَّجَرِ وَ مِمَّا يَعْرِشُوْنَ(68) ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلّ الثَّمَرتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبّكِ ذُلُلاً، يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُه فِيْهِ شِفَآءٌ ِلّلنَّاسِ، اِنَّ فِيْ ذلِكَ َلايَةً ِلّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ(69) النحل: 65-69

Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran). (65)
Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (66)
Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan. (67)
Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia". (68)
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (69) [QS. An-Nahl : 65-69]



وَ اللهُ خَلَقَكُمْ ثُمَّ يَتَوَفّيكُمْ وَ مِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلى اَرْذَلِ اْلعُمُرِ لِكَيْ لاَ يَعْلَمَ بَعْدَ عِلْمٍ شَيْئًا، اِنَّ اللهَ عَلِيْمٌ قَدِيْرٌ(70) وَ اللهُ فَضَّلَ بَعْضَكُمْ عَلى بَعْضٍ فِى الرّزْقِ، فَمَا الَّذِيْنَ فُضّلُوْا بِرَادّيْ رِزْقِهِمْ عَلى مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ فَهُمْ فِيْهِ سَوَآءٌ، اَفَبِنِعْمَةِ اللهِ يَجْحَدُوْنَ(71) وَ اللهُ جَعَلَ لَكُمْ ِمّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّ جَعَلَ لَكُمْ ِمّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَ حَفَدَةً وَّ رَزَقَكُمْ ِمّنَ الطَّيّبتِ، اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَ بِنِعْمَتِ اللهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَ(72) النحل: 70-72

Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu; dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. (70)
Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebahagian yang lain dalam hal rezeki, tetapi orang-orang yang dilebihkan (rezekinya itu) tidak mau memberikan rezeki mereka kepada budak-budak yang mereka miliki, agar mereka sama (merasakan) rezeki itu. Maka mengapa mereka mengingkari ni’mat Allah? (71)
Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu, anak anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari ni’mat Allah?". (72) [QS. An-Nahl : 70-72]



اَوَلَمْ يَرَوْا اَنَّا خَلَقْنَا لَهُمْ ِمّمَّا عَمِلَتْ اَيْدِيْنَآ اَنْعَامًا فَهُمْ لَهَا مَالِكُوْنَ(71) وَ ذَلَّلْنهَا لَهُمْ فَمِنْهَا رَكُوْبُهُمْ وَ مِنْهَا يَأْكُلُوْنَ(72) وَ لَهُمْ فِيْهَا مَنَافِعُ وَمَشَارِبُ، اَفَلاَ يَشْكُرُوْنَ(73) يس: 71-73

Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya? (71)
Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka, maka sebagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebagiannya mereka makan. (72)
Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?. (73) [QS. Yaasiin : 71-73]

Insyaallah masih berlanjut...


سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَ اَتُوْبُ اِلَيْكَ

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat