Hari Kemerdekaan

Kultum Ramadhan hari ke sembilan

Kultum Ramadhan yang ke 10 hari kemerdekaan
Hari Merdeka
Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada Hari Jum'at, tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan tanggal 9 Ramadhan 1364 H. Artinya menurut kalender Hijriyah Kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan pada tanggal 9 Ramadhan 1364 H yang Alhamdulillah pada tahun 2018 ini tanggal 9 Ramadhan jatuh pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2018M.

Kemudian diinstruksikan kepada para da'i untuk mengingatkan para jamaahnya / umat Islam untuk menjadikan tanggal yang bersejarah ini bagi Umat Islam Indonesia dan diingat setiap saat, khususnya  pada setiap bulan Ramadhan, sehingga dapat lebih bersyukur dan meningkatkan kecintaannya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ramadhan memang bulan istimewa, kehadirannya banyak memberi makna bagi yg berpuasa. Kita akan merasakan kedekatan dengan Illahi.

"Sesungguhnya,  Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka di tiap siang dan malam bulan Ramadhan, dan sesungguhnya tiap Muslim yang berdoa maka akan dikabulkan baginya" (HR Ahmad)

Inilah hari kemerdekaan bangsa ini, ketika tubuh berpeluh menguras daya, jihad yang berdarah-darah di saat puasa, disambut Allah dengan kalimat yang begitu dekat, akrab dan sangat mesra,
"Dan apabila hamba-hambaKU bertanya kepadamu tentang AKU,  maka sesungguhnya AKU ini dekat. AKU menjawab permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKU. Maka hendaklah mereka itu mengistijabahKU dan hendaklah mereka beriman kepadaKU. Dan agar mereka selalu dalam kebenaran (AlBaqoroh: 186).

Istijabah dan Iman. Kita paham iman walaupun kadang hilang. Sedang istijabah bermakna memenuhi seruan-seruan Allah agar kita dalam jalan kebaikan, kebenaran,  keberkahan sepanjang hayat.

Ramadhan berpesan jagalah makananmu. Sekerat daging yang tumbuh dari barang haram akan menjauhkan kita dari asma Allah, menghalangi doa dan komunikasi mesra kita denganNYA.

Saudaraku, dalam tadarus malam lantunkan kalimat.. Allahumma Innaka 'Afuwun, Tuhibbul 'Afwa fa'fu 'Annii (ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pengampun,  sangat mencintai ampunan maka ampunilah saya..!).
Proklamasi langit akan menggema, "Adapun puasa itu untukKU dan AKU sendirilah yang akan memberi pahalanya. Sejahteralah malam itu sampai terbit fajar (AlQadr : 5).

Merdeka....
Ramadhan, kapanpun dirimu datang hati ini sangat merindukanmu.

Semoga Allah memberikan kekuatan kepada bangsa kita untuk menjadikan negeri ini menjadi Baldatun Thayyibatun wa Robbun Ghafuur. Pemimpin yang Adil, Ulama yang Alim dan Sejahtera rakyatnya.
Aamiin.

Allahu a'lamu bishowab.

Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur