Lebaran Hari Raya

Kultum Ramadhan hari ke 29

Kultum Ramadhan hari ke 29 lebaran hari raya
Lebaran hari raya
Hari raya ied sering disebut 'lebaran', kosa kata yang hanya ada di Indonesia. Lebaran haji, istilah untuk Idul Adha. Adapun Idul Fitri disebut 'lebaran': dari bahasa jawa: 'wis bar' atau sudah selesai. Puasa yang sudah selesai. Kata 'bar' adalah bentuk pendek dari kata 'lebar' yang artinya selesai. Bahasa jawa suka memberi akhiran 'an', untuk suatu kata kerja. 

Lebaran adalah perayaan, ada kesenangan dan kegembiraan. Perayaan yang menghadirkan makan-makan, ketupat, opor ayam, baju baru, mudik, THR, sungkem dengan orang tua, silaturrahmi berkumpul dengan keluarga dan saling bermaafan. Inilah lebaran, hari raya yang mudah untuk dirayakan oleh siapa pun, termasuk mereka yang tak berpuasa di bulan Ramadhan. 

Idul Fitri yang sulit untuk diraih. Maka kita di tuntun berdoa, "Taqaballahu minna wa minkum" doa ini merupakan ucapan pada hari raya yang dituntunkan oleh nabi. Dengan jiwa dan pengharapan atas amal sholeh Ramadhan berbalas surga, dosa yang diampuni. Mereka yang kembali suci dan menjadi pemenang bukan pecundang.

Setelah bulan Ramadhan disebut bulan-bulan haji, yaitu syawal-dzulqo'dah dan dzulhijjah. Idul Fitri memunculkan peluang-peluang amal untuk menanam kemulian hidup. Pasca Ramadhan menjadi lebih baik dan mulia. 

Ada nyanyian di waktu kecil. "...brangkat kaji ayo ji.... jimat rojo ayo jo.. joko pentil thelo thelo ayo lo.. lapis mambu ayo mbu..  mbukak tenong ayo nong...  nongko sabrang ayo brang...  brangkat kaji ayo ji. 

Itulah yang sudah berIdul Fitri, mereka terus membutuhkan pertobatan dan berusaha mendapatkan kemuliaan kepribadian, hajjan mabruron. 

Saudaraku, segeralah bertamu ke Baitullah. Pakailah kafan ihrommu dan menangislah. Belajarlah dari peradaban Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sujud dan mendekatlah kepadaNYA. Panjatkan doa-doa yang tak tertolak. Kita akan dapatkan apa yang kita inginkan. Insya Allah. 

Sampaikan salam di Masjid Nabawi, untuk Nabi akhir zaman, Muhammad SAW. Akhlak, ajaran dan keteladanan beliau sangat bermanfaat untuk hidup ini. Pejuang dan penolong kebenaran. Jadilah makmumnya untuk berangkat menuju Sidratulmuntaha dengan kemuliaan. 

Ya Allah, hamba mohon kepadaMU dengan doa terbaik, kesuksesan terbaik, ilmu terbaik, amal-pahala terbaik, kehidupan-kematian terbaik. Mohon kuatkanlah hamba, beratkan timbangan kebaikan hamba, realisasikan keimanan dan tinggikan derajat hamba, terima sholat-puasa dan tadarus hamba. 

Ya Allah, mohon jadikan umur terbaik hamba di penghujungnya dan jadikan amal terbaik hamba di penutupnya. Ampuni dosa-dosa hamba dan mohon buat hamba surga tertinggi. Aamiin. 

Allahu a'lamu bishowab

29 Ramadhan 1439

Comments

Popular posts from this blog

Hadits Tentang Larangan Berbuat Zina

Hadits Tentang Shalat (Kewajiban Shalat)

Ayat - Ayat Al Quran Tentang Alam Barzah Atau Kubur