Pendusta Agama

Wednesday, June 06, 2018

Pendusta Agama

Kultum Ramadhan hari ke 21

Kultum Ramadhan hari ke 21 pendusta agama
Pendusta Agama
Ada manusia yang merasa beriman, beragama dengan benar dan punya amal, namun Allah memasukkan mereka sebagai pendusta. 

"Tahukah kamu orang yang mendustakan agama?  Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin... (terj. QS Al-Ma'un: 1-3)

Waktu terus berjalan. Perjalanan yang tak pernah berhenti menuju kematian. Kita semakin tua, bertambahnya usia bagian bertambahnya keimanan dan kesaksian kita. 

Kiamat akan menjelang, kita akan mempertanggungjawabkan semua amal. Demikian jauh perjalanan yang sudah kita tempuh. Telah banyak nikmat yg sudah kita dapatkan.

"..kemudian, sungguh kamu akan ditanya pada hari itu dari nikmat (yang kamu peroleh hari ini) (terj. QS AtTakatsur: 8)

Adalah 'pendusta agama' saat kita bersujud kemudian menengadahkan tangan untuk berdoa, di saat yang sama tangan kita menggenggam kekayaan kita erat-erat dari mereka yang membutuhkan. 

Adalah 'pendusta agama' saat mulut kita banyak berdzikir, tilawah dan bersholawat, di saat yang bersamaan kita memiliki tetangga yang terdengar dari mulutnya merintih kelaparan. Kita tak kuat bangun menolong karena perut kekenyangan. 

Adalah 'pendusta agama' saat kita memilih aneka baju indah untuk anak-cucu menyambut lebaran, di saat yang sama tidak ada rasa peduli kepada  anak-anak yatim yang menderita penuh kegelisahan tanpa belaian kasih sayang.

Ya Allah, kami takut menjadi para 'pendusta agama'. Engkau tak pernah berhitung menganugerahkan aneka rezeki, tapi untuk saudara kami yang miskin alangkah sangat banyak yang kami perhitungkan. 

"Dunia pergi berlalu, Akherat datang menyongsong dengan anaknya masing-masing.
Jadilah kalian anak-anak akherat dan janganlah jadi anak-anak dunia. 
Sekarang amal tanpa perhitungan, besok perhitungan tanpa amal" (Ali bin Abi Thalib) 

Allahu a'lamu bishowab

21 Ramadhan 1439

No comments :

Post a Comment

1. Silahkan meninggalkan komentar anda dengan bahasa yang baik dan sopan.
2. Dilarang komentar SPAM, Iklan atau dengan Menyisipkan URL/ Link atau Anchor teks di dalam pesan / komentar, bila ada akan dihapus tanpa pemberitahuan.
3. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat